Cara Menghitung Luas dan Keliling Segitiga

Cara Menghitung Luas dan Keliling Segitiga - Segitiga adalah jenis bangun datar yang terdiri dari tiga sisi dan tiga sudut. Sama seperti bangun datar lainnya, segitiga juga memiliki perhitungan luas dan keliling. Nah, pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai rumus cara menghitung luas dan keliling segitiga lengkap dengan contoh soalnya.

Menghitung Luas dan Keliling Segitiga

Sebelum mempelajari rumus luas dan keliling segitiga, perlu diketahui bahwa segitiga dibagi menjadi beberapa jenis, diantaranya adalah segitiga sama sisi, segitiga sama kaki, segitiga sembarang, segitiga lancip, segitiga tumpul dan segitiga siku-siku.

Meskipun terdiri dari beberapa macam jenis, namun pada umumnya untuk menghitung luas dan kelilingnya menggunakan rumus yang sama. Berikut di bawah ini akan kita pelajari bagaimana rumus yang digunakan untuk menghitung luas dan keliling segitiga.

Cara Menghitung Luas dan Keliling Segitiga

Untuk menghitung luas bangun segitiga, kita harus mengetahui terlebih dahulu ukuran panjang sisi alas dan tinggi pada segitiga. Sisi alas adalah sisi yang tegak lurus dengan puncak segitiga, sedangkan tinggi merupakan jarak titik puncak segitiga dengan sisi alasnya. Jika alas segitiga dituliskan a dan tinggi segitiga t, maka rumus luas segitiga adalah sebagai berikut:

L = ½ × a × t

Sedangkan untuk menghitung keliling segitiga, kita harus mengetahui terlebih dahulu panjang ketiga sisi segitiga. Hal ini karena keliling segitiga merupakan jumlah keseluruhan sisi pada segitiga. Jika sisi segitiga ditulis dengan s, maka rumus keliling segitiga adalah sebagai berikut:

K = s1 + s2 + s3

Setelah mengetahui rumus untuk menghitung luas dan keliling segitiga, sekarang mari kita coba beberapa soal luas dan keliling segitiga.

Contoh Soal Menghitung Luas dan Keliling Segitiga

1. Sebuah segitiga memiliki panjang sisi pertama 5 cm, sisi kedua 12 cm dan sisi ketiga adalah 13 cm. Hitunglah keliling segitiga tersebut!

Pembahasan:

Diketahui:
s1 = 5 cm
s2 = 12 cm
s3 = 15 cm

Ditanya: Keliling segitiga?

Penyelesaian:
K = s1 + s2 + s3
K = 5 + 12 + 13
K = 30 cm

2. Sebuah bangun datar segitiga memiliki panjang sisi masing-masing 10 cm, 24 cm dan 26 cm. Hitunglah keliling segitiga tersebut!

Pembahasan

Diketahui:
s1 = 10
s2 = 24
s3 = 26

Ditanya: Keliling segitiga?

Penyelesaian:
K = s1 + s2 + s3
K = 10 + 24 + 26
K= 60 cm

3. Sebuah segitiga memiliki panjang sisi alas 24 cm dan tinggi segitiga 10 cm. Hitunglah luas segitiga tersebut!

Pembahasan:

Diketahui:
alas (a) = 24 cm
tinggi (t) = 10 cm

Ditanya: Luas segitiga?

Penyelesaian:
L = ½ × a × t
L = ½ × 24 × 10
L = ½ × 240
L = 120 cm2

Bagaimana, mudah bukan? Itulah penjelasan mengenai cara menghitung luas dan keliling segitiga lengkap dengan contoh soal dan pembahasannya. Semoga bermanfaat dan terimakasih!

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.