Cara Menghitung Bunga Pinjaman Bank BRI (Flat dan Efektif)

Cara Menghitung Bunga Pinjaman Bank BRI

Mendapatkan modal yang cukup besar untuk kebutuhan bisnis Anda dapat dilakukan melalui pinjaman dari Bank BRI. Selain cara dan proses yang mudah, suku bunga yang ditetapkan pun tidak akan memberatkan usaha Anda.

Tidak hanya diperuntukkan untuk skala besar, Bank BRI juga menyediakan pinjaman dengan skala kecil dan terbuka untuk semua kalangan.

Agar dapat memastikan bahwa Bank BRI merupakan pilihan yang tepat untuk Anda mendapatkan pinjaman, Anda dapat mencari tahu mengenai persyaratan serta suku bunga yang diterapkan.

Untuk mengetahui jumlah bunga yang akan Anda tanggung dan bayarkan saat pengembalian, Anda juga perlu memahami cara menghitung bunga pinjaman kur dari Bank BRI, walaupun pihak bank akan memberikan informasi transparan mengenai tagihan yang harus Anda bayar.

Berapa Persen Bunga Pinjaman Bank BRI?

Suku bunga yang ditawarkan oleh pihak bank dapat mengalami perubahan setiap tahunnya, tergantung pada kebijakan yang dikeluarkan dan menyesuaikan dengan kondisi perekonomian Indonesia.

Sebelum mengajukan pinjaman, penting untuk mengetahui cara menghitung bunga pinjaman dari Bank BRI. Pada tanggal 31 Desember 2021, suku bunga untuk kredit konsumsi atau KPR ditetapkan sebesar 7,25 persen, sedangkan untuk kredit konsumsi non-KPR sebesar 8,75 persen. Sementara itu, suku bunga untuk kredit korporasi adalah 8 persen, kredit ritel 8,25 persen, dan kredit mikro sebesar 14 persen.

Cara Menghitung Bunga Pinjaman Bank BRI

Terdapat dua metode perhitungan bunga pinjaman Bank BRI, yaitu dengan suku bunga flat dan metode suku bunga efektif. Suku bunga flat diterapkan pada kredit tanpa agunan, seperti kredit kendaraan bermotor dan KUR BRI mikro.

Sedangkan pada metode suku bunga efektif, perhitungan bunga akan berbeda dengan suku bunga yang tetap. Dalam suku bunga efektif, angsuran pokok dan bunga akan terus berkurang setiap bulan, sementara pada suku bunga tetap, nilai tagihan untuk suku bunganya akan tetap.

Berikut adalah cara menghitung bunga pinjaman Bank BRI berdasarkan jenis suku bunga yang perlu Anda ketahui.

1. Suku Bunga Flat

Rumus yang dapat digunakan untuk mencari suku bunga flat adalah dengan mengalikan jumlah pinjaman dengan persentase bunga tahunan dan kemudian hasilnya dibagi oleh 12 bulan.

Contoh:

Diketahui Bu Ani meminjam dana di Bank dengan rincian sebagai berikut

Pokok pinjaman: Rp 12.000.000,00

Bunga per tahun: 6%

Tenor pinjaman: 12 bulan

Jenis bunga: Flat

Maka, jika dimasukkan ke dalam rumus, perhitungannya adalah sebagai berikut

Bunga: (Rp 12.000.000,00 X 6%) : 12 = Rp 60.000,00

Cicilan pokok: Rp 12.000.000,00 : 12 = Rp 1.000.000,00

Dari perhitungan tersebut, didapatkan bahwa cicilan yang harus dibayar oleh Bu Ani setiap bulannya adalah sebesar Rp 1.060.000,00, dengan bunga sebesar Rp 60.000,00.

2. Suku Bunga Efektif

Rumus yang digunakan untuk menghitung suku bunga efektif adalah dengan mengalikan saldo pinjaman terakhir dengan persentase suku bunga tahunan, lalu hasilnya dibagi oleh 12 bulan.

Contoh:

Bu Ani mengajukan pinjaman dana ke bank dengan rincian sebagai berikut

Pokok pinjaman: Rp 12.000.000,00

Bunga per tahun: 6%

Tenor pinjaman: 12 bulan

Jenis bunga: Efektif

Maka, jika dimasukkan ke dalam rumus, perhitungannya adalah sebagai berikut

Bunga: (Rp 12.000.000,00 X 6%) : 12 = Rp 60.000,00

Cicilan pokok: Rp 12.000.000,00 : 12 = Rp 1.000.000,00

Angsuran bulan pertama: Rp 1.000.000,00 + Rp 60.000,00 = Rp 1.060.000,00

Untuk angsuran kedua, jumlahnya akan berbeda dengan angsuran pertama karena sisa cicilan pokok akan dihitung ulang menjadi Rp 12.000.000,00 – Rp 1.000.000,00 = Rp 11.000.000,00.

Persyaratan Pinjaman Uang di Bank BRI

Beberapa persyaratan yang perlu dipersiapkan ketika Anda memutuskan untuk mengambil pinjaman BRI antara lain adalah fotokopi KTP, fotokopi KK, slip gaji, fotokopi tabungan BRI, pas foto suami istri bagi yang sudah menikah, surat rekomendasi dari atasan debitur, serta formulir permohonan pinjaman BRIguna muda.

Untuk mengajukan formulir permohonan pinjaman BRIguna muda, Anda perlu datang langsung ke kantor cabang BRI terdekat untuk mengisi formulir sesuai dengan jenis pinjaman yang akan diajukan.

Setelah pengisian formulir, langkah selanjutnya adalah melengkapi semua persyaratan, dan akan dilakukan verifikasi terhadap pengajuan pinjaman oleh pihak Bank BRI. Jika verifikasi berhasil, maka kredit sudah disetujui dan dilanjutkan dengan penandatanganan kontrak, serta menunggu proses pencairan dana.

Demikianlah informasi mengenai cara menghitung bunga pinjaman di Bank BRI, persentase suku bunga, dan persyaratan pinjaman uang. Dengan adanya informasi singkat ini, diharapkan dapat memberikan bantuan bagi Anda yang berencana atau sedang dalam proses meminjam uang dari Bank BRI.

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.