8 Kelebihan dan Kekurangan HP Oppo Reno7 Z 5G

Sambutlah kehadiran Oppo Reno7 Z 5G, salah satu ponsel unggulan dari seri Reno7 tahun ini, yang dapat kamu miliki dengan harga yang sangat terjangkau, hanya sekitar 6 jutaan. Dengan desain elegan yang mewarisi keindahan panel belakang Oppo Glow, ponsel ini berhasil mencuri perhatian pengguna Android dengan cepat dan mengundang decak kagum.

Oppo Reno7 Z 5G
Spesifikasi Oppo Reno7 Z 5G
  • Rilis : Maret 2022
  • Layar : 6.43 inci OLED
  • Chipset : Qualcomm SM6375 Snapdragon 695 5G (6nm)
  • GPU : Adreno 619
  • RAM : 8 GB
  • Memori Internal : 128 GB
  • Memori Eksternal : Tersedia, slot microSD
  • Kamera Belakang : 64 MP (wide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan : 16 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 4500 mAh, Fast Charging 33W

Selengkapnya : Spesifikasi Oppo Reno7 Z 5G dan Harganya

Namun, sebelum kamu terburu-buru membawa pulang Oppo Reno7 Z 5G ini, mari kita menjelajahi kelebihan dan kekurangannya yang menarik.

Baca juga : Simak, Inilah 8 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M53 5G

Kelebihan Oppo Reno7 Z 5G

Mari kita eksplorasi ponsel yang tidak hanya lebih terjangkau daripada Reno7 5G, tetapi juga memiliki keunggulan yang tak kalah menggiurkan!

1. Desain yang Stylish

Oppo Reno7 Z 5G menghadirkan tampilan yang unik dan menarik. Mengingat desain Oppo Glow yang sudah terkenal, Reno7 Z 5G menjadi salah satu produk unggulan Oppo dengan sentuhan estetika dual orbit light yang dipadukan dengan frame kotak yang elegan dan ujung melengkung. Oppo memberikan jaminan kenyamanan ergonomis bagi mereka yang menggemari gaya smartphone terkini.

Secara keseluruhan, Oppo Reno7 Z 5G memiliki bobot ringan sekitar 173 gram dan ketebalan hanya 7,55 mm. Tidak hanya memiliki bodi yang ramping, Reno7 Z 5G juga meraih sertifikasi TUV SUD 36-Month Fluency dengan predikat A, menjadikannya ponsel pertama dengan prestasi tersebut. Menarik sekali, bukan?

2. Performa yang Tangguh

Oppo Reno7 Z 5G ditenagai oleh Snapdragon 695 5G, salah satu SoC 5G terkini dari Qualcomm. Chipset ini mengusung CPU Octa-core dengan kecepatan hingga 2,2 GHz dan didukung oleh GPU Adreno 619 untuk performa grafis yang mulus. Performanya diklaim unggul di kelas menengah, dan Reno7 Z 5G didukung oleh kapasitas penyimpanan yang luas.

Ponsel ini menawarkan RAM lega dengan kapasitas 8GB, yang dilengkapi dengan fitur RAM Extended yang dapat memperluas hingga 5GB. Dengan memori internal sebesar 128GB yang cukup besar, kamu dapat menjalankan banyak tugas sekaligus tanpa hambatan. Jika itu belum cukup, Reno7 Z 5G juga dilengkapi dengan slot microSD yang memungkinkan kamu memperluas kapasitas penyimpanan hingga 1TB. Performa yang andal dan ruang penyimpanan yang melimpah, memenuhi semua kebutuhanmu.

3. Kamera yang Kompetitif

Reno7 Z 5G dari Oppo menempatkan perhatian khusus pada kualitas kamera yang akan memuaskan para penggemar fotografi. Dengan triple kamera belakang yang terdiri dari sensor utama 64MP dan dua kamera pendamping beresolusi 2MP untuk sensor kedalaman dan makro, serta kamera depan dengan resolusi 16MP untuk selfie dan panggilan video, kamu dapat menghasilkan foto yang mengesankan.

Oppo Reno7 Z 5G juga dilengkapi dengan fitur teknologi baru, seperti OSIE (Oppo Screen Image Engine) yang menghasilkan video yang jernih tanpa kehilangan kualitas. Selain itu, kamu dapat menikmati fitur Ultra Steady Video 3.0 yang meredam guncangan saat merekam video, sehingga hasilnya tetap stabil dan mengesankan.

4. Baterai Tahan Lama dengan Teknologi SuperVOOC

Oppo Reno7 Z 5G tidak melupakan daya tahan baterainya, dengan kapasitas besar hingga 4.500 mAh. Dengan kapasitas daya yang sebesar itu, ponsel ini dapat menjadi pengganti yang handal dalam keseharianmu yang berlangsung sepanjang hari. Oppo juga dilengkapi dengan teknologi pengisian SuperVOOC hingga 33W, yang memungkinkan kamu mengisi daya dengan cepat dalam waktu sekitar 60 menit saja.

5. Layar AMOLED yang Cerah

Seperti ponsel mid-range lainnya, Oppo Reno7 Z 5G memiliki layar AMOLED Full HD Plus (1080 x 2400 piksel) yang memberikan tampilan jernih dan tajam. Dengan kerapatan piksel display mencapai 410 piksel per inci (ppi), kamu tidak perlu ragu dengan kualitas visual yang ditawarkan. Layar AMOLED Oppo Reno7 Z 5G juga memiliki dukungan sRGB 100% dengan kecerahan maksimal 800 nits. Menampilkan warna yang hidup dan kecerahan yang memukau, layar ini akan memanjakan mata saat menggunakannya.

Ponsel Oppo Reno7 Z 5G tidak hanya memiliki harga yang lebih terjangkau, tetapi juga menawarkan sejumlah fitur yang tidak kalah menarik dengan ponsel Reno7 5G. Dengan desain yang stylish, performa yang tangguh, kamera yang kompetitif, daya tahan baterai yang kuat, dan layar AMOLED yang cerah, Reno7 Z 5G merupakan pilihan yang menarik untuk dipertimbangkan. Jadi, apakah kamu siap untuk memiliki ponsel yang tak kalah canggih dan menarik dengan harga yang lebih terjangkau?

Baca juga : Yuk, Ketahui 8 Kelebihan dan Kekurangan Oppo Find X5 Pro 5G

Kekurangan Oppo Reno7 Z 5G

Setelah menjelajahi kelebihannya, mari kita lebih memahami apakah kekurangan Oppo Reno7 Z 5G dapat ditoleransi. Berikut ini adalah beberapa kekurangannya yang perlu diperhatikan.

1. Refresh Rate yang Tertinggal

Jangan terlalu terbuai oleh panel AMOLED cerah yang digunakan oleh Oppo Reno7 Z 5G. Sayangnya, Oppo tidak menghadirkan kecepatan refresh rate tinggi seperti yang dimiliki oleh beberapa saudara sekelasnya dan pesaingnya. Hal ini membuat Oppo Reno7 Z 5G dengan refresh rate 60Hz terlihat tertinggal dibandingkan dengan ponsel sejenis yang menawarkan kecepatan refresh rate antara 90Hz hingga 120Hz.

2. Tidak Ada Lensa Ultra-wide

Sekali lagi, Oppo tidak menyertakan lensa ultra-wide pada flagship mereka ini. Setup kamera triple Oppo Reno7 Z 5G tidak dilengkapi dengan lensa ultra-wide, sehingga pengguna tidak dapat mengambil foto dengan sudut pandang yang lebar menggunakan perangkat ini.

3. Speaker Mono tanpa Stereo

Sangat disayangkan bahwa Oppo hanya menyediakan speaker tunggal pada Oppo Reno7 Z 5G, terutama mengingat harga yang tergolong menengah di pasaran. Padahal, sudah banyak ponsel lain di kelas serupa yang telah dilengkapi dengan speaker stereo. Namun, sebagai penggantinya, Oppo Reno7 Z 5G masih menyediakan jack audio 3,5 mm yang kini sudah jarang ditemui pada banyak ponsel terkini.

Itulah beberapa kekurangan Oppo Reno7 Z 5G yang tidak boleh dilupakan dan perlu dipertimbangkan terlebih dahulu. Jika Anda mencari ponsel yang memiliki desain cantik dengan bodi yang tipis dan ringan, maka Oppo Reno7 Z 5G tetap menjadi pilihan yang layak.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.