Harga Oppo Reno7 Z 5G Terbaru 2024 dan Spesifikasi

Oppo Reno7 5G

Fitur Unggulan


  • Konektivitas 5G, WiFi 5 GHz dan NFC
  • Kemampuan kamera utama oke dalam mode potret
  • SoC kelas menengah Snapdragon 695
  • Baterai 4500 mAh awet dengan dukungan teknologi fast charging 33W
  • Desain tipis, ringan dan dilengkapi lampu notifikasi "Dual Orbit"

Selengkapnya : Kelebihan dan Kekurangan Oppo Reno7 Z 5G

Spesifikasi Oppo Reno7 Z 5G

Umum
RilisMaret 2022
JaringanGSM, HSPA, LTE, 5G
SIM CardDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body
Berat173 gram
Dimensi159.9 x 73.2 x 7.5 mm
Material
WarnaBlack, Rainbow

Layar
TipeAMOLED
Ukuran6.43 inci, ~85.3% rasio layar ke body
Resolusi1080 x 2400 piksel, ~409 ppi

Platform
OSAndroid 12, ColorOS 12
ChipsetQualcomm SM6375 Snapdragon 695 5G (6 nm)
CPUOcta-core (2x2.2 GHz Kryo 660 Gold & 6x1.7 GHz Kryo 660 Silver)
GPUAdreno 619

Memori
Internal8/128 GB
JenisUFS 2.2
EksternalmicroSDXC

Kamera Belakang
Resolusi 64 MP, f/1.7, 26mm (wide), PDAF 2 MP, f/2.4, (macro) 2 MP, f/2.4, (depth)
FiturLED flash, HDR, panorama
Video1080p @30fps

Kamera Depan
Resolusi16 MP, f/2.4, 27mm (wide), 1.0┬Ám
FiturHDR, Panorama
Video1080p @30fps

Audio
Speaker
Jack 3.5mmAda

Konektivitas
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth5.2, A2DP, LE, aptX HD
GPSA-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO, QZSS
RadioTidak ada
NFCAda
USBUSB Type-C 2.0, USB On-The-Go

Fitur
SensorFingerprint (side-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass
LainnyaTidak ada

Baterai
TipeLi-Po, non-removable
Kapasitas4500 mAh
FiturFast charging 33W, Reverse charging, USB Power Delivery

Benchmark
AntutuInformasi tidak tersedia

Harga Oppo Reno7 Z 5G

Harga
8/128 GB - Rp 6.000.000

Catatan: Informasi yang tercantum di atas mungkin tidak sepenuhnya akurat. Silakan hubungi kami jika anda menemukan kesalahan pada informasi di atas.

Selengkapnya Tentang OPPO Reno7 Z 5G

OPPO Reno7 Z 5G keluaran tahun berapa?

OPPO Reno 7 Z 5G diperkenalkan perdana di Indonesia pada bulan Maret 2022, dan peluncurannya bersamaan dengan varian Reno 7 5G. Keduanya masuk dalam kategori ponsel kelas menengah. Meskipun demikian, OPPO Reno 7 Z 5G memiliki harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan Reno 7 5G.

Bagaimana desain HP OPPO Reno7 Z 5G?

OPPO Reno7 Z 5G menampilkan desain yang elegan dengan bodi belakang yang datar dan sudut yang agak membulat. Smartphone ini memiliki dimensi 159,9 x 73,2 x 7,5 mm dan bobot 173 g, memberikan kesan ramping dan ringan serta kenyamanan saat digenggam.

Bodi belakang OPPO Reno7 Z 5G menggunakan desain yang disebut sebagai OPPO Glow Design. Desain ini menggabungkan tiga lapisan tekstur dan dua lapisan pelapis untuk menghasilkan tampilan warna yang berkilau dalam finishing matte yang halus seperti sutra. Desain tersebut juga membuat bodi belakangnya tahan terhadap noda sidik jari.

Keunikan lain dari desain smartphone ini adalah adanya fitur Dual Orbit Light atau Lampu Orbit Ganda pada kamera belakang. Fitur ini merupakan RGB ring light yang mengelilingi kamera belakang dan dapat berkedip sesuai dengan pengaturan, berfungsi sebagai notifikasi, seperti memberi sinyal panggilan masuk atau pesan yang belum dibaca.

Di bagian depan, HP OPPO ini menggunakan desain punch hole sebagai tempat kamera depannya. Bezel cukup tipis, meskipun bagian dagunya agak tebal. Tombol power ditempatkan di sisi kanan, tombol volume di sebelah kiri, dan dual SIM slot tray di bagian atas. Bagian bawah dilengkapi dengan port jack audio 3,5 mm, port USB Type-C, dan speaker.

OPPO Reno7 Z 5G telah melewati enam tes, termasuk tes micro-drop, ketahanan air, ketahanan terhadap suhu dan kelembapan tinggi, serta pengujian daya tahan tombol daya. Lebih dari 50 kontrol proses produksi juga dilakukan, menunjukkan bahwa ponsel ini dirancang untuk daya tahan yang baik. Semua kualitas ini dapat dinikmati dengan harga yang sebanding dengan kelas menengah.

Dalam hal pilihan warna, OPPO Reno7 Z 5G tersedia dalam dua varian, yaitu Cosmic Black dan Rainbow Spectrum.

Berapa ukuran layar OPPO Reno7 Z 5G?

OPPO Reno7 Z 5G menampilkan layar lebar berukuran 6,43 inci yang memberikan kesan luas, terutama dengan desain punch hole yang diterapkannya.

Tidak hanya memberikan tampilan luas, kualitas layar ini juga menonjol dengan kejernihan dan kecerahan yang baik. Hal ini diperoleh berkat penggunaan panel AMOLED dan resolusi sebesar 2400 × 1080 piksel (FHD+).

Dengan spesifikasi tersebut, HP OPPO ini memberikan pengalaman menonton video yang imersif. Selain itu, OPPO telah melengkapi perangkat ini dengan sertifikasi Netflix HDR, Amazon HDR, dan YouTube HD, memungkinkan pengguna menikmati konten dengan kualitas tinggi dan gambar yang tajam.

Meskipun memiliki refresh rate layar standar sebesar 60 Hz, layar HP OPPO ini tetap memberikan kenyamanan saat digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Meskipun tidak sehalus layar dengan refresh rate tinggi, layar ini tetap nyaman untuk digunakan dalam situasi sehari-hari.

RAM OPPO Reno7 Z 5G berapa?

OPPO Reno7 Z 5G dilengkapi dengan RAM sebesar 8GB, suatu spesifikasi yang sudah tergolong tinggi. Namun, OPPO menambahkan fitur RAM Expansion pada seri ini.

Fitur RAM Expansion memungkinkan pengguna untuk memanfaatkan kapasitas penyimpanan yang tidak terpakai dan mengalokasikannya sebagai RAM tambahan, dengan peningkatan hingga 5GB. Dengan RAM yang lebih besar, kemampuan multitasking di ponsel ini menjadi lebih lancar.

Berapa memori internal Reno7 Z 5G?

OPPO Reno7 Z 5G dilengkapi dengan memori internal sebesar 128GB. Jika pengguna merasa kapasitas 128GB masih kurang, mereka dapat memperluas kapasitas penyimpanan hingga 1TB dengan menggunakan kartu memori eksternal.

Seperti apa performa OPPO Reno7 Z 5G?

Reno 7 Z 5G menawarkan performa yang cukup handal untuk mendukung penggunaan sehari-hari. Namun, beberapa orang mungkin merasa bahwa dapur pacunya kurang istimewa. Spesifikasi dapur pacu ini menggunakan chipset Snapdragon 695 5G, dengan CPU Octa core dan GPU Adreno 619.

Pilihan chipset Snapdragon 695 5G pada smartphone ini terlihat kurang istimewa karena dapat ditemukan pada beberapa ponsel dengan harga yang lebih terjangkau di kelasnya. Oleh karena itu, mengingat harga OPPO Reno 7 Z 5G, mungkin diharapkan adanya chipset yang lebih powerful daripada Snapdragon 695 5G.

Meskipun demikian, bukan berarti performa Reno 7 Z 5G buruk. Smartphone ini masih dapat diandalkan untuk penggunaan sehari-hari, seperti browsing internet, menjawab pesan, atau menonton video. Skor AnTuTu-nya mencapai kisaran 315.250, yang dapat dianggap cukup baik.

Selain itu, HP OPPO Reno7 Z 5G masih mampu menjalankan game kasual dengan baik. Saat memainkan CODM dengan pengaturan tinggi, game tetap berjalan lancar tanpa lag yang berarti. Suhu yang dihasilkan juga normal, menjaga kenyamanan bermain.

Performa tetap lancar saat bermain Mobile Legends Bang Bang dengan pengaturan grafis tinggi. Sedangkan untuk Genshin Impact, masih dapat dimainkan dengan lancar pada pengaturan grafis Low.

Dengan kata lain, smartphone ini cocok untuk bermain game ringan. Namun, untuk game berat, mungkin kinerjanya belum mencapai tingkat yang optimal.

Apakah hasil kamera OPPO Reno7 Z 5G?

Kinerja kamera utama OPPO Reno7 Z 5G telah menunjukkan hasil yang baik, terutama dalam kondisi cahaya ideal. Konfigurasi kamera utamanya mencakup lensa 64 MP (f/1.7, wide), kamera makro 2 MP (f/2.4), dan depth sensor 2 MP (f/2.4) di bagian belakang. Sementara itu, untuk kamera depannya, ponsel ini menggunakan lensa 16 MP (f/2.4).

Meskipun konfigurasi kameranya tergolong dasar dan tidak menyertakan lensa ultra wide angle, hasil tangkapan gambar secara keseluruhan tetap memuaskan. Foto-foto yang dihasilkan menunjukkan detail yang cukup tinggi dengan tingkat noise yang rendah. Warna yang dihasilkan juga cukup akurat, terutama ketika menggunakan fitur Auto HDR.

Kamera ini juga mampu memberikan hasil yang baik dalam kondisi low light. Algoritma yang digunakan membantu menghasilkan foto yang tajam dengan minim noise. Dukungan Night Mode juga disediakan untuk optimalisasi hasil foto dalam kondisi pencahayaan yang rendah.

Pengalaman berfoto selfie dengan ponsel ini juga cukup solid. Meskipun dynamic range agak terbatas, detail tangkapan gambar tetap terjaga. Fitur-fitur menarik seperti Bokeh Flare Portrait dan Selfie HDR turut memperkaya pengalaman berfoto selfie. Bokeh Flare Portrait, dengan bantuan algoritma AI, menciptakan latar belakang bokeh yang estetik dan penuh warna.

Dalam hal perekaman video, ponsel ini memberikan kualitas standar. Kamera utama dan kamera depannya mendukung perekaman video 1080p@30fps. Fitur Electronic Image Stabilization (EIS) di kamera utama membantu mengurangi guncangan dalam hasil rekaman. Namun, fitur stabilisasi sepertinya tidak berlaku untuk perekaman menggunakan kamera depan.

Bagi penggemar vlogging, tersedia fitur Dual-View Video yang memungkinkan perekaman video menggunakan kamera depan dan belakang secara bersamaan dalam satu frame. Selain itu, fitur Slow-Mo dan Time-Lapse dapat digunakan untuk menciptakan hasil rekaman yang menarik.

Berapa mAh kapasitas baterai OPPO Reno7 Z 5G?

OPPO Reno 7 Z 5G dibekali baterai berkapasitas 4500 mAh. Meskipun kapasitasnya tidak tergolong jumbo, daya tahannya cukup awet karena spesifikasinya menggunakan panel OLED yang lebih hemat daya dan SOC dengan fabrikasi rendah.

Dalam uji coba yang dilakukan oleh GSMArena, smartphone ini mampu bertahan sekitar 15 jam saat digunakan untuk browsing internet secara terus menerus. Sementara itu, ketika digunakan untuk memutar video tanpa henti, daya tahan OPPO Reno 7Z 5G bisa mencapai sekitar 21 jam.

Daya tahan baterainya semakin dioptimalkan dengan adanya sejumlah fitur yang disematkan oleh OPPO. Sebagai contoh, fitur Super Nighttime Standby membantu menghemat daya ponsel saat pengguna sedang tidur. Selain itu, Super Power Saving Mode juga hadir untuk membatasi sebagian fungsi dan aplikasi yang berjalan saat level baterai ponsel berada dalam kondisi sangat rendah.

Apakah Reno7 Z 5G sudah mendukung fast charging?

Selain memiliki baterai berkapasitas 4500 mAh yang cukup untuk penggunaan sehari-hari, ponsel ini juga telah dilengkapi dengan teknologi Fast Charging 33W SUPERVOOC. Dengan teknologi pengisian daya ini, dibutuhkan sekitar 70 menit untuk mengisi baterai smartphone dari kosong hingga mencapai 100%.

OPPO Reno7 Z 5G Android berapa?

OPPO Reno7 Z 5G berjalan dengan sistem operasi Android 11 ColorOS 12. Dengan OS ini, pengguna dapat menikmati berbagai fitur yang disediakan. Salah satu contohnya adalah Smart Sidebar yang memungkinkan akses cepat ke aplikasi yang sering digunakan. Terdapat juga Floating Windows untuk meningkatkan pengalaman multi-tasking.

Apakah OPPO Reno7 Z 5G ada sensor sidik jari?

Tentu, OPPO Reno 7 Z 5G dilengkapi dengan sensor sidik jari untuk keamanan. Sensor sidik jari ini ditempatkan di dalam panel layar ponsel tersebut.

Apakah spesifikasi OPPO Reno7 Z 5G ada NFC?

Spesifikasi OPPO Reno7 Z 5G menyertakan fitur NFC multi-fungsi. Dengan dukungan fitur ini, pengguna dapat memanfaatkan smartphone untuk berbagai keperluan, termasuk pembayaran non-tunai dan penggantian fungsi kartu akses yang biasanya digunakan untuk membuka pintu.

Apakah perbedaan antara OPPO Reno7 Z 5G dibandingkan Reno6 Z 5G?

Meskipun memiliki beberapa kesamaan seperti dukungan jaringan 5G, layar AMOLED 6,43 inci, dan kamera utama 64 MP, namun kedua HP OPPO ini tetap menunjukkan sejumlah perbedaan.

Reno 7 Z 5G, yang dirilis setelah Reno 6 Z 5G, menjalankan sistem operasi yang lebih baru. Selain itu, kapasitas baterainya juga lebih besar dibandingkan generasi sebelumnya. Reno 7 Z 5G menggunakan baterai 4500 mAh, sementara generasi sebelumnya menggunakan 4310 mAh.

Teknologi pengisian dayanya juga sedikit lebih cepat, yaitu 33W, dibandingkan dengan pendahulunya yang menggunakan 30W. Selain itu, Reno 7 Z sudah dilengkapi dengan sertifikasi tahan percikan air dan debu IPX4 yang tidak ada pada pendahulunya.

Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa Reno 7 Z 5G memiliki keunggulan dalam kapasitas baterai, teknologi pengisian daya, dan ketahanan terhadap air jika dibandingkan dengan pendahulunya, Reno 6 Z.

Apakah OPPO Reno7 Z 5G bekas masih layak beli?

Membeli Reno 7 Z 5G bekas masih merupakan pilihan yang layak untuk dipertimbangkan. Ponsel bekas ini dijual dengan harga yang lebih terjangkau, sehingga sangat cocok untuk mereka yang mencari alternatif dengan harga lebih ekonomis.

Dengan memilih ponsel bekas, kamu masih bisa menikmati sejumlah keunggulan yang ditawarkan. Layar yang luas, jernih, dan tajam, daya tahan baterai yang baik, pengisian daya yang cepat, kemampuan kamera yang solid, dan ketahanan terhadap percikan air tetap dapat dinikmati dengan harga yang lebih terjangkau.

Ponsel ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur yang cukup lengkap. Selain dukungan dual SIM, terdapat juga fitur NFC yang memudahkan transaksi pembayaran tanpa kontak.

Tentu saja, pastikan untuk memilih Reno 7 Z 5G bekas yang masih dalam kondisi baik agar dapat menggunakan semua fitur dengan optimal.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.