Antena Sectoral: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangan

Antena Sectoral

Antena sectoral adalah jenis antena nirkabel yang sering ditemukan di pasaran. Antena ini memiliki pola radiasi yang menyebar ke suatu daerah tertentu dengan sudut tertentu. Alat ini digunakan untuk memancarkan sinyal Wi-Fi pada suatu area tertentu, misalnya di ruangan kantor atau toko.

Nah, pada artikel kali ini, akan kita bahas secara lengkap mengenai antena sectoral mulai dari pengertian, fungsi, karakteristik, cara kerja hingga kelebihan dan kekurangan antena sectoral. Okeh langsung saja, mari kita mulai pembahasannya berikut ini.

Pengertian Antena Sectoral

Antena sectoral adalah jenis antena yang berperan penting dalam mengubah sinyal listrik menjadi sinyal elektromagnetik untuk dipancarkan atau diterima dalam ruang bebas.

 Fungsinya sebagai perangkat wireless adalah untuk menerima dan menyebarkan sinyal. Namun, perlu diingat bahwa antena sectoral hanya mampu menyebarkan jenis sinyal searah saja, yang berarti sinyal polarisasi yang disebarkannya memiliki arah yang sama.

Sebagai antena directional, antena sectoral memiliki pola pancaran yang terfokus dalam satu arah tertentu. Hal ini memungkinkannya untuk menyebarkan sinyal dengan lebih terarah dan meningkatkan jangkauan jaringan.

Dengan demikian, antena sectoral sangat berguna dalam aplikasi di mana diperlukan sinyal yang kuat dan terkonsentrasi pada area tertentu, seperti dalam jaringan seluler, jaringan Wi-Fi publik, atau sistem komunikasi nirkabel lainnya.

Namun, keunggulan antena sectoral tidak berhenti di situ. Perangkat ini juga memiliki kemampuan ganda sebagai pemancar dan penerima jaringan secara bersamaan.

Ini berarti antena sectoral dapat digunakan untuk mengirimkan sinyal ke perangkat lain atau sebagai penerima sinyal dari perangkat lain dalam jaringan. Dengan kemampuan ini, antena sectoral memungkinkan komunikasi dua arah yang efisien antara perangkat, memungkinkan pertukaran data yang cepat dan lancar.

Fungsi Antena Sectoral

Antena sectoral memiliki peran penting dalam mengirim dan menerima sinyal elektromagnetik. Perangkat ini dapat mengubah sinyal gelombang elektromagnetik menjadi energi listrik atau sebaliknya.

Sebagai antena directional, antena sectoral memiliki kemampuan untuk mengirim dan menerima sinyal secara efisien. Dengan menggunakan antena sectoral, Anda dapat dengan mudah mengakses jaringan WiFi dan memperoleh konektivitas yang stabil.

Secara fisik, antena sectoral memiliki bentuk tabung dan dapat dipasang secara vertikal atau horizontal. Biasanya, antena ini digunakan sebagai pemancar sinyal pada tower GSM HP dan berfungsi untuk menghubungkan Base Transceiver Station (BTS) dengan perangkat komunikasi seperti HP.

Berdasarkan penggunaannya, jenis antena sectoral dibedakan menjadi 2, diantaranya adalah:

  • Antena sectoral monotype adalah jenis antena yang cocok untuk digunakan dalam jangkauan yang lebih kecil, seperti di wilayah pedesaan dan pinggiran. Antena ini dirancang untuk memberikan jangkauan yang optimal dalam lingkungan dengan permukaan yang relatif terbuka dan minim gangguan.

    Antena sectoral monotype dapat memberikan kualitas sinyal yang baik dalam area terbatas, sehingga sangat berguna untuk penyediaan jaringan di daerah dengan populasi yang lebih sedikit.

  • Antena sectoral dual tipe adalah jenis antena yang sering digunakan dalam lingkungan perkotaan. Antena ini memiliki kemampuan untuk mencakup area yang lebih luas dengan banyak pengguna.

    Biasanya digunakan untuk menyediakan konektivitas pada daerah dengan kepadatan populasi yang tinggi, seperti kota atau pusat perkantoran. Antena sectoral dual tipe memungkinkan penerimaan dan penyebaran sinyal yang lebih efisien, sehingga dapat mengoptimalkan kualitas jaringan dalam situasi yang lebih padat.

Karakteristik Antena Sectoral

Antena sectoral memiliki karakteristik tersendiri yang membedakannya dari jenis antena wireless lainnya. Berikut adalah beberapa karakteristik antena sectoral:

1. Bentuk

Antena sectoral memiliki bentuk seperti tabung dan umumnya digunakan pada tower GSM HP. Antena ini juga memiliki fleksibilitas dalam metode pemasangan, baik secara vertikal maupun horizontal, sesuai dengan kebutuhan.

2. Polarisasi

Berbeda dengan antena omnidirectional yang memiliki arah pancaran hingga 360°, antena sectoral memiliki polarisasi sinyal yang hanya dipancarkan dalam arah tertentu. Sudut pancaran antena ini berkisar antara 45° hingga 180°, tergantung pada konfigurasi dan spesifikasinya.

3. Gain Tinggi

Antena sectoral memiliki gain atau pancaran sinyal yang tinggi. Gain sinyal pada antena ini dapat mencapai frekuensi 10-19 dBi, yang memberikan daya jangkau yang lebih baik.

4. Tipe Jaringan

Antena sectoral dirancang untuk menyebarkan jaringan dengan koneksi yang lebih luas. Antena ini dapat bekerja pada tipe jaringan PTP (Point to Point) dan PTMP (Point to Multi Point), yang memungkinkan penggunaan dalam berbagai skenario komunikasi.

5. Jangkauan Penyebaran Sinyal

Sebagai antena directional dengan polarisasi searah, antena sectoral memiliki jangkauan penyebaran sinyal yang luas. Antena ini mampu mencapai jarak penyebaran sinyal hingga 6-8 km, yang sangat bermanfaat dalam aplikasi yang memerlukan cakupan yang luas.

Cara Kerja Antena Sectoral

Cara Kerja Antena Sectoral

Antena sectoral bekerja secara efektif dengan meletakkan sinyal di dalam tabungnya. Sinyal tersebut kemudian disebarkan melalui slot pada tabung, sehingga menghasilkan sinyal dengan kualitas yang baik.

Secara umum, cara kerja antena sectoral adalah sebagai berikut:

  • Antena terhubung ke saluran transmisi yang menangkap sinyal elektromagnetik.
  • Sinyal elektromagnetik tersebut diolah untuk menghasilkan arus bolak-balik.
  • Arus listrik yang dihasilkan diubah menjadi gelombang dan dipancarkan ke udara bebas melalui antena. Sinyal ini dapat terhubung dengan perangkat komunikasi dan sebaliknya.
  • Frekuensi sinyal yang dipancarkan oleh antena sectoral memiliki jangkauan yang spesifik. Namun, jaringan wireless yang dipancarkannya memiliki kemampuan mencapai jarak hingga 6-8 km.

Dengan cara kerjanya yang efisien, antena sectoral menjadi salah satu pilihan yang populer dalam menyediakan konektivitas wireless yang baik, terutama dalam lingkungan dengan cakupan yang luas dan jangkauan sinyal yang diperlukan.

Kelebihan dan Kekurangan Antena Secotral

Antena sectoral memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum menggunakannya. Berikut adalah penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan antena sectoral:

Kelebihan Antena Sectoral:

  • Biaya Rendah: Penggunaan antena sectoral dapat mengurangi biaya infrastruktur jaringan. Antena ini mampu menghubungkan area yang luas tanpa memerlukan banyak perangkat dan kabel yang mahal.
  • Keamanan: Antena sectoral memiliki fleksibilitas dan keamanan dalam penggunaannya. Pembangunan antena ini dapat dilakukan di tempat-tempat strategis dan tidak mudah tergusur oleh perkembangan infrastruktur.
  • Digunakan untuk Outdoor: Antena sectoral umumnya digunakan di luar ruangan, seperti di lapangan atau pinggir jalan. Hal ini memungkinkan penyebaran jaringan yang luas dan dapat diakses di berbagai lokasi.

Kekurangan Antena Sectoral:

  • Konfigurasi yang Terbatas: Pemasangan antena sectoral memiliki keterbatasan konfigurasi. Ketika banyak pihak ingin masuk ke dalam jaringan yang sama, pemasangan antena ini dapat menjadi kurang fleksibel.
  • Pembatasan Mobilitas: Penggunaan antena sectoral dapat membatasi mobilitas dalam koneksi. Sinyal yang dipancarkan hanya pada arah tertentu, sehingga perangkat yang berpindah dari satu sektor ke sektor lain mungkin mengalami gangguan sinyal.

Sebelum menggunakan antena sectoral, penting untuk mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan penggunaan. Dengan pemahaman yang baik tentang karakteristik antena ini, pengguna dapat membuat keputusan yang tepat dalam memilih perangkat wireless yang sesuai.

Kesimpulan

Antena sectoral adalah jenis antena nirkabel yang termasuk dalam kategori directional atau berarah. Fungsinya adalah untuk mengirim dan menerima sinyal, sehingga disebut juga sebagai antena directional.

Antena sectoral memiliki beberapa karakteristik yang mencolok, di antaranya adalah gain yang tinggi, polarisasi searah, dan digunakan untuk tipe jaringan PTP (Point to Point) dan PTMP (Point to Multi Point). Perangkat nirkabel ini umumnya dipasang pada tower GSM HP.

Dalam penggunaannya, antena sectoral memiliki kemampuan untuk mengarahkan sinyal ke daerah tertentu dan menerima sinyal dari arah yang ditentukan. Hal ini memungkinkan antena sectoral untuk digunakan dalam komunikasi yang jaraknya cukup jauh dan dalam jaringan yang membutuhkan koneksi yang stabil dan kuat.

Dengan karakteristik yang dimilikinya, antena sectoral menjadi pilihan yang baik untuk memperluas jangkauan sinyal dan meningkatkan performa koneksi nirkabel.