Rumus Segitiga Menghitung Luas dan Keliling

rumus luas dan keliling segitiga

Rumus Segitiga, Luas dan Keliling Segitiga Beserta Contoh Soal - Pada artikel ini akan kita bahas mengenai rumus bangun datar segitiga yang meliputi rumus luas dan keliling. Apakah kalian sudah ada yang tahu seperti apa rumus segitiga untuk mencari luas dan kelilingnya? Jika belum, bisa kalian simak pembahasannya berikut ini.

Segitiga adalah bangun datar yang mempunyai tiga sisi dan tiga sudut. Sisi-sisi bangun datar segitiga merupakan garis lurus yang bertemu di setiap ujungnya dan membentuk sudut. Besar keseluruhan sudut pada bangun segitiga jika dijumlahkan adalah 180 derajat.

Segitiga sendiri terbagi menjadi beberapa jenis. Berdasarkan sudutnya, segitiga dapat dibedakan menjadi segitiga lancip, segitiga tumpul dan segitiga siku-siku. Sedangkan berdasarkan sisinya, segitiga dapat dibedakan menjadi segitiga sama sisi, segitiga sama kaki dan segitiga sembarang.

Agar dapat menghitung luas dan keliling segitiga, kita harus mengetahui alas dan tingginya terlebih dahulu. Alas merupakan sisi yang tegak lurus dengan puncak segitiga. Sedangkan tinggi merupakan jarak dari sisi alas dengan puncak segitiga. Nah, berikut ini adalah rumus yang dapat kalian gunakan untuk menghitung luas dan keliling segitiga.

Baca juga : Rumus Belah Ketupat Mencari Luas dan Keliling

Rumus Segitiga Menghitung Luas dan Keliling

1. Rumus Luas Segitiga

Luas segitiga adalah besarnya daerah yang dibatasi oleh sisi-sisi segitiga. Berikut di bawah ini adalah rumus yang bisa kalian gunakan untuk menghitung luas segitiga.

L = 1/2 x a x t

Keterangan:
L = luas segitiga
a = alas segitiga
t = tinggi segitiga

Contoh Soal: Cara Menghitung Luas Segitiga
Diketahui terdapat segitiga dengan panjang sisi alas adalah 12 cm dan tinggi segitiga 6 cm. Hitunglah berapa luas segitiga tersebut!

Jawaban:
Luas Segitiga = 1/2 x a x r
Luas segitiga = 1/2 x 12 x 6
Luas segitiga = 36 cm²

2. Rumus Keliling Segitiga

Keliling segitiga adalah jumlah keseluruhan panjang sisi segitiga. Jika sisi segitiga dituliskan dengan huruf s, maka rumus untuk menghitung keliling segitiga adalah sebagai berikut.

K = s + s + s

Keterangan:
K = keliling segitiga
s = sisi segitiga

Contoh Soal: Cara Menghitung Keliling Segitiga
Diketahui sebuah segitiga dengan panjang sisi-sisinya adalah 12 cm, 15 cm dan 18 cm. Hitunglah keliling bangun segitiga tersebut!

Jawaban:
Keliling Segitiga = s + s + s
Keliling Segitiga = 12 + 15 + 18
Keliling Segitiga = 45 cm

3. Rumus Mencari Sisi Alas Segitiga

Selain menghitung luas dan keliling segitiga, kita juga bisa menghitung sisi alas pada bangun datar segitiga jika diketahui luasnya. Berikut adalah rumus mencari sisi alas segitiga jika luasnya telah diketahui:

a = (2 x L) : t

Keterangan:
a = alas segitiga
L = luas segitiga
t = tinggi segitiga

Contoh Soal: Cara Mencari Sisi Alas Segitiga Jika Diketahui Luasnya
Diketahui sebuah bangun datar segitiga memiliki luas 80 cm². Jika tinggi segitiga adalah 16 cm, maka hitunglah berapa panjang sisi alas segitiga tersebut!

Jawaban:
Alas Segitiga = (2 x L) : t
Alas Segitiga = (2 x 80) : 16
Alas Segitiga = 160 : 16
Alas Segitiga = 10 cm

4. Rumus Mencari Tinggi Segitiga

Selain rumus untuk mencari panjang alas segitiga, kita juga bisa mencari tinggi segitiga jika diketahui luasnya. Adapun rumus untuk mencari tinggi segitiga jika sudah diketahui luasnya adalah sebagai berikut:

t = (2 x L) : a

Keterangan:
t = tinggi segitiga
L = luas segitiga
a = alas segitiga

Contoh Soal: Cara Mencari Tinggi Segitiga
Diketahui sebuah bangun segitiga memiliki luas 30 . Jika sisi alas segitiga adalah 12 cm, maka hitunglah tinggi segitiga tersebut!

Jawaban:
Tinggi segitiga = (2 x L) : a
Tinggi segitiga = (2 x30) : 12
Tinggi segitiga = 60 : 12
Tinggi segitiga = 5 cm.

Baca juga : Rumus Layang-Layang Beserta Contoh Soal

5. Rumus Luas dan Keliling Segitiga Siku-Siku

Untuk dapat menghitung luas dan keliling pada segitiga siku-siku, kita perlu memahami terlebih dahulu rumus pythagoras. Rumus pythagoras berbunyi bahwa kuadrat sisi miring segitiga siku-siku merupakan jumlah kuadrat kedua sisi lainnya.

Contoh Soal: Cara Mencari Luas dan Keliling Segitiga Siku-Siku
Sebuah segitiga siku-siku memiliki sisi alas 8 cm dan tingginya adalah 15 cm. Hitunglah berapa luas dan keliling segitiga siku-siku tersebut!

Jawaban:
Luas Segitiga = 1/2 x a x t
Luas Segitiga = 1/2 x 8 x 15
Luas Segitiga = 60 .

Untuk menghitung keliling segitiga, kita harus mencari panjang sisi segitiga yang masih belum diketahui. Untuk mencarinya kita dapat menggunakan rumus pythagoras. Berikut cara menghitungnya:

Sisi c = √a² + t²
Sisi c = √8² + 15²
Sisi c = √64 + 225
Sisi c = √289 = 17 cm.

Keliling segitiga = s + s + s
Keliling segitiga = 8 + 15 + 17
Jadi, keliling segitiga adalah 40 cm.

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai rumus mencari luas dan keliling segitiga beserta contoh soal dan cara menjawabnya. Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.