Harga Xiaomi Redmi 9A Terbaru 2024 dan Spesifikasi

Redmi 9A

Fitur Unggulan


  • Layar 6,5 inci DotDrop Display yang lega
  • Hadir dengan MIUI 12 yang intuitif
  • Hasil kamera cukup bagus
  • Baterai 5000 mAh yang super awet
  • Memiliki slot khusus memori eksternal

Selengkapnya : Kelebihan dan Kekurangan Redmi 9A

Spesifikasi Redmi 9A

Umum
RilisJuli 2020
JaringanGSM, HSPA, LTE
SIM CardDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)

Body
Berat196 gram
Dimensi164,9 x 77,1 x 9 mm
Material-
WarnaCarbon Gray (Midnight Black), Sky Blue (Sea Blue), Ocean Green (Nature Green)

Layar
TipeIPS LCD
Ukuran6,53 inci, ~81,0% rasio layar ke body
Resolusi720 x 1600 piksel, rasio 20:9, ~269 ppi

Platform
OSAndroid 10, MIUI 12
ChipsetMediaTek MT6762G Helio G25 (12 nm)
CPUOcta-core (4x2.0 GHz Cortex-A53 & 4x1.5 GHz Cortex-A53)
GPUPowerVR GE8320

Memori
Internal2/32 GB, 3/32 GB, 4/64 GB, 4/128 GB, 6/128 GB
JeniseMMC 5.1
EksternalmicroSDXC

Kamera Belakang
Resolusi 13 MP, f/2.2, 28mm (wide), 1.0µm, PDAF
FiturLampu kilat LED, HDR
Video1080p @30/60fps

Kamera Depan
Resolusi5 MP, f/2.2, (lebar), 1,12µm
FiturHDR
Video1080p@30fps

Audio
SpeakerAda
Jack 3.5mmAda

Konektivitas
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth5.0, A2DP, LE
GPSA-GPS, GLONASS, BDS
RadioFM Radio
NFCTidak ada
USBmicroUSB 2.0, USB On-The-Go

Fitur
SensormicroUSB 2.0, USB On-The-Go
LainnyaTidak ada

Baterai
TipeLi-Po, non-removable
Kapasitas5.000 mAh
FiturTidak ada

Benchmark
AntutuInformasi tidak tersedia

Harga Redmi 9A

Harga
2/32 GB - Rp 1.000.000

Catatan: Informasi yang tercantum di atas mungkin tidak sepenuhnya akurat. Silakan hubungi kami jika anda menemukan kesalahan pada informasi di atas.

Selengkapnya Tentang Xiaomi Redmi 9A

Xiaomi Redmi 9A keluaran tahun berapa?

Redmi 9A dikenalkan di Indonesia pada bulan Agustus 2020, menambah gebyar di pasar ponsel pintar kelas entry-level. Kehadiran seri ini turut memperkaya persaingan di segmen tersebut.

Bagaimana desain Xiaomi Redmi 9A?

Ponsel Xiaomi Redmi 9A menampilkan desain yang sederhana dan modern dengan bodi berbahan plastik. Meskipun memiliki dimensi yang cukup tebal, yaitu 164,9 x 77,1 x 9 mm, dan bobot mencapai 196 gram, HP Xiaomi masih memberikan kenyamanan yang cukup saat digenggam.

Kelebihan ini disebabkan oleh adanya tekstur pada bagian belakang ponsel, meningkatkan kenyamanan pengguna saat memegangnya. Selain itu, tekstur tersebut juga membantu mencegah terjadinya jejak sidik jari atau tanda tangan tangan pada ponsel. Bagian belakang ponsel ini dilengkapi dengan kamera tunggal beresolusi 13 MP (f/2.2) yang ditempatkan di sudut kiri atas, berdekatan dengan lampu LED flash.

Untuk tombol, port, dan slot, Xiaomi menempatkan tombol volume dan power di sisi kanan. Sementara itu, di sisi kiri, terdapat triple slot SIM. Di bagian bawah ponsel, terdapat speaker, port MicroUSB, dan mikrofon.

Secara keseluruhan, meskipun masuk ke dalam kategori ponsel entry-level, ponsel ini memberikan kesan premium melalui desainnya yang menarik.

Xiaomi Redmi 9A tersedia warna apa saja?

Varian warna yang ditawarkan untuk HP ini sangat menarik. Tersedia Granite Gray, Sky Blue, dan Peacock Green, ketiganya membawa nuansa elegan dan futuristik yang mencerminkan kesan modern.

Apakah Redmi 9A tahan air dan debu?

Xiaomi Redmi 9A tidak dilengkapi dengan IP Rating, sehingga tidak memiliki ketahanan terhadap air dan debu.

Berapa inci ukuran layar Xiaomi Redmi 9A?

Layar Xiaomi Redmi 9A memiliki ukuran 6,53 inci dengan resolusi HD+ mencapai 720 x 1600 piksel. Walaupun resolusinya tergolong rendah, layar ini mampu memberikan tampilan gambar yang memadai untuk smartphone pada kelas harga entry-level.

Dengan panel IPS LCD, Redmi 9A menawarkan rasio layar 20:9 dan tingkat kecerahan tipikal sebesar 400 nits. Konten yang ditampilkan tampak cukup tajam dengan warna yang cerah. Namun, layar ini mungkin kurang ideal jika digunakan di bawah sinar matahari langsung.

Meskipun begitu, spesifikasi layarnya sudah mencakup teknologi Low Blue Light, memberikan perlindungan tambahan pada mata pengguna dari cahaya biru, terutama ketika menatap layar ponsel dalam jangka waktu yang lama.

Pengalaman menonton juga menjadi lebih memuaskan dengan layar yang terasa luas, berkat desain water drop notch yang diusungnya.

Berapa Hz refresh rate Redmi 9A?

Layar Xiaomi Redmi 9A dilengkapi dengan refresh rate 60 Hz, yang termasuk dalam kelas standar. Bila dibandingkan dengan refresh rate 120 Hz, refresh rate 60 Hz memiliki kualitas layar yang tidak sehalus dan responsif.

Apakah layar HP Redmi 9A dilengkapi Gorilla Glass?

Sayangnya, layar ponsel ini belum dilapisi dengan Gorilla Glass. Oleh karena itu, pengguna mungkin perlu lebih berhati-hati dalam penggunaannya agar layar ponsel tidak rentan terhadap goresan. Sebagai langkah perlindungan tambahan, pengguna dapat mempertimbangkan untuk menggunakan tempered glass.

Apakah hasil kamera Redmi 9A bagus?

Kualitas kamera pada Redmi 9A dapat dianggap standar karena konfigurasinya yang sederhana, menggunakan kamera tunggal dengan lensa 13 MP (f/2.2) 28mm (wide) untuk kamera utama dan lensa 5 MP (f/2.2) untuk kamera depan.

Meskipun begitu, hasil foto yang dihasilkan sudah cukup mendukung kegiatan sehari-hari. Untuk mendapatkan kualitas jepretan maksimal, dapat memanfaatkan LED Flash atau memotret dalam kondisi pencahayaan yang optimal.

Ponsel Xiaomi ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan yang dapat dimanfaatkan. Keberadaan fitur kecerdasan buatan (AI) pada kamera belakang dapat membuat warna pada foto terlihat lebih hidup.

Selain itu, pengalaman foto selfie dapat menjadi lebih canggih dengan teknologi Palm Shutter yang memungkinkan pengguna memotret dengan self-timer hanya dengan menunjukkan telapak tangan ke kamera. Fitur HDR juga hadir untuk membuat hasil foto selfie lebih tajam dan jelas.

Bagaimana kualitas perekaman video HP Redmi 9A?

Untuk kemampuan perekaman video, Redmi 9A dapat merekam hingga resolusi 1080p@30fps/60fps. Meskipun hasil rekaman videonya terlihat biasa saat diambil pada siang hari, kualitasnya mengalami penurunan ketika berada di lingkungan dengan minim cahaya. Disayangkan, kamera ini tidak dilengkapi dengan fitur Optical Image Stabilization (OIS) atau Electronic Image Stabilization (EIS), sehingga hasil video cenderung sedikit goyang.

Meskipun kualitasnya tidak sebaik ponsel dengan kemampuan merekam dalam resolusi 4K, setidaknya Redmi 9A mampu merekam gambar sehari-hari dengan cukup jelas.

Berapa kapasitas RAM Redmi 9A?

Redmi 9A hadir dalam dua varian, yaitu dengan RAM 2 GB dan RAM 3 GB. Meskipun kapasitasnya terbilang terbatas, hal ini masih dapat dimaklumi mengingat harganya yang terjangkau.

Sementara itu, untuk memori internal, Redmi 9A hanya memiliki kapasitas sebesar 32 GB. Tetapi, tidak perlu khawatir karena pengguna masih dapat memperluas kapasitas penyimpanannya yang terbatas tersebut dengan menggunakan slot memori eksternal microSD.

Apakah HP Redmi 9A ada fitur penambah RAM?

Namun sayangnya, smartphone Xiaomi ini tidak mendukung fitur penambahan kapasitas RAM. Meskipun kapasitas RAM 2 GB dan 3 GB dianggap standar, tetapi sudah mencukupi untuk menjalankan aktivitas ringan seperti bermain media sosial, menjelajahi internet, dan mendengarkan musik.

Sistem operasi apa yang dipakai Xiaomi Redmi 9A?

Redmi 9A beroperasi menggunakan sistem operasi Android 10 dengan antarmuka MIUI 12. Sistem operasi ini tetap menonjolkan desain yang sederhana dan menarik, memastikan setiap pengguna dapat mengoperasikan perangkat dengan mudah.

Android 10 MIUI 12 hadir dengan berbagai fitur yang bermanfaat. Dark Mode, misalnya, membantu menciptakan tampilan layar yang gelap, mengurangi ketegangan mata. Terdapat juga Gesture Navigation yang mempermudah navigasi antarmuka dan aplikasi dengan cepat. Fitur keamanan (Security) menjaga keamanan perangkat, sementara Focus Mode memungkinkan pengguna mematikan sementara aplikasi di HP untuk meningkatkan konsentrasi.

Redmi 9A support update MIUI berapa?

Xiaomi telah memasukkan Redmi 9A ke dalam periode End of Support (EO), sehingga ponsel dengan kapasitas RAM 2GB/3GB ini hanya akan menerima dukungan pembaruan perangkat lunak hingga Android 12 MIUI 13. Perangkat ini dipastikan tidak akan mendapatkan pembaruan ke Android 12 MIUI 14.

Xiaomi Redmi 9A pakai chipset apa?

Pada bagian kinerja, Redmi 9A mengandalkan chipset MediaTek Helio G25 (12 nm) yang berkolaborasi dengan GPU PowerVR GE8320 dan CPU Octa-core (4x2.0 GHz Cortex-A53 & 4x1.5 GHz Cortex-A53). Saat diluncurkan, chipset ini diumumkan memiliki kinerja yang handal serta mendukung pengalaman fotografi dan gaming yang lebih lancar.

Tidak hanya itu, MediaTek Helio G25 juga dikenal karena efisiensi daya yang lebih tinggi.

Apakah performa Redmi 9A bagus?

Dengan mempertimbangkan kelas harga yang ditawarkan, dukungan dari chipset Helio G25, GPU PowerVR GE8320, dan CPU Octa-core pada Redmi 9A membuatnya cukup memadai untuk aktivitas ringan. Untuk kegiatan standar seperti browsing dan penggunaan media sosial, pengguna mungkin tidak akan mengalami kendala atau lagging yang signifikan.

Namun, untuk aktivitas yang lebih berat, performa Redmi 9A dapat dianggap kurang optimal. Terlebih lagi, Redmi hanya menyediakan RAM sebesar 2 GB/3 GB dan memori internal 32 GB untuk seri ini.

Apakah HP Redmi 9A bisa main game berat?

Aktivitas gaming ringan masih dapat dinikmati dengan Redmi 9A. Namun, harap diingat bahwa tidak dapat diharapkan kinerjanya untuk memainkan game berat.

Kamu mungkin akan menghadapi kendala saat bermain game yang memiliki grafis tinggi dan frame drop bisa terjadi lebih sering. Jika niatmu adalah untuk memainkan game berat seperti PUBG Mobile, mungkin perlu menyesuaikan frame rate dan pengaturan grafis agar dapat bermain dengan lebih lancar.

Meskipun demikian, Redmi 9A dilengkapi dengan fitur HyperEngine yang meningkatkan pengalaman bermain game. Fitur ini akan mengoptimalkan seluruh performa ponsel, termasuk intelligent networking, display latency, dan peningkatan pergerakan layar sentuh untuk pengalaman bermain game yang lebih memukau.

Berapa mAh kapasitas baterai HP Redmi 9A?

Redmi 9A dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh yang dapat dianggap cukup besar. Menurut klaim, baterai ini mampu bertahan hingga 19 jam saat digunakan untuk streaming film dan 14 jam saat digunakan untuk bermain game.

Apakah Redmi 9A support fast charging?

Namun sayangnya, Redmi 9A belum dilengkapi dengan fitur pengisian daya cepat. Sehingga, proses pengisian dayanya akan memerlukan waktu yang cukup lama. Untuk mengisi daya baterai Redmi 9A yang berkapasitas 5000 mAh dari nol hingga penuh, dibutuhkan waktu sekitar 2 jam.

Charger HP Redmi 9A tipe apa?

Charger Redmi 9A menggunakan tipe Micro USB 2.0 OTG. Tipe Micro USB 2.0 memiliki kecepatan transfer 480 Mbps, yang lebih rendah dibandingkan dengan tipe 3.0 yang memiliki kecepatan transfer 5 Gbps.

Apakah Xiaomi Redmi 9A ada sidik jari?

Sayangnya, Redmi 9A tidak dilengkapi dengan sensor sidik jari, meskipun sebagian besar ponsel di kelasnya sudah menyematkan fitur tersebut. Namun, untuk mengatasi keterbatasan ini, Redmi telah menyediakan fitur AI Face Unlock.

Redmi 9A apakah dual SIM?

Ya, Xiaomi Redmi 9A mendukung penggunaan dual SIM dengan tipe Nano SIM. Dengan fitur ini, pengguna dapat menggunakan dua kartu secara bersamaan untuk memudahkan berkomunikasi.

Apakah Redmi 9A sudah 4G?

Iya, Xiaomi Redmi 9A telah mendukung jaringan 4G LTE untuk akses internet yang lebih cepat. Untuk mendukung konektivitas, perangkat ini dilengkapi dengan Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth versi 5.0, dan fitur GPS, GLONASS, serta BDS.

Apakah HP Redmi 9A support OTG?

Ya, Redmi 9A mendukung fitur OTG dan dapat dihubungkan langsung ke port micro USB yang terletak di bagian bawah ponsel ini.

Apakah Xiaomi Redmi 9A bisa dijadikan remote TV?

Tidak, Redmi 9A dari Xiaomi tidak memiliki fitur IR Blaster, sehingga tidak dapat berfungsi sebagai remote TV.

Apakah Xiaomi Redmi 9A bisa layar split?

Iya, ponsel Redmi seri 9A mendukung fitur split screen. Namun, pengguna harus mengaktifkan aplikasi Split Screen Shortcut terlebih dahulu dengan mengunduhnya melalui Play Store. Setelah diaktifkan, baru pengguna dapat membuka dua aplikasi sekaligus dalam satu layar.

Apakah HP Redmi 9A bekas masih layak untuk dibeli?

Xiaomi Redmi 9A bekas masih menjadi opsi yang layak untuk dibeli karena menawarkan harga yang lebih terjangkau. Selain itu, spesifikasi Redmi 9A ini masih cukup mampu memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Kamera 13 MP dan kemampuan perekaman video dengan resolusi 1080p@30fps yang dimilikinya masih dapat diandalkan. Memori internal sebesar 32 GB juga dapat diperluas dengan menggunakan kartu memori eksternal, sehingga pengguna tidak perlu khawatir tentang penyimpanan foto, video, atau file lainnya.

Membeli Redmi 9A bekas juga merupakan pilihan yang baik karena ponsel ini tetap dapat digunakan untuk kegiatan bersosial media, chatting, hingga gaming ringan. Kapasitas baterai yang besar hingga 5.000 mAh juga menawarkan daya tahan yang lama.

Apakah harga HP Redmi 9A terjangkau?

Pada peluncurannya, Redmi 9A dalam varian RAM 2GB/32GB atau RAM 3GB/32GB dihargai dengan sangat terjangkau. Cocok bagi mereka yang memiliki anggaran terbatas namun menginginkan perangkat yang nyaman untuk digunakan dalam kegiatan sehari-hari.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.