5 Cara Mengaktifkan Opsi Pengembang di HP Android

opsi pengembang
source:nextpit.com

Cara mengaktifkan opsi pengembang di Android sebenarnya tidak terlalu sulit. Anda bisa melakukannya sendiri melalui pengaturan di ponsel Anda.

Opsi pengembang atau developer options ini hanya tersedia di sistem operasi Android. Melalui fitur ini, Anda dapat memaksimalkan fungsi perangkat Anda. Meskipun opsi ini tersedia di perangkat, namun tidak banyak pengguna yang tahu cara menggunakannya.

Jadi, apa itu opsi pengembang di Android? Apa fungsi opsi pengembang di Android? Bagaimana cara mengaktifkan opsi pengembang di Android?

Agar tidak penasaran, berikut saya akan menjelaskannya kepada kalian semua.

Baca juga : Cara Mengatasi HP Android yang Tidak Bisa Terkoneksi dengan WiFi

Apa Itu Opsi Pengembang dan Apa Keuntungannya?

Sebelum masuk ke inti pembahasan, saya akan menjelaskan sedikit mengenai fitur opsi pengembang dan manfaatnya jika fitur ini diaktifkan.

Seperti yang kita tahu, Hp Android dilengkapi dengan menu Pengaturan (Settings) yang digunakan untuk melakukan berbagai perubahan dan pengaturan pada smartphone.

Opsi pengembang merupakan menu khusus yang disediakan oleh Android agar pengguna dapat melakukan pengaturan yang lebih bebas yang tidak tersedia di menu Pengaturan biasa.

Saya sendiri menganggap ini sebagai proses "root ringan" yang diberikan oleh Android. Jika fitur ini diaktifkan, ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan, antara lain:

  • Pengguna dapat mengubah ukuran layar DPI.
  • Dapat mengubah skala animasi untuk membuatnya lebih lancar dan cepat.
  • Dapat mengatur render sistem.
  • Dan pengaturan lainnya.

Meskipun banyak manfaat yang bisa didapatkan, namun seperti yang saya sebutkan tadi, proses ini dapat dikatakan sebagai langkah yang lebih advance bagi pemula yang belum paham, sehingga fitur ini disembunyikan.

Apakah opsi pengembang ini berbahaya?

Karena fitur ini berasal dari pengembang Android langsung, dapat dipastikan bahwa fitur ini tidak akan merusak Android. Namun, tetap harus diatur dengan benar agar kinerja Hp tidak terganggu.

Baca juga : Cara Screenshot Vivo Y16

Cara Memunculkan Opsi Pengembang di Hp Android

Setelah menjelaskan secara singkat tentang Opsi Pengembang, langkah berikutnya adalah mengaktifkan opsi pengembang langsung di ponsel Anda. Anda dapat mengikuti langkah-langkah ini pada semua tipe ponsel Android.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

mengaktifkan opsi pengembang

1. Buka menu Pengaturan di ponsel Android Anda.

2. Gulir ke bawah dan cari opsi About Phone atau Tentang Ponsel. Jika tidak ditemukan, Anda dapat masuk ke More Settings terlebih dahulu.

3. Cari keterangan Build Number, Version Number, atau Software Version, tergantung pada tipe ponsel Anda.

4. Ketuk sebanyak 7 kali secara berulang pada keterangan tersebut sampai muncul pesan "Anda telah menjadi seorang pengembang".

5. Kembali ke tampilan pengaturan awal, lalu gulir ke bawah, dan Anda akan melihat menu baru berupa Developer Option atau Opsi Pengembang. Jika tidak ditemukan, coba lihat di opsi More Settings.

Sekarang, Anda dapat melakukan berbagai pengaturan yang sebelumnya tidak dapat dilakukan di menu opsi pengembang.

Pastikan untuk melakukan pengaturan dengan benar dan sesuai dengan kebutuhan.

Cara Menghilangakan Opsi Pengembang di HP Android

Selain mengaktifkan mode Pengembang, Anda juga dapat menghilangkan atau menyembunyikan kembali opsi pengembang di menu Pengaturan.

  • Caranya cukup mudah, ikuti langkah-langkah berikut:
  • Masuk ke menu Pengaturan di ponsel Anda.
  • Pilih More Settings atau Aplikasi, atau Anda juga dapat langsung ke Manager Aplikasi.
  • Cari aplikasi Pengaturan (Settings).
  • Masuk ke bagian Penyimpanan (Storage) dan pilih Hapus Cache.
  • Sekarang, kembali ke menu awal dan lihat hasilnya.

Baca juga : Cara Mengganti Icon Baterai dan Sinyal di Android

Akhir Kata

Itulah cara mengaktifkan opsi pengembang di Android. Untuk menggunakan fitur di opsi pengembang, Anda dapat masuk ke menu opsi pengembang di pengaturan ponsel terlebih dahulu. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.