Rumus Mencari Keliling dan Luas Segitiga

rumus luas dan keliling segitiga

Pada artikel ini, akan dibahas mengenai rumus-rumus bangun datar segitiga, termasuk rumus untuk luas dan kelilingnya. Apakah kalian sudah familiar dengan rumus-rumus tersebut? Jika belum, mari kita simak pembahasannya di bawah ini.

Segitiga adalah bangun datar yang memiliki tiga sisi dan tiga sudut. Sisi-sisinya adalah garis lurus yang bertemu di setiap ujungnya dan membentuk sudut. Jika dijumlahkan, besar keseluruhan sudut pada segitiga adalah 180 derajat.

Segitiga dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan sudutnya, seperti segitiga lancip, segitiga tumpul, dan segitiga siku-siku. Sementara itu, berdasarkan sisinya, segitiga dapat dibedakan menjadi segitiga sama sisi, segitiga sama kaki, dan segitiga sembarang.

Untuk menghitung luas dan keliling segitiga, kita perlu mengetahui alas dan tingginya terlebih dahulu. Alas adalah sisi yang tegak lurus dengan puncak segitiga, sedangkan tinggi adalah jarak dari sisi alas ke puncak segitiga. Berikut adalah rumus-rumus yang dapat digunakan untuk menghitung luas dan keliling segitiga.

Baca juga : Rumus Belah Ketupat Mencari Luas dan Keliling

Rumus Segitiga

1. Luas Segitiga

Luas segitiga adalah area yang dibatasi oleh sisi-sisi segitiga. Berikut ini adalah rumus yang dapat digunakan untuk menghitung luas segitiga.

L = 1/2 x a x t

Keterangan:
L = luas segitiga
a = alas segitiga
t = tinggi segitiga

Contoh Soal: Cara Menghitung Luas Segitiga
Diketahui terdapat segitiga dengan panjang sisi alas adalah 12 cm dan tinggi segitiga 6 cm. Hitunglah berapa luas segitiga tersebut!

Jawaban:
Luas Segitiga = 1/2 x a x r
Luas segitiga = 1/2 x 12 x 6
Luas segitiga = 36 cm²

2. Keliling Segitiga

Keliling segitiga adalah total panjang semua sisinya. Jika sisi-sisinya dituliskan dengan huruf s, maka rumus untuk menghitung keliling segitiga adalah sebagai berikut.

K = s + s + s

Keterangan:
K = keliling segitiga
s = sisi segitiga

Contoh Soal: Cara Menghitung Keliling Segitiga
Diketahui sebuah segitiga dengan panjang sisi-sisinya adalah 12 cm, 15 cm dan 18 cm. Hitunglah keliling bangun segitiga tersebut!

Jawaban:
Keliling Segitiga = s + s + s
Keliling Segitiga = 12 + 15 + 18
Keliling Segitiga = 45 cm

3. Panjang Sisi Alas Segitiga

Selain menghitung luas dan keliling segitiga, kita juga dapat mencari panjang sisi alas segitiga jika luasnya diketahui. Berikut adalah rumus untuk mencari sisi alas segitiga jika luasnya telah diketahui.

a = (2 x L) : t

Keterangan:
a = alas segitiga
L = luas segitiga
t = tinggi segitiga

Contoh Soal: Cara Mencari Sisi Alas Segitiga Jika Diketahui Luasnya
Diketahui sebuah bangun datar segitiga memiliki luas 80 cm². Jika tinggi segitiga adalah 16 cm, maka hitunglah berapa panjang sisi alas segitiga tersebut!

Jawaban:
Alas Segitiga = (2 x L) : t
Alas Segitiga = (2 x 80) : 16
Alas Segitiga = 160 : 16
Alas Segitiga = 10 cm

4. Tinggi Segitiga

Selain rumus untuk mencari panjang alas segitiga, kita juga dapat mencari tinggi segitiga jika luasnya diketahui. Berikut adalah rumus untuk mencari tinggi segitiga jika luasnya telah diketahui.

t = (2 x L) : a

Keterangan:
t = tinggi segitiga
L = luas segitiga
a = alas segitiga

Contoh Soal: Cara Mencari Tinggi Segitiga
Diketahui sebuah bangun segitiga memiliki luas 30 . Jika sisi alas segitiga adalah 12 cm, maka hitunglah tinggi segitiga tersebut!

Jawaban:
Tinggi segitiga = (2 x L) : a
Tinggi segitiga = (2 x30) : 12
Tinggi segitiga = 60 : 12
Tinggi segitiga = 5 cm.

Baca juga : Rumus Layang-Layang Beserta Contoh Soal

5. Luas dan Keliling Segitiga Siku-Siku

Untuk menghitung luas dan keliling pada segitiga siku-siku, kita perlu memahami terlebih dahulu rumus Pythagoras. Rumus Pythagoras menyatakan bahwa kuadrat dari panjang sisi miring segitiga siku-siku adalah sama dengan jumlah kuadrat dari panjang kedua sisi lainnya.

Contoh Soal: Cara Mencari Luas dan Keliling Segitiga Siku-Siku
Sebuah segitiga siku-siku memiliki sisi alas 8 cm dan tingginya adalah 15 cm. Hitunglah berapa luas dan keliling segitiga siku-siku tersebut!

Jawaban:
Luas Segitiga = 1/2 x a x t
Luas Segitiga = 1/2 x 8 x 15
Luas Segitiga = 60 .

Untuk menghitung keliling segitiga, kita perlu mencari panjang sisi segitiga yang masih belum diketahui. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah menggunakan rumus Pythagoras. Berikut ini adalah cara menghitungnya.

Sisi c = √a² + t²
Sisi c = √8² + 15²
Sisi c = √64 + 225
Sisi c = √289 = 17 cm.

Keliling segitiga = s + s + s
Keliling segitiga = 8 + 15 + 17
Jadi, keliling segitiga adalah 40 cm.

Pada artikel ini, kita telah membahas secara mendalam mengenai rumus-rumus untuk mencari luas dan keliling segitiga beserta contoh soalnya. Semoga penjelasan di atas dapat memberikan manfaat bagi pembaca.

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.