4 Cara Screenshot Realme 8, 8 Pro dan 8 5G

Cara Screenshot Realme 8, 8 Pro dan 8 5G

Selain membawa peningkatan pada aspek kamera dan performa, Realme 8 dan Realme 8 Pro juga hadir dengan fitur tangkapan layar baru. Pada kesempatan ini, Rancah Post akan memberikan panduan lengkap tentang cara mengambil tangkapan layar di Realme 8 dan Realme 8 Pro.

Jadi, cara mengambil tangkapan layar di ponsel penerus dari Realme 7 dan Realme 7 Pro ini dapat dilakukan melalui beberapa metode, yaitu dengan kombinasi tombol fisik, fitur Cuplikan Layar di bilah notifikasi, gestur tiga jari, dan Smart Sidebar.

Agar Anda tidak penasaran, mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Baca juga : Cara Screenshot di HP Realme C33 Praktis dan Cepat

Cara Screenshot Realme 8

Menggunakan Tombol Fisik

Meskipun metodenya terbilang sudah cukup lama, pengambilan tangkapan layar dengan menggunakan kombinasi tombol fisik tetap menjadi pilihan utama bagi para pengguna smartphone Android di Indonesia.

Hal ini karena cara ini bekerja di semua ponsel Android selama tombol daya dan tombol volume pada perangkat berfungsi dengan baik.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka area layar yang ingin Anda tangkap.

2. Setelah menentukan area, tekan dan tahan tombol Volume Bawah + Power secara bersamaan.

3. Ketika layar berkedip, lepaskan kedua tombol tersebut. Kemudian, Anda dapat mengecek hasil tangkapan layar Anda di notifikasi atau melalui aplikasi Galeri.

Tanpa Menggunakan Tombol

Jika suatu saat tombol pengatur volume atau tombol daya di ponsel Realme 8 Anda mengalami masalah sehingga tidak dapat digunakan untuk mengambil tangkapan layar, maka solusinya adalah menggunakan fitur Cuplikan Layar.

Cara penggunaan fitur ini sangat mudah, Anda hanya perlu mengusap layar dari atas ke bawah, seperti saat Anda ingin mengaktifkan WiFi atau Hotspot.

Setelah itu, cari opsi "Cuplikan Layar" dan melalui menu ini, Anda dapat mengambil tangkapan layar tanpa perlu menyentuh tombol fisik.

Melalui Fitur Smart Sidebar

Cara mengambil tangkapan layar di Realme 8 dan Realme 8 Pro berikutnya adalah dengan menggunakan fitur Smart Sidebar.

Perhatikan dengan cermat pada sisi kiri atau sisi kanan layar ponsel Realme 8 Anda apakah ada garis berwarna putih atau tidak.

Jika Anda melihat garis tersebut, Anda dapat menariknya, dan secara otomatis akan muncul beberapa menu yang dapat dipilih, termasuk aplikasi terakhir yang dibuka, Screenshot, Perekaman Layar, Tema, dan banyak lainnya.

Sebaliknya, jika fitur Smart Sidebar belum muncul, Anda perlu mengaktifkannya terlebih dahulu. Buka menu "Pengaturan", kemudian pilih "Alat Praktis", dan cari opsi "Bilah Samping Cerdas", lalu aktifkan fitur tersebut.

Baca juga : Cara Mengaktifkan Mode Daya Rendah Agar Lebih Hemat Baterai

Menggunakan 3 Jari

Ini adalah fitur tangkapan layar canggih yang biasa ditemukan di ponsel-ponsel terbaru. Biasanya, fitur tangkapan layar dengan tiga jari ini akan otomatis aktif sejak pertama kali ponsel dihidupkan.

Sesuai dengan namanya, proses pengambilan tangkapan layar dengan cara ini melibatkan tiga jari, yaitu menggunakan bagian telapak dari jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis.

Caranya adalah dengan menempelkan ketiga jari Anda ke layar dan perlahan-lahan mengusapkannya ke bawah. Layar akan berkedip, dan itulah tanda bahwa tangkapan layar telah berhasil diambil.

Selain empat metode di atas, Anda juga dapat mengambil tangkapan layar di Realme 8 dan Realme 8 Pro dengan bantuan Google Assistant atau dengan menginstal aplikasi tangkapan layar pihak ketiga.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.