Cari Tahu 10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M22

Samsung Galaxy M22 resmi diluncurkan di pasar Indonesia pada akhir September yang lalu. Ponsel pintar ini dijual dengan harga sekitar 2 jutaan dan dapat dipesan melalui situs web e-commerce resmi Samsung atau toko retail terdekat.

Samsung Galaxy M22
Spesifikasi Samsung Galaxy M22
  • Rilis : September 2021
  • Layar : 6.4 inci Super AMOLED 90Hz ~274ppi
  • Chipset : MediaTek Helio G80 (12nm)
  • GPU : Mali-G52 MC2
  • RAM : 6 GB
  • Memori Internal : 128 GB
  • Memori Eksternal : Tersedia, slot microSD
  • Kamera Belakang : 48 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro), 2 MP (depth)
  • Kamera Depan : 13 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, Fast Charging 25W

Selengkapnya : Spesifikasi Samsung Galaxy M22 dan Harganya

Ketika melihat spesifikasinya, Galaxy M22 memiliki beberapa keunggulan yang tidak jauh berbeda dari pendahulunya. Dengan demikian, Samsung melakukan sedikit penyempurnaan pada perangkat ini agar dapat bersaing dengan pesaingnya.

Salah satu hal menarik dari Samsung Galaxy M22 adalah kemungkinan mendapatkan diskon yang menarik melalui penjualan kilat (flash sale) yang sering dilakukan oleh Samsung untuk setiap perangkat baru mereka.

Menurut situs web resmi Samsung, Galaxy M22 tersedia dalam varian warna Hitam, Putih, dan Biru Muda. Terlepas dari kesukaan atau ketidaksukaan terhadap desain Samsung, Anda pasti akan melihat kesamaan desain yang familiar.

Pola horizontal pada bagian belakang smartphone ini telah hadir pada beberapa smartphone sebelumnya dari merek yang sama. Penasaran dengan kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M22? Berikut adalah informasinya.

Baca juga : Inilah 8 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M23 5G

Kelebihan Samsung Galaxy M22

Samsung Galaxy M22 punya beberapa nilai jual yang keren banget, nih! Kalian bakal dapetin teknologi layar Super AMOLED dengan refresh rate 90Hz, konfigurasi yang powerfull, baterai besar untuk konektivitas nggak terputus, dan masih banyak lagi!

1. Layar Super AMOLED yang Oke Banget

Duh, gak heran sih kalau ponsel seharga 2 jutaan punya layar Super AMOLED. Tapi, Galaxy M22 dari Samsung ini emang kelebihannya luar biasa, guys! Layarnya berukuran 6,4 inci dengan refresh rate 90Hz.

Terangnya juga gak usah diragukan, karena klaim kecerahannya mencapai 600 nits. Jadi, apapun kondisi sekitar, siang atau malam, gak perlu khawatir lagi. Desain Infinity-U dengan rasio aspek 20:9 juga bikin tampilannya nggak kalah kece, jadi andalan banget buat sehari-hari.

2. Kombinasi Kamera yang Mengagumkan

Bagi pecinta fotografi, ini nih yang paling menarik! Galaxy M22 punya quad-camera di bagian belakangnya. Kamera utamanya 48MP dengan fitur fokus otomatis, jadi bisa dapetin foto yang tajam tanpa ribet.

Gak cuma itu, kamera utama ini juga dilengkapi teknologi OIS yang bisa ngehasilin foto yang stabil. Langka banget, lho! Kamera sekundernya juga gak kalah keren, ada kamera ultra-wide 8MP, kamera makro 2MP, dan sensor depth 2MP. Dengan kombinasi yang mantap ini, nggak heran banyak banget anak muda yang demen banget sama Galaxy M22.

Eh, jangan lupa kamera selfie-nya juga loh! Meskipun cuma 13MP, tapi udah cukup memadai buat selfie dan video call yang berkualitas.

4. Baterai yang Gede Banget

Sebelum Galaxy M22, seri Galaxy M emang udah terkenal banget dengan daya tahan baterainya yang oke. Nah, Galaxy M22 ini gak mau kalah! Dengan kapasitas 5.000 mAh, Samsung bener-bener ngasih kelebihan yang susah diabaikan buat pengguna yang sibuk. Bobotnya juga gak berat, cuma sekitar 186 gram aja, jadi enak banget digunakan dengan satu tangan.

Buat nge-dukung kapasitas baterai yang besar itu, Samsung juga kasih teknologi fast charging sampai 25W. Cuma butuh waktu sekitar 2 jam, baterainya udah full lagi.

5. User Interface yang Ramah Pengguna

Kalau kalian beli Galaxy M22 cuma karena Samsung punya reputasi bagus, nah, perangkat ini bakal ngasih lebih dari yang kalian harapkan, lho! Samsung menyediakan OS Android 11 dengan tambahan One UI Core 3.1 untuk meningkatkan performanya. Kombinasi ini bener-bener bikin tugas sehari-hari jadi lebih lancar dan gampang.

One UI-nya juga gak cuma ringan aja, tapi Samsung juga kasih banyak fitur keren yang bisa diakses dengan mudah. Tapi, karena udah ada Android 12 yang keluar, kalian bisa update kapan aja deh biar selalu up to date.

6. Penyimpanan Luas dan Slot MicroSD

Samsung emang baik banget, deh! Galaxy M22 hadir dengan penyimpanan yang luas buat berbagai file, mulai dari dokumen sampe aplikasi. Dengan budget 2 jutaan, kalian dapetin RAM 6GB dan penyimpanan internal 128GB, jadi bisa dipake dengan lancar. Dan jangan khawatir kalau kapasitasnya masih kurang, masih ada slot microSD yang bisa nampung sampai 1TB!

7. Dukungan NFC

Kelebihan ini emang gak bisa diabaikan begitu aja. Dengan dukungan konektivitas NFC, kalian bisa berbagi informasi antar smartphone dengan mudah dan tanpa ribet. Seru banget, kan?

Jadi, gimana? Samsung Galaxy M22 emang ponsel keren banget dengan fitur-fitur yang nggak bisa dianggap remeh. Jangan ragu deh buat coba sendiri dan rasain kehebatannya!

Baca juga : Kenali 8 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A52s 5G

Kekurangan Samsung Galaxy M22

Wah, ternyata Galaxy M22 juga punya beberapa kekurangan, nih! Meskipun dijual dengan harga 2 jutaan, ada beberapa hal yang bisa dianggap sebagai kelemahan dari perangkat ini.

1. Performa yang Ketinggalan di Kelasnya

Galaxy M22 menggunakan chipset MediaTek Helio G80 dengan proses 12nm. Chipset ini punya delapan inti CPU, dua di antaranya adalah inti ARM Cortex-A75 yang berkinerja tinggi dengan kecepatan 2.0GHz, dan enam inti lainnya adalah inti efisiensi energi Cortex-A55 yang berjalan hingga 1.8GHz.

Dengan kecepatan hanya 2GHz, tentunya ada banyak alternatif lain bagi pengguna yang menginginkan performa yang lebih baik untuk main game atau menjalankan aplikasi berat. Meskipun GPU-nya bisa diandalkan untuk pemrosesan grafis yang bagus, performanya masih di bawah rata-rata dibandingkan dengan pesaingnya.

2. Resolusi Layar Hanya HD+

Ini sih sedikit mengecewakan, nih. Layar Super AMOLED pada Galaxy M22 cuma punya resolusi HD+ aja. Padahal, sekarang banyak smartphone dengan harga di bawah 1 jutaan yang udah punya resolusi Full HD+. Jadi, Samsung bisa dikatakan kurang memuaskan penggemar mereka dengan resolusi HD+ ini.

3. Tidak Ada Proteksi Layar

Nah, ini juga kekurangan yang harus diperhatikan. Kamu harus lebih berhati-hati saat menggunakan perangkat ini karena Samsung gak menyediakan proteksi layar buat Galaxy M22. Jadi, ada risiko layar cepat tergores atau bahkan rusak jika terjatuh. Ini sih kelemahan yang perlu dipertimbangkan, karena banyak smartphone dengan harga yang sama yang udah punya proteksi layar.

Jadi, itulah kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M22 yang bisa jadi pertimbangan sebelum membeli smartphone terbaru. Masih tertarik sama perangkat ini atau lebih memilih opsi lain? Yuk, kita cari yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi kita!

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.