Cara Menghapus Pesan WA yang Sudah Lama Terkirim

Menghapus atau menarik kembali pesan yang telah terkirim di WhatsApp merupakan hal yang mudah. Hanya saja batas waktu yang diberikan oleh WA untuk melakukan ini hanya satu jam saja. Untuk mengakalinya, simak saja tutorial cara menghapus pesan WA yang sudah lama dikirim berikut ini.

menghapus chat whatsapp yang sudah terkirim lama

WhatsApp memiliki jumlah pengguna paling banyak di Indonesia jika dibandingkan dengan aplikasi yang serupa lainnya. Kehadiran WA membuat SMS menjadi sangat jarang dipakai oleh pengguna smartphone. Hal tersebut memang karena fitur-fitur yang diberikan oleh WhatsApp jauh lebih menarik dan antarmuka yang mudah dan nyaman digunakan.

Salah satu fitur yang sering digunakan pengguna WhatsApp adalah fitur untuk menghapus pesan yang telah terkirim agar tidak dibaca oleh penerima. Lalu, bagaimana cara menghapus pesan WA yang telah lama dikirim? Simak cara menghapus pesan WA lebih dari 1 bulan berikut ini.

Cara Menghapus Pesan WhatsApp yang Sudah Terkirim

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kalau whatsapp telah menyediakan fitur bawaan untuk menghapus pesan WA yang telah dikirim. Baik di hp android maupun iPhone, fitur ini tetap disediakan oleh pihak whatsapp.

1. Cara Menghapus Pesan WA dalam Satu Jam

Buat kamu yang masih belum tahu bagaimana cara menarik atau menghapus pesan wa, berikut cara yang bisa kamu lakukan:

  • Buka aplikasi Whatsapp dan pastikan sudah menggunakan akun sendiri.
  • Jika sudah, pilih salah satu kontak kemudian coba kirim semua pesan.
  • Tekan dan tahan gelembung chat dari pesan yang kalian kirim, maka akan keluar beberapa opsi. Di sini kalian pilih yang Hapus untuk semua orang.
  • Dengan begitu pesan akan terhapus baik dari si penerima ataupun si pengirim.

Cara ini akan bekerja bila pesan yang dikirim masih di bawah 1 jam. Jika sudah lewat dari batas yang telah ditetapkan, maka pesan wa masih bisa terhapus, namun hanya untuk si pengirim saja.

2. Cara Menghapus Pesan WA yang Sudah Lama

Apabila pesan yang kamu kirim sudah lebih dari 1 jam dan kamu ingin mengapus pesan Wa tersebut, maka cara di atas tidak akan bekerja, karena meski bisa di hapus, tetap saja di kontak tujuan masih tersimpan.

Namun, kamu tak perlu khawatir karena ada beberapa trik yang bisa kamu praktekan sendiri. Berikut langkah-langkahnya:

Matikan Koneksi Internet

Langkah yang pertama ini harus kamu perhatikan, yaitu dengan mematikan terlebih dahulu koneksi internet di hp android maupun iPhone.

Pastikan juga kalau pesan tadi sudah terkirim oleh nomor tujuan. Kalau bisa pesan tersebut memang belum dibaca.

Atur Ulang Waktu dan Tanggal

Ini lah yang menjadi inti permasalahannya, yakni waktu. Seperti yang kita tahu saat mengirim pesan, whatsapp akan mengirim dengan keterangan waktu dan tanggal yang sesuai dengan yang ada di smartphone. Maka dari itu, atur ulang waktu dan tanggal yang ada di hp kamu. Berikut caranya :

  • Pergi ke menu Pengaturan Hp.
  • Pilih pengaturan waktu dan tanggal.
  • Atur tanggal dan waktu menjadi sebelum pengiriman chat Whatsapp. Misalnya chat dikirim pukul 06.30 WIB, maka kalian harus merubah waktu android menjadi 06.10 WIB atau bisa dibalakangnya lagi.
  • Kemudian simpan.

Kalau hp yang kamu gunakan memiliki fitur untuk mengatur waktu dan tanggal secara otomatis, nonaktifkan saja terlebih dahulu.

Hapus Pesan WA

Setelah semua langkah-langkah di atas sudah dilakukan, selanjutnya kamu masuk ke aplikasi WA dan pastikan koneksi internet sudah menyala kembali.

Nah, kamu tinggal cari kontak chat yang tadi pesannya ingin di hapus. Sekarang coba kamu tekan dan tahan pesan chat dan pilih opsi Hapus untuk semua orang / Delete For Everyone.

Jika sudah berhasil, berikutnya kamu tinggal atur lagi waktu dan tanggalnya seperti semula.

Apa Efek yang Akan Terjadi Jika Pesan WA Ditarik Kembali?

Jika dilihat secara keseluruhan, tidak ada efek apapun yang terjadi yang bersifat fatal. Meskipun begitu, tetap saja ada masalah yang akan didapatkan walaupun tidak semua, yakni si penerima pesan mengalami kekacauan waktu di ponsel mereka dalam beberapa saat.

Selain itu, bisa menimbulkan kesalahpahaman akibat waktu pesan yang tidak dikirim dan diterima sesuai dengan waktu yang ada. Maka dari itu harus difikirkan matang-matang sebelum pesan benar-benar di hapus.

Cara di atas bisa kamu lakukan dengan mudah. Meskipun begitu, cara terbaik yang bisa kamu lakukan adalah dengan berhati-hati sebelum pesan WA dikirim. Usahakan melakukan cek ulang agar tidak terjadi kesalahan. Kalaupun dilakukan, kalau bisa jangan sampai dalam waktu yang cukup lama.

Demikian tutorial cara menghapus pesan WA yang sudah lama terkirim, lebih dari 10 menit atau satu jam. Jika ada yang perlu ditanyakan, silahkan tulis saja di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.