20 Benda Berbentuk Persegi Panjang di Sekitar Kita

Contoh Benda berbentuk Persegi Panjang - Dalam keseharian, kita seringkali menjumpai benda-benda yang mempunyai beragam bentuk. Mulai dari benda berbentuk persegi, persegi panjang, lingkaran, segitiga dan bentuk lainnya. Nah, pada kesempatan kali ini akan kita bahas mengenai contoh benda berbentuk persegi panjang yang ada di sekeliling kita.

Sebelum membahasnya lebih lanjut tentang benda berbentuk persegi panjang, alangkah baiknya jika kita memahami terlebih dahulu apa itu persegi panjang dan sifat-sifatnya. Berikut penjelasan singkat mengenai pengertian persegi panjang ,ciri-ciri dan sifat persegi panjang.

Benda-Benda Berbentuk Persegi Panjang

Persegi panjang merupakan bangun datar dua dimensi yang memiliki dua pasang sisi sejajar dan sama panjang. Selain itu bangun datar ini juga mempunyai empat buah titik sudut yang berbentuk sudut siku-siku.

Bentuk dari persegi panjang berbeda dengan persegi, meskipun keduanya sama-sama jenis bangun segi empat, namun persegi panjang terdapat dua pasang sisi sejajar yang sama panjang, sedangkan untuk persegi seluruh sisinya sama panjang. Sebagai contoh benda yang mempunyai bentuk persegi panjang adalah pintu dan jendela.

Dengan setiap ukuran yang ada, sebuah benda berbentuk persegi panjang dapat dihitung luas dan kelilingnya. Untuk menghitung luas persegi panjang dapat menggunakan rumus panjang x lebar (p x l). Sedangkan rumus untuk mencari keliling persegi panjang adalah 2 x (panjang + lebar).

Setiap bangun datar dua dimensi memiliki sifat dan ciri yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Berikut sifat dan ciri bangun persegi panjang.

  • Memiliki empat titi sudut sudut berbentuk siku-siku (90°).
  • Memiliki empat sisi.
  • Memiliki dua pasang sisi sejajar yang berhadapan dan sama panjang.
  • Memiliki simetri putar tingkat dua.
  • Memiliki dua buah simetri lipat.
  • Memiliki dua garis diagonal yang sama panjang.

Setelah memahami apa itu persegi panjang, sifat dan ciri persegi panjang, tentunya kalian sudah dapat gambaran seperti apa bentuk persegi panjang. Nah, untuk lebih jelasnya berikut akan kami bagikan beberapa benda dengan bentuk persegi panjang yang sering kita temui di sekeliling kita.

Baca juga : Contoh Benda Berbentuk Segitiga yang Ada di Rumah

Contoh Benda yang Memiliki Bentuk Persegi Panjang

Benda yang memiliki bentuk persegi panjang sebenarnya sering kita temui dalam keseharian kita. Benda tersebut bisa kita jumpai baik di dalam ataupun diluar rumah. Berikut beberapa contoh benda dengan bentuk persegi panjang yang ada di sekeliling kita.

  1. Uang kertas
  2. TV
  3. Kulkas
  4. Layar komputer
  5. Papan tulis
  6. Papan meja
  7. HP
  8. Kertas HVS
  9. Buku gambar
  10. Buku tulis
  11. Penggaris lurus
  12. Jendela
  13. Pintu
  14. Kaca jendela
  15. Batu bata
  16. Lemari
  17. Lapangan sepak bola
  18. Sisi kota tisu
  19. Sisi aquarium
  20. Sisi kardus

Baca juga : Contoh Benda Berbentuk Lingkaran yang Ada di Sekitar

Demikianlah pembahasan mengenai contoh benda berbentuk persegi panjang yang ada di sekitar kita, baik di dalam rumah maupun di luar rumah. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi para pembaca.

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.