Saklar Tukar: Pengertian, Fungsi, Simbol, Cara Kerja & Cara Memasang

Saklar Tukar

Saklar tukar merupakan perangkat elektronik yang dirancang untuk mengontrol satu beban dari dua tempat yang berbeda. Contohnya adalah menghidupkan atau mematikan lampu dari ruangan yang berbeda.

Saklar tukar digunakan di berbagai tempat seperti hotel, kantor, dan rumah tinggal. Tujuannya adalah memudahkan proses kontrol pada peralatan elektronik. Dengan adanya saklar tukar, pengguna dapat dengan mudah mengontrol lampu atau peralatan lainnya dari tempat yang berbeda.

Ketahui secara detail mengenai apa yang dimaksud saklar tukar, fungsi, cara kerja, serta metode pemasangannya pada artikel berikut ini.

Pengertian Saklar Tukar

Saklar tukar adalah alat elektronik yang memiliki dua kontak penghubung dan dapat saling bertukar melalui metode operasional tertentu. Tujuan utama penggunaan saklar tukar adalah untuk mengontrol satu beban dari dua tempat yang berbeda.

Saklar tukar sering disebut sebagai saklar hotel karena sering digunakan di hotel. Pada penginapan, saklar tukar sangat diperlukan untuk alasan praktis, sehingga pemilik dapat dengan mudah mengoperasikan lampu.

Saklar tukar didesain khusus agar dapat dioperasikan dari dua tempat berbeda, bahkan jika peralatan tersebut berada di ruangan yang berbeda. Hal ini memudahkan pengguna untuk mengendalikan alat elektronik tanpa perlu pergi ke tempat alat tersebut berada hanya untuk menyalakan atau mematikannya.

Fungsi Saklar Tukar

Fungsi saklar tukar sebenarnya tidak jauh berbeda dengan jenis saklar pada umumnya, yaitu untuk mengontrol penghubung dan pemutusan arus listrik.

Perbedaannya terletak pada sistem kontrol yang menggunakan dua saklar. Saklar tukar dirancang untuk mengontrol satu lampu atau perangkat elektronik dengan dua saklar yang terhubung secara seri.

Dua saklar tersebut dapat digunakan secara bergantian untuk menyalakan dan mematikan lampu. Dengan saklar tukar, pengguna dapat mengontrol lampu dari dua tempat yang berbeda dengan mudah dan efisien.

Simbol Saklar Tukar

Dalam rangkaian elektronika, simbol saklar ditunjukkan dengan gambar sebagai berikut:

Simbol Saklar Tukar

Cara Kerja Saklar Tukar

Prinsip kerja saklar tukar cukup sederhana, yaitu memungkinkan dua saklar untuk bekerja bersama-sama.

Adapun prinsip kerja saklar tukar adalah sebagai berikut:

  • Untuk dapat bekerja bersama-sama, saklar harus terlebih dahulu dihubungkan satu sama lain dalam rangkaian.
  • Input dari masing-masing saklar terhubung pada kabel fasa yang menjadi sumber listrik. Sedangkan dua outputnya terhubung ke beban, seperti lampu.
  • Dua saklar dihubungkan secara seri dan harus selalu dalam posisi yang sama agar dapat bekerja bersama-sama.
  • Misalnya, jika tombol saklar satu dalam posisi "atas", maka saklar lainnya juga harus dalam posisi yang sama. Jika salah satu diubah, maka lampu akan mati secara otomatis.
  • Dengan cara ini, saklar dapat bekerja bergantian untuk menyalakan dan mematikan lampu.

Cara Memasang Saklar Tukar

Cara pemasangan saklar tukar tidak berbeda jauh dengan jenis saklar lainnya. Yang membedakan adalah cara memasang saklar tukar harus menggabungkan dua saklar agar dapat bekerja bersama-sama.

Adapun langkah-langkah memasang saklar tukar berikut ini:

  • Persiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan, seperti kabel, tespen, saklar tukar, dan lain-lain.
  • Matikan aliran listrik dari sumbernya dengan menurunkan MCB.
  • Periksa dan pastikan bahwa aliran listrik sudah benar-benar tidak mengalir dengan menggunakan tespen.
  • Pada saklar tukar, terdapat 4 buah lubang. Dua lubang di bagian atas saklar adalah output dan dua lubang di bagian bawah adalah input.
  • Sambungkan kabel fasa pada komponen input saklar tukar bagian kiri.
  • Hubungkan kabel input saklar tukar bagian kanan pada lampu atau beban yang akan dikontrol.
  • Untuk membuat kedua saklar tukar dapat bekerja bersama-sama, sambungkan dua output dari masing-masing saklar dengan sistem seri.
  • Caranya, sambungkan output saklar tukar pertama pada input saklar tukar kedua, kemudian sambungkan output saklar tukar kedua pada beban atau lampu.
  • Rapikan kabel dan kencangkan baut pada masing-masing saklar untuk menghindari kabel yang terlepas atau kendor.
  • Hidupkan kembali aliran listrik dari sumbernya dengan menaikkan MCB.
  • Cek apakah saklar tukar sudah berfungsi dengan baik atau tidak dengan menguji saklar dari dua tempat yang berbeda. Pastikan bahwa kedua saklar tukar harus dalam posisi yang sama saat digunakan.
  • Apabila semua langkah dilakukan dengan benar, maka saklar tukar sudah dapat digunakan.

Kelebihan Saklar Tukar

Saklar tukar memiliki beberapa keunggulan dan keistimewaan yang membedakannya dari jenis saklar lainnya. Keunggulan tersebut antara lain:

  • Praktis karena dapat mengontrol satu lampu dari ruangan yang berbeda.
  • Pemasangan yang mudah dan tidak rumit.
  • Lebih efisien dalam penggunaannya karena dapat menghemat waktu.
  • Dapat mengontrol beberapa lampu sekaligus dalam satu ruangan, asalkan masih terhubung dalam satu instalasi listrik.

Kesimpulan

Saklar tukar adalah jenis saklar yang digunakan untuk mengontrol instalasi lampu dengan menggunakan dua kontak penghubung.

Keunggulan dari saklar tukar adalah memungkinkan pengguna untuk menyalakan dan mematikan lampu dari tempat yang berbeda tanpa perlu datang ke ruangan tempat lampu tersebut berada.

Selain itu, pemasangan saklar tukar tergolong mudah dan tidak memerlukan keahlian khusus. Yang membedakan saklar tukar dengan jenis saklar lainnya adalah kedua saklar yang digunakan harus dipasang secara seri sehingga keduanya akan terhubung dan dapat digunakan untuk mengontrol lampu dari dua tempat yang berbeda.