Cara Membaca Pesan WA Tanpa Diketahui

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa tanda centang biru pada aplikasi whatsapp ataupun WA GB dapat menimbulkan sebuah perkara. Pasalnya, banyak orang yang akan marah ketika pesan sudah centang biru atau sudah terlihat namun belum kunjung dibalas juga.

Membaca Pesan WA Tanpa Diketahui

Bagi kalian yang menggunakan WhatsApp sebagai media chatting, biasanya kalian dituntut untuk langsung membalas pesan ketika sudah terbaca entah itu oleh teman atau client, padahal kalian juga memiliki kesibukan lain yang memang harus dikerjakan.

Alasan tersebut lah yang membuat banyak orang tidak ingin memunculkan tanda centang biru ketika pesan sudah dibaca. Tujuannya tentu saja agar bisa lebih fleksibel dalam membalas pesan, sehingga tidak harus pada sat itu juga pesan dibalas.

Cara Membaca Pesan WhatsApp Tanpa Diketahui

Jika kalian termasuk ke dalam golongan orang yang pusing dengan adanya tanda centang biru pada WA, maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar kalian bisa tetap membaca pesan tanpa ketahuan si pengirim.

1. Menyalakan Airplane Mode

Cara yang satu ini sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan namun sayangnya masih banyak pengguna yang tidak mengetahui hal tersebut. Jika kalian ingin membaca pesan tanpa diketahui maka aktifkan saja airplane mode, berikut ini adalah beberapa langkah-langkahnya.

  • Di saat pesan masuk pastikan jika kalian sedang tidak membuka aplikasi tersebut, sehingga tidak akan muncul status "Online".
  • Pada saat pesan sudah masuk pastikan untuk mematikan WA dengan cara kill app.
  • Selanjutnya nyalakan airplane mode, lalu kalian bisa membaca pesan tanpa khawatir diketahui.
  • Jika sudah selesai maka keluar dari aplikasi dan matikan aplikasi dengan cara force atau kill app.
  • Lalu matikan airplane mode.

Penting untuk diperhatikan jangan lupa untuk melakukan semua langkah diatas, jika tidak dilakukan bisa dipastikan pada saat kalian membuka WA messenger ataupun WA GB, pesan akan tetap ketahuan telah dibaca.

2. Membaca Melalui Notifikasi

Cara yang selanjutnya juga tidak kalah mudah untuk dilakukan, yaitu membaca pesan lewat notification drawer. Tetapi cara ini memiliki kelemahan dimana terkadang pesan sering terpotong sehingga kalian tidak bisa membaca pesan secara utuh. Jika kalian ingin mengatasi hal tersebut, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Masuk ke aplikasi WA.
  • Klik pada bagian pojok kanan atas titik dan pilih settings.
  • Klik notifikasi dan klik toggle yang ada di bagian samping "Use high-priority notificasions".

Berhati-hatilah ketika sedang membaca pesan WA melalui notifikasi agar kalian tidak menekan tombol notifikasi tersebut. Ketika kalian menekan tombol notifikasi tersebut makan pesan akan secara otomatis terbuka.

2. Membaca Lewat Widget WhatsApp

Untuk kalian pengguna ponsel Android tentunya ini menjadi sebuah keuntungan tersendiri. Penambahan widget pada homescreen bisa digunakan untuk menghindari membaca pesan secara langsung.

Hal itu karena widget memberikan preview chat jadi kalian bisa membaca pesan tanpa diketahui oleh si pengirim. Cara menambahkannya pastika aplikasi WhatsApp sudah terinstall lalu tambahkan widget pada layar yang masih kosong, setelah itu kalian bisa membaca chat diam-diam.

3. Mengaktifkan Popup

Tidak hanya melalui widget saja namun membaca pesan secara diam-diam bisa juga lewat notifikasi popup. Saat kalian mengaktifkannya nantinya kalian bisa mendapatkan notifikasi melalui layar ponsel walaupun terkunci.

  • Masuk ke aplikasi dan cari settings.
  • Pilih notifications.
  • Pilih popup notifications.
  • Langkah terakhir pilih "Only when screen off"/

Cara ini terbilang lebih aman dibandingkan dengan membaca lewat notification drawer. Hal ini dikarenakan pada saat itu layar masih dalam kondisi terkunci. Jadi kemungkinan kalian tidak sengaja membuka chat tergolong kecil.

4. Mematikan Read Receipt

Cara yang terakhir ini juga bisa kalian terapkan pada aplikasi WA GB dengan cara mematikan read receipt. Nantinya jika kalian mengaktifkan fitur ini, tanda centang biru pada WhatsApp orang lain tidak akan berubah warna walaupun chat sudah kalian baca.

Hal itu tentu akan berlaku juga bagi kalian karena tanda centang birunya tidak akan keluar. Bagi kalian yang tertarik melakukannya berikut ini caranya:

  • Masuk ke pengaturan atau settings.
  • Klik account dan pilih privacy.
  • Klik toggle pada bagian samping read receipt sampai tidak berwarna hijau lagi atau berwarna abu-abu.

Jadi itulah beberapa cara yang bisa kalian praktekan agar bisa membaca chat atau pesan orang lain tanpa ketahuan.