Kenali 5 Jenis Kerusakan TV Polytron yang Paling Umum dan Cara Memperbaikinya

Jenis Kerusakan TV Polytron

Kerusakan pada TV Polytron yang secara tiba-tiba seringkali membuat kita panik. Seperti kerusakan TV polytron bagian vertikal, gambar gelap, atau yang lainnya. Mendapati kerusakan pada TV Polytron, bukan berarti Anda harus membeli yang baru.

Hal yang seharusnya dilakukan adalah dengan mencari tahu penyebab kerusakan tersebut. Setelah itu akan lebih mudah dalam melakukan perbaikan yang sekiranya paling tepat.

Jangan langsung membawanya ke tukan service, berikut beberapa kerusakan yang umum terjadi pada TV Polytron dan solusi perbaikannya.

Kenali 5 Kerusakan pada TV Polytron yang Paling Umum

Kerusakan Pada TV Polytron

Mengenal kerusakan pada TV Polytron dapat membantu Anda mengatasi masalah yang terjadi dengan lebih mudah. Berikut ini terdapat lima jenis kerusakan yang umum terjadi pada TV Polytron beserta cara memperbaikinya.

1. TV Polytron LED Gambar Gelap Tapi Suara Normal

Gambar gelap pada LED TV dapat disebabkan oleh berbagai kondisi tertentu. Oleh karena itu, sebelum mencari cara untuk memperbaikinya, Anda perlu mengenali beberapa jenis tampilan gelap terlebih dahulu.

Misalnya seperti akibat lampu backlight tidak menyala atau menyala namun menunjukkan gambar gelap. Beberapa kemungkinan yang menyebabkan hal tersebut terjadi yaitu kerusakan software, lampu backlight mati, atau kerusakan IC pada modul Tcon.

Mari kita bahas satu per satu kemungkinan kerusakan jika LED TV Anda gelap, simak penjelasannya berikut ini.

a. Gelap Akibat Kerusakan Software

Mari kita bahas satu per satu kemungkinan kerusakan jika LED TV Anda gelap, simak penjelasannya berikut ini.Jika TV LED Anda menampilkan gambar gelap namun lampu LED-nya tetap menyala, kemungkinan penyebabnya adalah kerusakan pada software.

Untuk memperbaiki kerusakan tersebut, Anda dapat melakukan proses flashing dengan firmware yang sesuai untuk TV Polytron LED Anda. Pastikan untuk menggunakan firmware yang tepat saat melakukan flashing TV Anda.

b. Gelap Akibat Backlight

Sebelum melakukan perbaikan pada gambar gelap TV Polytron Anda, perhatikan terlebih dahulu kondisi lampu backlight-nya. Kemungkinan, lampu backlight mengalami kerusakan sehingga layar TV tidak menampilkan gambar.

Cek lampu backlight yang terpasang pada panel LED. Lampu LED tersebut biasanya terpasang secara seri, sehingga jika salah satu lampu terputus maka satu set backlight akan mati.

Cara untuk memperbaiki kerusakan TV Polytron akibat lampu backlight adalah dengan menggunakan AVO meter atau multitester. Gunakan AVO meter manual atau digital untuk mengetahui apakah LED dalam kondisi mati atau hidup. Jika ditemukan LED yang rusak, segera ganti dengan tipe yang sama.

c. Gelap Akibat IC pada Modul Tcon

Anda dapat mengetahui apakah terjadi kerusakan pada IC dengan memeriksa modul Tcon. Periksa bagian yang terletak di sebelahnya, jika terasa panas berlebihan, maka Anda dapat memastikan ada gangguan pada komponen tersebut. Untuk memperbaiki kerusakan ini, Anda harus segera mengganti suku cadang dengan jenis yang sesuai.

2. Kerusakan TV Polytron Cinemax

Beberapa masalah seperti TV Polytron mati total, gambar hilang namun masih ada suara, atau gambar bergoyang bisa terjadi pada televisi. Namun, bagaimana cara menyelesaikan masalah tersebut? Berikut adalah beberapa jenis kerusakan TV LED Polytron Cinemax dengan kondisi serupa.

a. Gambar Hilang Tapi Suara Normal

Kondisi seperti itu umumnya disebabkan oleh gangguan pada modul Tcon, dimana banyak titik solder yang perlu diperbarui. Anda dapat mengenali kondisi ini dari solderan yang telah menipis dan menghitam.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat melakukan penggantian solderan dengan cara men-solder kembali titik-titik yang rusak atau aus.

b. Gambar Muncul Tidak Lama Tapi Suara Normal

Jika TV Anda mengalami masalah seperti itu, kemungkinan penyebabnya adalah kerusakan pada lampu backlight.

Untuk memperbaikinya, Anda dapat memeriksa bagian tersebut dan mengganti lampu yang rusak dengan tipe yang sesuai.

c. TV Mengalami Mati Total

Jika TV Anda mengalami mati total, tanda-tandanya adalah lampu indikator tidak menyala saat dinyalakan dan layar televisi tidak menampilkan gambar sama sekali.

Untuk memperbaiki kerusakan tersebut, pertama-tama Anda perlu membongkar TV dan memeriksa bagian blok inverter. Jika ada komponen seperti dioda, resistor, atau FET (Field Effect Transistor) yang terbakar, maka perlu diganti dengan yang baru.

Jika blok inverter sudah rusak, satu-satunya cara untuk membuat TV kembali normal adalah dengan mengganti blok inverter yang rusak. Namun, Anda juga bisa mencoba opsi perbaikan alternatif dengan melepas jumper J529 dari PBC. Namun, opsi ini hanya dapat dilakukan jika regulator utama belum terbakar. Jika sudah terbakar, maka Anda perlu melepas bagian yang rusak, seperti FET atau IC511.

3. Kerusakan TV Polytron Slim 21

Jika TV Polytron Slim 21 Anda mengalami masalah seperti tidak ada siaran, gambar melebar, muncul garis vertikal, atau tampilan layar seperti pelangi, itu menunjukkan adanya kerusakan pada TV tersebut.

Kenali gejala kerusakan TV Polytron Slim 21 dan solusinya bisa Anda simak melalui pembahasan berikut ini.

a. Tidak Ada Siaran

Jika layar TV menampilkan pesan "No Signal", itu menunjukkan bahwa tidak ada sinyal yang masuk. Anda dapat memeriksa bagian tuner dengan mengukur tegangan B+ dan arus AGC yang masuk ke dalamnya.

Kondisi normal adalah tegangan B+ sekitar 12 V dan arus AGC sekitar 3,3 V. Jika kondisinya tidak normal, ganti tuner dengan yang baru. Setelah selesai, nyalakan televisi dan cek kembali.

Namun, jika masih tidak ada sinyal masuk, kemungkinan kerusakan ada pada IC CF. Anda perlu mengganti komponen tersebut dengan yang baru agar TV kembali normal.

b. Gambar Melebar

Jika layar TV Polytron melebar, kemungkinan terjadi gangguan pada elco di blok horizontal.

Untuk mengatasi kerusakan tersebut, langkah pertama adalah memeriksa tegangan B+ pada FBT. Normalnya, tegangan B+ sebesar 115 V. Jika tegangan rendah atau tidak ada, ganti FBT-nya.

Selain itu, cek juga komponen kapasitor pada blok horizontal. Ada dua jenis kapasitor, yaitu kapasitor out dan kapasitor input, masing-masing dengan tegangan antara 250-450 V dan 1600-2000 V.

Terakhir, periksa elco. Jika ditemukan kerusakan, segera ganti komponen tersebut agar TV bisa kembali normal.

c. Muncul Garis Vertikal

Jika muncul garis vertikal pada layar TV, itu menandakan adanya masalah pada blok vertikal. Tentu saja hal ini akan membuat tidak nyaman saat menonton acara favorit dengan garis vertikal yang mengganggu tampilan di layar televisi.

Untuk memperbaikinya, Anda bisa mengganti elco 100 uf 50 v elco/pump up. Ini adalah langkah perbaikan yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah garis vertikal pada layar TV. Coba rewrite artikel tersebut dalam bahasa indonesia.

d. Tampilan Layar Seperti Pelangi

Kerusakan yang terjadi pada alat tersebut dapat dikenali dari beberapa gejala, salah satunya adalah tegangan yang terputus pada IC. Hal ini disebabkan oleh resistor 1 ohm yang terbakar. Selain itu, kerusakan juga bisa terjadi pada elco filter 470 uf dan dioda di flayback out +12 V.

Untuk memperbaiki kerusakan tersebut, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa sesuai dengan indikasi kerusakan yang terjadi. Setelah diperbaiki atau dipastikan normal, lakukan pemeriksaan opsi kerusakan lainnya agar masalahnya benar-benar teratasi.

e. Standby Tidak Mau Start

Kerusakan pada televisi dapat terjadi akibat disfungsi pada IC KA431, yang mengakibatkan TV tidak bisa dinyalakan meskipun lampu indikatornya menyala.

Untuk mengatasi kerusakan pada TV Polytron slim yang mengalami masalah standby tidak mau start, langkah yang dapat diambil adalah dengan mengganti IC KA431 yang rusak.

Namun, sebelum mengganti IC KA431, perlu dilakukan pemeriksaan pada bagian lainnya terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan selain masalah standby, biasanya terjadi tegangan yang tidak normal pada bagian lainnya.

4. Kerusakan TV Polytron Minimax Mati Standby

Salah satu kerusakan yang sering terjadi pada TV Polytron Minimax adalah saat dihidupkan, TV akan menyala namun beberapa saat kemudian akan mati kembali atau masuk ke mode standby.

Penyebab dari kerusakan TV Polytron mati standby ini mungkin terletak pada solderan yang rusak pada bagian blok vertikal, blok horizontal, atau regulator sekunder +14.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mencoba untuk menyolder kembali bagian yang rusak, lalu mencoba untuk menyalakan TV kembali untuk memeriksa hasilnya.

Namun, jika gejala yang sama masih terjadi, Anda perlu memeriksa bagian Elco Protek. Selain itu, periksa juga tegangan saat TV dinyalakan. Jika tegangan B+ tidak normal, kemungkinan ada masalah pada flyback. Dalam hal ini, ganti flyback dengan tipe yang sama. Jika kerusakan masih belum teratasi, coba ganti bagian Elco Proteknya.

5. Kerusakan TV Polytron Crystaline Standby

Salah satu kerusakan yang sering terjadi pada TV Polytron, termasuk pada TV Polytron Crystaline, adalah saat dihidupkan, TV hanya menyala selama beberapa detik dan kemudian mati. Untuk mengatasi kerusakan ini, perlu dilakukan pengecekan pada beberapa bagian, seperti tegangan B+, blok vertikal, blok horizontal, dan elco proteknya.

Namun, berdasarkan referensi yang kami temukan, sebagian besar kerusakan disebabkan oleh elco yang kering. Setelah elco yang kering diganti, ternyata TV bisa nyala normal kembali.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan tentang lima kerusakan TV Polytron yang sering terjadi dan cara mengatasinya. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda dalam memperbaiki kerusakan pada TV Polytron yang Anda miliki.

Ingatlah bahwa tidak selalu harus membeli yang baru jika televisi lama Anda masih bisa diperbaiki dan kembali normal sesuai fungsinya. Dengan melakukan perbaikan, Anda dapat menghemat biaya dan juga membantu mengurangi limbah elektronik yang tidak terpakai. Terima kasih telah membaca dan semoga sukses dalam memperbaiki TV Polytron Anda!