8 Kelebihan dan Kekurangan Vivo V21 yang Harus Diketahui

Vivo V21 diperkenalkan setelah popularitas saudara kandungnya, yaitu V21 5G, merajai pasar global. Mengingat tidak semua pengguna smartphone menginginkan koneksi 5G, Vivo memutuskan untuk meluncurkan varian baru yang cocok bagi penggemar ponsel tangguh tanpa memperhitungkan jaringan terbaru.

Vivo V21
Spesifikasi Vivo V21
  • Rilis : Mei 2021
  • Layar : 6.44 inci AMOLED 90Hz
  • Chipset : Qualcomm Snapdragon 720G
  • GPU : Adreno 618
  • RAM : 8 GB
  • Memori Internal : 128 GB, 256 GB
  • Memori Eksternal : Tersedia, slot microSD
  • Kamera Belakang : 64 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro)
  • Kamera Depan : 44 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 4000 mAh, Fast Charging 33W

Selengkapnya : Spesifikasi Vivo V21 dan Harganya

Vivo V21 hadir dalam dua varian warna, yaitu Diamond Flare dan Roman Black, dengan harga mulai dari 4 jutaan. Vivo V21 sebenarnya merupakan versi yang dipangkas dari V21 5G dengan beberapa pengurangan untuk menjadikannya ponsel yang lebih terjangkau.

Sekarang, mari kita bahas secara komprehensif mengenai kelebihan dan kekurangan perangkat ini.

Baca juga : Ketahui 8 Kelebihan dan Kekurangan Vivo X60 Pro

Kelebihan Vivo V21

Ketika berbicara tentang kelebihan Vivo V21, ada sejumlah keunggulan yang patut diperhatikan dan diapresiasi. Beberapa kelebihannya termasuk desain ramping dan baterai yang besar.

1. Desain Menawan dengan Bodi Ramping dan Ringan

Vivo V21 memiliki desain yang memikat, dan hal ini selalu menjadi ciri khas seri V dari Vivo. Tersedia dalam dua varian warna, masing-masing memiliki gaya dan nuansa desain yang unik.

Varian Roman Black memiliki permukaan berwarna abu-abu gelap dengan garis-garis memanjang, yang pada sudut tertentu menghasilkan efek warna biru. Meskipun tepian perangkat ini terbuat dari plastik, tetapi dilapisi dengan cat logam sehingga memberikan kesan yang lebih elegan secara visual.

Jika Anda menginginkan smartphone dengan tampilan yang lebih cerah, Diamond Flare adalah pilihan yang tepat. Vivo telah menghadirkan bingkai mengkilap di sisi-sisinya dengan bagian belakang yang dihiasi pola yang rumit dan tidak biasa.

Keduanya menawarkan desain ringan dan bodi yang tipis. Vivo V21 memiliki berat sekitar 171 gram dan ketebalan 7,38 mm. Dengan demikian, Vivo V21 adalah smartphone ultra-tipis dan bergaya yang sesuai dengan tren saat ini.

2. Mengusung Panel AMOLED Full HD+

Vivo V21 menggunakan panel AMOLED berukuran besar dengan ukuran 6,44 inci. Selain mencoba membuat smartphone yang tipis dan ringan, Vivo juga menyertakan beberapa fitur desain yang tak kalah menarik. Layarnya mendukung beberapa profil warna, penyesuaian white balance manual, mode Always On, dan Peredupan DC untuk mengurangi kelelahan mata. Panel berkualitas ini juga dilengkapi dengan sensor sidik jari di dalam layar yang canggih.

Selain tampilan yang menawan, layar depannya menawarkan resolusi 2400 x 1080 piksel (Full HD+) dan rasio aspek 20:9. Dengan kerapatan piksel sebesar 408 ppi dan dukungan HDR10, Anda akan mendapatkan kualitas tampilan yang luar biasa dari smartphone kelas menengah ini.

3. Performa Bersaing

Selanjutnya, mari kita bicara tentang performa Vivo V21. Ketika membeli smartphone baru, performa yang handal merupakan faktor penting, terutama bagi pengguna yang produktif. Vivo V21 menawarkan kinerja yang tangguh untuk penggunaan sehari-hari. Smartphone ini dilengkapi dengan prosesor Snapdragon 720G, yang sama dengan Vivo V20 tahun sebelumnya.

Snapdragon 720G memiliki konfigurasi inti 2+6 dengan dua inti Kryo 465 Gold berkekuatan tinggi berdasarkan arsitektur ARM Cortex-A76. Sementara itu, enam inti hemat dayanya adalah Kryo 465 Silver yang didasarkan pada Cortex-A55. Selain itu, terdapat akselerator grafis Adreno 618 untuk menghadle grafis sehari-hari dengan baik.

Dengan fabrikasi 8nm dan kecepatan clock 2,3 GHz, chipset ini menawarkan performa CPU yang sedikit lebih baik (sekitar 3-5%) daripada Snapdragon 730/730G. Anda tidak perlu khawatir tentang lag atau gangguan saat bermain game atau multitasking karena dapur pacu Vivo V21 menjanjikan kinerja yang mulus.

4. Kapasitas Penyimpanan Besar dengan Slot MicroSD

Sebagai ponsel kelas menengah, Vivo V21 menawarkan ruang penyimpanan yang luas seperti pesaing-pesaingnya. Untuk memenuhi kebutuhan pengguna Android, Vivo menyediakan RAM 8GB yang dikombinasikan dengan penyimpanan internal 128GB atau 256GB.

Meskipun ini mungkin terdengar biasa sesuai dengan harga, Vivo V21 memiliki keunggulan tambahan berupa dukungan untuk kartu microSD dan fitur Extended RAM. Anda dapat memperluas kapasitas penyimpanan hingga 1TB dengan kartu microSD, sehingga memiliki ruang yang lebih besar untuk menyimpan berbagai file. Vivo juga menyediakan fitur Extended RAM yang memungkinkan Anda menggunakan hingga 3GB dari memori internal untuk menjaga performa yang lancar.

5. Sensor Kamera yang Unggul

Jika Anda masih ingin menikmati keunggulan lainnya, Anda dapat menemukannya di sektor fotografi Vivo V21. Ponsel ini dilengkapi dengan tiga kamera belakang, termasuk kamera utama, ultra-wide, dan kamera makro.

Vivo V21 memiliki kamera utama Quad-Bayer 64MP dengan aperture f/1.8. Kamera ini juga dilengkapi dengan fitur OIS (Optical Image Stabilization) yang sangat diapresiasi dan tidak ada pada pendahulunya. Selain itu, ada juga kamera ultra-wide 8MP dan kamera makro 2MP dengan aperture f/2.4.

Selain kamera belakang, sensor kamera depannya juga menarik perhatian. Vivo V21 menawarkan kamera depan dengan resolusi tinggi 44MP dan aperture f/2.0 untuk selfie dan panggilan video sehari-hari yang nyaman.

6. Baterai Besar dengan Fast Charging

Salah satu keunggulan Vivo V21 adalah baterainya yang berkapasitas 4.000 mAh. Mengingat bobot dan desain rampingnya, Vivo tetap memberikan kapasitas baterai yang layak. Kapasitas ini cukup untuk mendukung aktivitas sehari-hari dan didukung oleh teknologi pengisian cepat 33W.

Dengan semua kelebihan tersebut, Vivo V21 adalah pilihan yang menarik untuk mereka yang menginginkan smartphone dengan desain menawan, performa handal, dan fitur fotografi yang unggul.

Baca juga : Yuk, Simak 7 Kelebihan dan Kekurangan Realme C21Y

Kekurangan Vivo V21

Di balik kelebihan yang menawan, ada beberapa kekurangan Vivo V21 yang perlu dipertimbangkan. Berikut ini beberapa kekurangan yang harus Anda perhatikan.

1. Refresh Rate yang Rendah

Salah satu kekurangan Vivo V21 adalah refresh rate layarnya yang rendah. Meskipun memiliki panel AMOLED yang indah, smartphone ini hanya dilengkapi dengan refresh rate 60Hz. Hal ini kurang memadai untuk pengguna Android modern yang menginginkan pengalaman yang lebih responsif dengan refresh rate yang lebih tinggi.

2. Tidak Dilengkapi Proteksi Layar

Salah satu kekurangan lainnya adalah ketiadaan proteksi layar. Meskipun tampilan visualnya menarik, namun Vivo V21 tidak dilengkapi dengan pelindung layar seperti Corning Gorilla Glass. Hal ini berarti bahwa layar lebih rentan terhadap goresan dan benturan, sehingga pengguna harus lebih berhati-hati dalam menggunakan perangkat ini.

Secara keseluruhan, Vivo V21 menawarkan fitur yang menjanjikan untuk penggunaan sehari-hari. Namun, jika Anda adalah pengguna yang sangat memperhatikan tampilan layar, perangkat ini mungkin kurang cocok sebagai pilihan utama pada tahun 2021 karena terdapat banyak opsi lain dengan harga yang sama.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.