Cara Screenshot Samsung Galaxy M53 5G Panjang, Gesture 3 Jari

Cara Screenshot HP Samsung Galaxy M53

Samsung Galaxy M53 5G adalah salah satu ponsel dalam lineup Samsung dengan harga menengah. Ponsel ini dilengkapi dengan spesifikasi yang bagus, sebagaimana yang biasa ditemui di seri M lainnya dari Samsung.

Seperti yang sudah kita ketahui, ponsel Samsung Android memiliki beragam fitur. Berbagai fitur dasar dan canggih tersedia di semua ponsel mereka.

Salah satu di antaranya adalah fitur tangkapan layar atau screenshot. Pengguna Samsung Android memiliki beberapa opsi untuk melakukan tangkapan layar yang dapat mereka pilih.

Pengguna dapat menggunakan cara klasik untuk mengambil tangkapan layar, seperti kombinasi tombol power dan volume up. Di sisi lain, ada juga metode yang lebih modern seperti menggunakan gestur untuk mengambil screenshot.

Ada beberapa opsi yang tersedia untuk mengambil screenshot di Samsung Galaxy M53 yang dapat Anda pilih. Setidaknya ada empat cara yang berbeda, bahkan pengguna dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar panjang pada ponsel ini.

Baca juga : Cara Screenshot Panjang di HP Samsung Tanpa Aplikasi

Cara Screenshot di HP Galaxy M53 5G

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pengguna Samsung Galaxy M53 memiliki beragam opsi untuk mengambil tangkapan layar (screenshot). Jika Anda ingin tetap up-to-date, disarankan untuk menggunakan cara modern seperti menggunakan gestur.

Namun, Anda juga memiliki opsi untuk mengambil tangkapan layar dengan tiga jari untuk meningkatkan kecepatan. Kali ini, kami akan membagikan beberapa cara mudah yang dapat Anda pilih untuk mengambil tangkapan layar di Samsung M53.

1. Tombol Fisik

Menggunakan tombol untuk mengambil tangkapan layar adalah cara yang paling mudah dan klasik. Namun, metode ini dianggap sudah agak ketinggalan zaman, mengingat pengguna hanya perlu menekan kombinasi tombol daya dan volume untuk mengambil screenshot.

  • Tekan Tombol Power + Volume UP secara bersamaan.

Dengan menekan tombol volume naik dan tombol daya secara bersamaan, Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar. Hasil tangkapan layar ini akan secara otomatis tersimpan di galeri ponsel Samsung M53 Anda.

2. Screenshot Panjang

Anda juga dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar panjang di ponsel Samsung Anda. Namun, ada beberapa langkah khusus yang perlu Anda ketahui dan Anda harus mengaktifkan beberapa menu terlebih dahulu.

Berikut adalah panduannya:

  • Buka Pengaturan dan pilih menu Fitur Lanjutan.
  • Selanjutnya, pilih menu Gambar Layar dan Perekam Layar.
  • Aktifkan Bilah Alat Gambar Layar atau Screenshot Toolbar.

Setelah Anda mengaktifkan menu ini, Anda dapat mengambil tangkapan layar panjang dengan cara berikut:

  • Tekan kombinasi tombol yang terdiri dari Tombol Volume Bawah dan Tombol Power. Anda harus menekan keduanya secara bersamaan, dan ini akan mengambil screenshot.
  • Setelah proses pengambilan screenshot berhasil, Screenshot Toolbar akan muncul. Untuk mengambil tangkapan layar panjang, klik Tombol Anak Panah Ke Bawah. Ini akan menampilkan pratinjau hasil tangkapan layar di sisi layar.
  • Kemudian, klik lagi tombol anak panah tersebut sesuai dengan seberapa panjang Anda ingin tangkapan layar. Semakin banyak Anda mengklik tombol anak panah tersebut, semakin panjang hasil tangkapan layar yang Anda dapatkan. Setelah selesai, hasil tangkapan layar akan otomatis tersimpan di galeri.

Cara mengambil tangkapan layar panjang di Samsung M53 sama dengan cara yang berlaku untuk ponsel Samsung lainnya. Anda dapat menggunakan metode ini pada semua jenis ponsel Samsung Galaxy, baik yang lama maupun yang baru.

3. Screenshot Mengambang

Opsi lain adalah dengan menggunakan gerakan mengambang di atas layar ponsel Samsung. Anda dapat memilih opsi ini untuk mengambil tangkapan layar, tetapi pastikan untuk mengaktifkan menu gesture terlebih dahulu di pengaturan.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka menu Pengaturan.
  • Pilih Fitur Lanjutan yang terletak di bagian bawah.
  • Selanjutnya, pilih Gerakan dan Gesture.
  • Aktifkan menu Usapkan Telapak Tangan Untuk Mengambil.

Setelah Anda mengaktifkan fitur gesture ini, Anda dapat mengambil tangkapan layar hanya dengan melakukan gerakan mengusap di atas layar ponsel, tanpa harus menyentuhnya.

Untuk menonaktifkan fitur ini, Anda dapat menggunakan langkah-langkah yang sama dengan cara yang berlawanan di pengaturan.

Baca juga : Cara Mengatasi Sinar Inframerah Terhalangi di HP Vivo Semua Tipe

4. Quick Navigasi

Cara yang paling mudah untuk mengambil tangkapan layar adalah dengan menggunakan tombol navigasi cepat. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Tarik layar ponsel dari atas ke bawah, dan banyak pilihan menu akan muncul.
  • Pilih menu atau ikon Screenshot.

Dengan melakukan ini, ponsel akan secara otomatis mengambil tangkapan layar dan menyimpannya di galeri ponsel Anda. Ini adalah opsi yang dianggap sebagai cara paling mudah untuk mengambil tangkapan layar, menurut saran dari Projektino, dan Anda dapat mengaplikasikannya dengan cepat.

Dari keempat metode di atas, silakan pilih cara yang menurut Anda paling mudah dan paling cocok untuk digunakan saat mengambil tangkapan layar.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.