Simak 4 Cara Screenshot di Oppo A12 Panjang, Gesture dan Tombol

Cara Screenshot Oppo A12

Screenshot adalah salah satu fitur wajib yang ada pada ponsel Android untuk mengambil tangkapan layar, dan salah satunya adalah pada ponsel Oppo, seperti Cara Screenshot Oppo A12. Proses ini relatif mudah.

Oppo adalah salah satu merek ponsel yang secara konsisten merilis model-model baru setiap bulan. Salah satunya adalah Oppo A12, sebuah ponsel cerdas dengan spesifikasi menarik yang dijual dengan harga sekitar 1,7 jutaan.

Meskipun termasuk dalam kategori ponsel dengan harga terjangkau, Oppo A12 memiliki nilai jual yang tinggi berkat berbagai keunggulan yang ditawarkannya. Ponsel ini hadir dengan kapasitas baterai besar, layar yang luas, performa yang mumpuni, dan kamera yang baik, yang membuatnya menjadi salah satu pilihan yang menarik di pasar.

Seperti pada ponsel Android umumnya, Oppo A12 juga dilengkapi dengan fitur wajib, termasuk fitur Screenshot atau tangkapan layar. Untuk menggunakan fitur ini, pengguna Oppo dapat mengikuti beberapa cara yang mudah, seperti mengombinasikan tombol fisik.

Meskipun mengambil screenshot cukup sederhana, pengguna yang baru pertama kali menggunakan ponsel mungkin perlu waktu untuk menguasai semua fitur yang tersedia. Cara Screenshot Oppo A12, mirip dengan Cara Screenshot Vivo Y12, sangat mudah untuk dipelajari.

Baca juga : Cara Screenshot OPPO Find X5 Pro Panjang, Tiga Jari dan Tombol

Cara Screenshot di HP OPPO A12

Terdapat beberapa cara untuk mengambil screenshot di Oppo A12, dan salah satu cara yang paling mudah adalah menggunakan tombol fisik yang terdapat pada ponsel ini. Anda dapat menggunakan kombinasi tombol power dan volume bawah.

Namun, terdapat juga cara yang lebih modern seperti menggunakan Quick Gesture atau bahkan mengambil Screenshot Panjang di Oppo A12. Untuk informasi lebih lanjut, silakan simak penjelasan berikut ini dan pilih metode yang menurut Anda paling mudah.

1. Tombol Fisik

Salah satu cara paling sederhana untuk mengambil screenshot, meskipun dianggap klasik, adalah dengan menggabungkan tombol fisik, yaitu tombol Power dan tombol Volume Down. Cara ini sangat mudah, hanya perlu menekan kedua tombol secara bersamaan.

  • Tekan tombol Volume Bawah + tombol Power secara bersamaan

Dengan hanya melakukan langkah ini, Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot di Oppo A12. Metode ini adalah cara yang sederhana dan efisien, cocok untuk pengguna yang ingin mengambil tangkapan layar tanpa ribet.

2. Gestur 3 Jari

Cara mengambil screenshot dengan menggunakan kombinasi tiga jari juga bisa diterapkan pada Oppo A12, mirip dengan ponsel Oppo kebanyakan. Namun, sebelum Anda bisa menggunakan metode ini, Anda harus mengaktifkan fitur Gesture & Motion terlebih dahulu. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Buka menu Pengaturan (Settings).
  • Lanjutkan ke menu Bantuan Kemudahan (Convenience Aid).
  • Selanjutnya, masuk ke menu Gesture & Motion.
  • Aktifkan opsi 3-Finger Screenshot dengan menekan tombol aktivasi di bagian sampingnya.
  • Setelah Anda mengaktifkannya, fitur ini sudah siap digunakan.

Setelah fitur diaktifkan, Anda dapat dengan mudah mengambil screenshot dengan menggerakkan tiga jari di layar ponsel. Hasil tangkapan layar akan otomatis tersimpan di menu Galeri dalam folder "Screenshot".

3. Screenshot Panjang

Meskipun Oppo A12 hadir dengan harga yang terjangkau, ponsel ini telah dilengkapi dengan fitur screenshot panjang. Dengan fitur ini, Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar yang panjang hingga mencakup seluruh isi layar hingga ke bagian paling bawah. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Pertama-tama, lakukan screenshot dengan tiga jari seperti yang dijelaskan sebelumnya.
  • Setelah mengambil screenshot, Anda tidak akan melihat gambar tampil di layar atau di bar notifikasi.
  • Selanjutnya, ketuk opsi "Long Screenshot".
  • Anda dapat menggulir ke bawah hingga mencapai konten yang ingin Anda tangkap.
  • Setelah mengambil sebanyak yang diperlukan, ketuk "Done" atau "Selesai".

Hasil tangkapan layar panjang ini akan otomatis tersimpan di menu Galeri. Sebagai pengguna Oppo A12, penting untuk memahami cara ini karena suatu saat Anda mungkin akan memerlukan screenshot panjang.

Baca juga : Cara Mengeluarkan Air dari Speaker HP

4. Bilah Samping Cerdas / Smart Sidebar

Sebagai pengguna ponsel Oppo, penting untuk mengetahui bahwa ada fitur bernama "smart sidebar" yang memungkinkan Anda untuk mengambil screenshot. Namun, sebelum Anda dapat menggunakannya, Anda perlu mengaktifkannya melalui menu pengaturan. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Buka menu pengaturan (Setting).
  • Lanjutkan ke menu Bantuan Kemudahan (Convenience Aid).
  • Selanjutnya, pilih menu "Smart Sidebar".
  • Pada saat Anda membuka menu ini, akan muncul jendela pop-up yang berisi berbagai menu.
  • Cari dan pilih menu "Tangkapan Layar" (Screenshot) dari daftar menu yang tersedia.

Setelah mengaktifkan fitur ini, ketika Anda ingin mengambil screenshot, Anda hanya perlu menyentuh ikon "Screenshot" pada tampilan smart sidebar tersebut. Hasil tangkapan layar akan otomatis tersimpan di galeri ponsel Anda.

Demikianlah beberapa langkah mudah untuk mengambil tangkapan layar atau screenshot di ponsel Oppo A12. Cara yang paling cepat adalah dengan menggunakan kombinasi tombol fisik. Namun, jika Anda ingin terlihat lebih keren, Anda bisa menggunakan metode tiga jari.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.