Cara Verifikasi Ulang BCA Mobile di Menu About, Ribet atau Tidak?

Cara Verifikasi Ulang di BCA Mobile

Keberadaan aplikasi BCA Mobile sangat membantu para nasabah dalam melakukan berbagai transaksi, pengecekan saldo, dan melihat mutasi rekening. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi para nasabah untuk mengaktifkan layanan mobile banking BCA.

Proses pengaktifan dan verifikasi sangatlah mudah. Untuk mengaktifkannya, Anda hanya perlu pergi ke ATM BCA terdekat dan mendaftar untuk layanan m-banking melalui mesin ATM.

Beberapa hari yang lalu, saya mengalami permintaan verifikasi ulang pada aplikasi BCA Mobile karena muncul pesan error "191 - Data tidak sesuai. Silakan lakukan verifikasi ulang BCA Mobile melalui menu About."

Pengguna lain juga melaporkan error "101 - SIM Card yang digunakan tidak sesuai. Silakan gunakan SIM Card yang digunakan saat aktivasi atau lakukan verifikasi ulang melalui fitur Verifikasi Ulang BCA Mobile pada menu About."

Pesan error ini menyebabkan aplikasi BCA Mobile tidak dapat diakses. Kemungkinan hal ini terjadi karena aplikasi tidak dapat membaca nomor hp dengan baik, sehingga perlu dilakukan verifikasi ulang melalui SMS ke nomor hp yang terdaftar.

Saya kemudian melakukan verifikasi ulang dengan mengikuti langkah-langkah yang diberikan dan berhasil melakukan verifikasi tanpa mengalami masalah. Tidak diperlukan proses instalasi ulang atau menghapus data aplikasi.

Bagaimana caranya? Berikut ini adalah penjelasan mengenai cara verifikasi ulang BCA Mobile melalui menu About.

Cara Verifikasi Ulang BCA Mobile di Menu About

Sebelumnya, pastikan bahwa ponsel Anda terhubung ke internet dengan lancar dan memiliki pulsa untuk mengirim SMS verifikasi. Kartu SIM dengan nomor telepon yang digunakan untuk verifikasi juga harus berada di slot 1.

Pastikan juga untuk menyiapkan kartu ATM BCA karena Anda akan diminta memasukkan 16 digit nomor kartu ATM BCA.

Jika semuanya sudah siap, ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan verifikasi ulang BCA Mobile melalui menu About:

  1. Buka aplikasi BCA Mobile yang terbaru.
  2. Ketuk ikon About (i) yang berada di bagian kanan atas.
  3. Selanjutnya, ketuk tombol "Verifikasi Ulang".
  4. Masukkan 16 digit angka yang tertera pada kartu ATM BCA Anda, lalu ketuk OK.
  5. Aplikasi SMS akan terbuka secara otomatis dan sudah terisi template pesan untuk mengirim SMS verifikasi, ketuk "Kirim" untuk mengirimkan SMS verifikasi.
  6. Kembali ke aplikasi BCA Mobile dan buatlah kode akses untuk login. Kode akses dapat sama dengan yang sebelumnya atau Anda dapat membuat yang baru.
  7. Setelah berhasil melakukan verifikasi ulang, Anda akan diarahkan ke halaman utama m-BCA. Sekarang, Anda dapat menggunakan BCA Mobile seperti biasa.

4 Penyebab Gagal Verifikasi BCA Mobile

Mungkin beberapa dari Anda mengalami kegagalan dalam proses verifikasi BCA Mobile. Berikut adalah beberapa penyebab yang perlu Anda ketahui:

1. Aplikasi BCA Mobile Belum Diperbarui

Aplikasi yang sudah kedaluwarsa atau belum diperbarui juga dapat menjadi penyebab kegagalan verifikasi ulang BCA Mobile. Ini bisa mengakibatkan munculnya bug atau error. Setiap aplikasi online umumnya memerlukan pembaruan berkala untuk meningkatkan kinerja, keamanan, dan mengatasi bug.

2. Tidak Memiliki Pulsa Reguler

Untuk melakukan verifikasi BCA Mobile, Anda perlu menggunakan pulsa. Pastikan untuk mengisi pulsa terlebih dahulu sebelum memulai proses verifikasi.

3. Koneksi Internet Tidak Lancar

Selain pulsa, koneksi internet juga harus baik dan stabil. Pastikan koneksi internet tetap terjaga selama proses verifikasi. Pengalaman menunjukkan bahwa sebaiknya menggunakan koneksi internet dari ponsel daripada menggunakan Wi-Fi, walaupun koneksi Wi-Fi lancar, namun bisa mengakibatkan kegagalan proses verifikasi.

4. Penggunaan Dual SIM

Kegagalan verifikasi juga bisa terjadi karena penggunaan dual SIM. BCA Mobile mungkin gagal mengirimkan SMS verifikasi ke server karena ada dua nomor HP yang tersedia. Jika ponsel Anda menggunakan dual SIM, disarankan untuk menonaktifkan SIM 2. Jika perlu, SIM 2 dapat dicabut terlebih dahulu. Pastikan kartu atau nomor HP yang akan digunakan untuk verifikasi dipasang di slot 1.

Tips Aman Verifikasi Ulang BCA Mobile

Berikut adalah beberapa tips aman untuk melakukan verifikasi di BCA Mobile:

1. Unduh aplikasi resmi

Pastikan Anda hanya mengunduh aplikasi BCA Mobile dari sumber resmi, seperti Google Play Store atau App Store. Hindari mengunduh aplikasi dari sumber yang tidak dikenal, karena dapat berpotensi mencurigakan dan berisiko terhadap keamanan data Anda.

2. Perbarui aplikasi secara teratur

Pastikan Anda selalu menggunakan versi terbaru dari BCA Mobile. Perbarui aplikasi secara berkala untuk memastikan keamanan Anda terjaga, karena pembaruan sering kali mencakup perbaikan keamanan yang penting.

3. Jaga kerahasiaan informasi pribadi

Saat melakukan verifikasi di BCA Mobile, pastikan untuk menjaga kerahasiaan informasi pribadi Anda. Jangan berbagi PIN, kata sandi, atau data pribadi lainnya dengan orang lain. BCA tidak akan pernah meminta informasi pribadi Anda melalui email, telepon, atau pesan teks.

4. Gunakan koneksi yang aman

Pastikan Anda menggunakan koneksi internet yang aman saat menggunakan BCA Mobile. Hindari menggunakan jaringan Wi-Fi publik yang tidak terenkripsi, karena dapat memungkinkan pihak yang tidak bertanggung jawab untuk mengakses data Anda. Lebih baik menggunakan jaringan seluler atau jaringan Wi-Fi yang aman dan terpercaya.

5. Aktifkan fitur keamanan tambahan

BCA Mobile menyediakan beberapa fitur keamanan tambahan, seperti penggunaan PIN atau sidik jari untuk mengakses aplikasi. Aktifkan fitur keamanan ini untuk menjaga keamanan data dan mencegah akses yang tidak sah.

6. Periksa riwayat transaksi secara berkala

Selalu periksa riwayat transaksi Anda secara berkala untuk memantau aktivitas yang mencurigakan. Jika Anda menemukan transaksi yang tidak sah atau mencurigakan, segera laporkan ke pihak bank untuk tindakan lebih lanjut.

7. Jaga keamanan perangkat

Pastikan perangkat Anda dilengkapi dengan perlindungan keamanan yang memadai, seperti antivirus dan firewall. Selalu perbarui sistem operasi dan aplikasi perangkat Anda dengan versi terbaru untuk mengatasi kerentanan keamanan yang diketahui.

8. Hati-hati terhadap phising dan penipuan

Waspadai upaya phising dan penipuan yang mencoba memperoleh informasi pribadi atau rahasia Anda. Jangan mengklik tautan yang mencurigakan atau merespons email, pesan teks, atau telepon yang meminta informasi sensitif.

Akhir Kata

Itulah langkah-langkah cara verifikasi ulang BCA Mobile di menu About. Sekarang, Anda dapat masuk dan mengakses semua layanan yang tersedia di aplikasi BCA Mobile.

Selain metode di atas, Anda juga dapat melakukan verifikasi ulang dengan menghapus aplikasi BCA terlebih dahulu dan menginstal kembali dengan versi aplikasi yang lebih baru. Alternatif lainnya adalah menghapus semua data aplikasi BCA, kemudian mendaftar ulang.

Jika semua upaya tersebut belum berhasil, disarankan untuk mengunjungi kantor BCA terdekat dan meminta bantuan dari customer service. Beritahu mereka bahwa aplikasi BCA Mobile mengalami masalah.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.