Tanpa Ribet! Begini 4 Cara Screenshot Realme 7, 7i dan 7 Pro

Cara Screenshot Realme 7, 7i dan 7 Pro

Realme baru-baru ini merilis smartphone terbarunya dengan fitur canggih dan spesifikasi yang mereka tawarkan pada kuartal ketiga tahun ini. Harganya terjangkau, berkisar antara Rp3 juta hingga Rp4 jutaan. Smartphone-smartphone tersebut adalah Realme 7, Realme 7 Pro, dan Realme 7i. Realme 7 dan 7 Pro ditujukan untuk pasar kelas menengah, sementara Realme 7i lebih ditujukan untuk kelas entry level.

Meskipun mereka berbeda dalam tingkatan, ketiganya memiliki antarmuka RealmeUI / RUI yang baru, berbasis pada Android Q 10.0. Di dalamnya, selain berbagai fitur terbaru, terdapat juga fitur tangkapan layar atau screenshot untuk menyimpan gambaran layar. Untuk seri Realme 7 ini, setidaknya ada 4 pilihan cara pengambilan screenshot. Pertama, menggunakan tombol fisik dengan 2 jari, kedua, tanpa tombol dengan usapan 3 jari, smart sidebar, dan terakhir adalah screenshot panjang atau long screenshot.

Screenshot, yang juga dikenal sebagai screen capture, pada dasarnya adalah mengambil tangkapan gambar dari tampilan layar yang kemudian disimpan sebagai gambar (ditempatkan di galeri). Gambar ini dapat digunakan sebagai dokumentasi, bukti, dibagikan ke media sosial, dan sebagainya.

Jadi, bagi yang masih bingung tentang cara mengambil screenshot pada seri Realme 7 ini, kami akan memberikan panduan lengkapnya. Kami akan menjelaskan mulai dari penggunaan tombol fisik dengan 2 jari, metode tanpa tombol, hingga cara mengambil screenshot panjang.

Baca juga : Cara Screenshot Realme C30 Paling Mudah

Cara Screenshot di Realme 7 Series

Menggunakan Tombol 2 Jari

Cara pertama yang paling sederhana dan umum digunakan adalah dengan menggunakan tombol fisik menggunakan dua jari. Caranya adalah dengan menekan tombol Daya (Power) dan tombol Volume Bawah secara bersamaan atau menekannya dan menahannya selama sekitar 2 detik.

Ketika proses pengambilan tangkapan layar berhasil, layar akan berkedip, diikuti oleh suara seperti jepretan kamera, dan akan muncul pratinjau di sisi kiri layar. Pratinjau tersebut berisi beberapa opsi, seperti edit, bagikan, potong, tangkapan layar panjang, dan sebagainya.

Sayangnya, penggunaan metode ini dengan tombol 2 jari, meskipun mudah dan praktis, dapat mengakibatkan kerusakan pada tombol Daya dan tombol Volume jika sering digunakan. Untuk menghindari masalah ini, sebaiknya Anda menggunakan metode tangkapan layar tanpa tombol (tanpa perlu menginstal aplikasi).

Tanpa Menggunakan Tombol

Saat ini, antarmuka Realme UI yang digunakan pada Realme 7, 7 Pro, dan 7i hanya menawarkan dua opsi untuk tangkapan layar tanpa tombol. Dua opsi tersebut adalah usap layar 3 jari (3-finger screenshot) dan pintasan pintar smart sidebar.

Secara bawaan, biasanya kedua fitur ini belum aktif. Untuk mengaktifkannya, Anda perlu mengikuti langkah-langkah berikut di menu pengaturan:

  1. Buka menu "Pengaturan" pada ponsel Anda.
  2. Selanjutnya, cari dan pilih opsi "Sistem & Pengaturan" (System & Settings).
  3. Di dalam "Sistem & Pengaturan", cari dan pilih "Aksesibilitas" (Accessibility).
  4. Kemudian, pilih "Gerakan & Gestur" (Gestures & Motions).
  5. Di sini, Anda akan menemukan opsi "3-Finger Screenshot" dan "Smart Sidebar." Aktifkan kedua opsi ini dengan menggeser tombolnya ke posisi "Aktif" atau "On".

Setelah mengaktifkan kedua opsi ini, Anda akan dapat menggunakan metode usap layar 3 jari dan smart sidebar untuk mengambil tangkapan layar tanpa harus menggunakan tombol fisik.

Baca juga : Cara Scan Barcode Kode QR di iPhone (GMaps, WiFi, WA)

Screenshot Panjang Realme 7 Series

Selain opsi tangkapan layar standar, Realme 7, 7 Pro, dan 7i juga dilengkapi dengan fitur tangkapan layar panjang yang memungkinkan Anda untuk mengambil dan menyimpan tangkapan layar yang memanjang ke bawah. Untuk menggunakan fitur ini, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama, ambil tangkapan layar menggunakan salah satu dari tiga metode yang telah dijelaskan sebelumnya (tombol fisik 2 jari, usap layar, atau smart sidebar).
  2. Setelah tangkapan layar berhasil diambil, Anda akan melihat "Pratinjau / Cuplikan" di sisi kiri layar. Ketuk atau buka pratinjau tersebut.
  3. Pilih opsi "Tangkapan Layar Panjang" (Long Screenshot).
  4. Setelah itu, gulirkan layar ke bawah hingga mencapai area yang ingin Anda tangkap secara panjang.
  5. Setelah selesai, ketuk "Selesai" (Done) untuk menyimpan hasil tangkapan panjang tersebut.

Demikianlah langkah-langkahnya. Mengambil tangkapan layar pada HP Realme 7, 7i, dan 7 Pro menjadi lebih mudah dengan fitur-fitur ini. Selamat mencoba, dan semoga berhasil. Terima kasih atas kunjungannya, dan sampai jumpa di tutorial tangkapan layar HP Android selanjutnya. Salam!

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.