Satuan Ukuran Panjang dan Contoh Soalnya

Satuan Ukuran Panjang dan Contoh Soal - Satuan ukuran panjang adalah satuan yang digunakan untuk menentukan dimensi panjang pada suatu benda. Satuan panjang dalam standar Satuan International (SI) adalah meter, sedangkan dalam Centimetre Gram Second adalah centimeter (cm). Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai apa saja satuan ukuran panjang lengkap dengan tangga konversi dan contoh soal perhitungannya.

Satuan ukuran panjang

Satuan meter adalah satuan yang digunakan secara Internasional. Satuan meter mempunyai tujuh macam satuan turunan, diantaranya adalah kilometer (km), hektometer (hm), dekameter (dam), meter (m), desimeter (dm), centimeter (cm) dan milimeter (mm). Selain itu, ada juga satuan panjang lainnya yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya yaitu inchi, kaki, mil dan yard.

Satuan Ukuran Panjang

Berikut ini adalah macam-macam satuan panjang yang sering digunakan dalam perhitungan matematika lengkap dengan penjelasannya masing-masing.

A. Kilometer (km)

Kilometer merupakan ejaan Amerika yang merupakan kepanjang dari km. Namun, dalam ejaan SI (Standart International) disebut dengan kilometre. Kilometer itu sendiri merupakan satuan panjang dalam sistem metrik standar internasional. Nilai 1 kilometer sama dengan 1000 meter.

B. Hectometer (hm)

Hectometer merupakan ejaan Amerika dan kepanjang dari hm. Namun, dalam ejaan SI (Standart International) disebut dengan hectometre. Hectometer itu sendiri merupakan satuan panjang dalam sistem metrik standar internasional. Nilai 1 hm sama dengan 100 meter.

C. Decameter (dam)

Decameter merupakan ejaan Amerika dan kepanjangan dari dam. Namun, dalam ejaan SI (Standart International) disebut dengan decametre. Dekameter merupakan satuan panjang dalam sistem metrik standar internasional. Nilai 1 dam sama dengan 10 meter.

D. Meter (m)

Meter merupakan ejaan Amerika dan kepanjang dari m. Namun, dalam ejaan SI (Standart Intertional) disebut dengan metre. Meter merupaka nsatuan dalam sistem metrik standar internasional. Nilai 1 m sama dengan 0,001 km.

E. Decimeter (dm)

Decimeter merupakan ejaan Amerika dan kepanjang dari dm. Namun, dalam ejaan SI (Standart International) disebut dengan decimetre. Decimeter merupakan satuan panjang dalam sistem metrik standar internasional. Nilai 1 dm sama dengan 0,1 meter.

F. Centimeter (cm)

Centimeter merupakan ejaan Amerika dan kepanjangan dari cm. Namun, dalam ejaan SI (Standart International) disebut dengan centimetre. Centimeter merupakan satuan panjang dalam sistem metrik standar internasional. Nilai 1 cm sama dengan 0,01 meter.

G. Milimeter (mm)

Milimeter merupakan ejaan Amerika dan kepanjang dari mm. Namun, dalam ejaan SI (Standart International) disebut dengan milimetre. Milimeter merupakan satuan panjang dalam sistem metrik standar internasional. Nilai 1 mm sama dengan 0,001 meter.

H. Inch

Inchi / inci / inch merupakan satuan ukuran panjang yang berasal dari bahasa uncia romawi dan digunakan dalam sistem kerajaan Amerika. Nilai 1 inci sama dengan 2,54 cm.

I. Kaki (feet, ft)

ft merupakan singkatan dari foot (feet), adalah satuan panjang yang digunakan dalam sistem kerajaan Amerika. Nilai 1 feet sama dengan 0,3048 meter atau 12 inch.

J. Mil / Mile

mil atau mile merupakan satuan panjang yang digunakan di Inggris. Nilai 1 mil sama dengan 5280 ft atau 1760 yard atau 1.609,344 meter.

K. Yard (Yd)

Yard merupakan kepanjang dari yd, yaitu satuan ukuran panjang dalam bahasa Inggris, satuan yard ini digunakan dalam sistem kerajaan Inggris dan kerajaan Amerikia. Nilai 1 yard sama dengan 0,9144 meter atau 36 inch atau 3 ft.

Konversi Satuan Panjang

Setiap satuan panjang mempunyai nilai yang berbeda-beda jika diubah ke satuan panjang lainnya. Kita dapat mengubah satuan panjang yang satu dengan lainnya melalui tangga satuan. Berikut adalah contoh konversi satuan panjang dalam meter.

  • 1 km = 10 hm
  • 1 km = 100 dam
  • 1 km = 1.000 m
  • 1 km = 10.000 dm
  • 1 km = 100.000 cm
  • 1 km =1.000.000 mm
  • 1 m = 0,001 km
  • 1 m = 0,01 hm
  • 1 m = 0,1 dam
  • 1 m = 1 m
  • 1 m = 10 dm
  • 1 m = 100 cm
  • 1 m = 1.000 mm

Contoh Soal dan Pembahasan

1. Adik membuat garis sepanjang 7 cm. Berapakah panjang garis jika diubah ke satuan mm ?

Penyelesaian:
1 cm = 10 mm
panjang garis 7 cm = 7 x 10 = 70 mm

2. Jarak antara kota A dan kota B adalah 60 km. Berapa jarak kedua kota tersebut jika diukur dengan menggunakan satuan meter?

Penyelesaian:
1 km = 1.000 m
Jarak kota A ke kota B = 60 km = 60 x 1.000 = 60.000 meter

3. Tinggi sebuah gedung adalah 800 meter. Berapa tinggi gedung tersebut dalam satuan km?

Penyelesaian:
1 meter = 0,001 km
Tinggi gedung = 800 m = 800 x 0,001 = 0,8 km

Demikianlah penjelasan mengenai satuan ukuran panjang dan contoh soalnya secara lengkap. Semoga bermanfaat.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.