8 Penyebab Pengering Mesin Cuci Berdengung dan Cara Memperbaikinya

Pengering Mesin Cuci

Pengering mesin tidak berputar dan hanya mendengung? Jika masalah tersebut terjadi pada mesin cuci Anda, kemungkinan besar ada kerusakan atau gangguan pada bagian dalamnya yang menjadi penyebabnya. Masalah tersebut bisa disebabkan oleh berbagai faktor.

Salah satunya adalah kerusakan pada salah satu komponen mesin cuci. Oleh karena itu, cara perbaikan yang paling tepat adalah dengan menemukan penyebab pasti dari kerusakan tersebut. Kemudian, perbaikan dilakukan sesuai dengan penyebab yang telah ditemukan.

Simak pembahasan selengkapnya mengenai cara mendeteksi kerusakan mesin cuci beserta solusi perbaikannya yang akan diulas secara tuntas berikut ini.

Penyebab Mesin Cuci Berdengung Tidak Berputar

Penyebab Pengering Mesin Cuci Berdengung

Jika mesin cuci mengalami masalah, Anda tidak perlu khawatir. Jangan langsung membawa mesin cuci ke tempat reparasi. Mungkin Anda bisa memperbaikinya sendiri dengan mengetahui penyebab masalahnya.

Contohnya, apabila pengering mesin cuci berdengung tetapi tidak berputar seperti biasanya, Anda bisa mencoba memperbaikinya sendiri.

1. Adanya Kabel Mesin yang Putus

Salah satu kemungkinan penyebab pengering mesin cuci berdengung adalah karena kabel yang putus. Sebelum panik dan memanggil teknisi servis, periksa terlebih dahulu bagian kabel. Penyebab putus kabel yang umum adalah karena digigit tikus.

Tikus dapat masuk ke dalam bagian kabel mesin cuci melalui pipa pembuangan, sehingga penting untuk selalu menjaga kebersihan ruangan mesin cuci agar terhindar dari tikus. Pastikan area sekitar selalu bersih agar hewan pengerat tidak bersarang di mesin cuci atau merusaknya.

2. Pintu Pada Pengering Mesin Cuci Tidak Tertutup Secara Sempurna

Beberapa jenis pengering mesin cuci tidak akan berfungsi jika penutupnya tidak tertutup dengan sempurna. Oleh karena itu, pastikan penutupnya ditutup rapat ketika ingin mengeringkan pakaian.

Kotoran yang menempel pada penutup juga dapat menyebabkan penutup tidak menutup dengan sempurna. Oleh karena itu, Anda perlu membersihkannya agar mesin dapat berfungsi dengan baik. Pastikan pintu tidak tersumbat oleh kotoran sehingga Anda dapat menutupnya dengan sempurna.

3. Elemen Pemanas Rusak

Kerusakan pada elemen pemanas dapat menyebabkan pengering mesin cuci berdengung dan tidak berputar. Masalah ini umum terjadi pada mesin cuci.

Jika Anda memiliki pengetahuan tentang perbaikan mesin cuci, Anda dapat mencoba memperbaikinya sendiri. Namun, jika Anda tidak terlalu yakin, disarankan untuk memanggil teknisi yang berpengalaman untuk menghindari kerusakan lebih lanjut.

4. Kapasitor Rusak atau Terbakar

Kerusakan atau terbakarnya komponen mesin seperti kapasitor bisa menyebabkan pengering mesin cuci berdengung dan tidak berputar. Kapasitor yang rusak atau terbakar biasanya disebabkan oleh penggunaan yang terlalu sering dan intens.

Jika mesin cuci mengalami kerusakan ini, Anda perlu memperbaiki kapasitor jika masih memungkinkan atau membeli kapasitor baru untuk dipasang pada mesin. Hal ini akan membuat mesin cuci dapat berfungsi kembali dengan normal.

5. Tali pada Rem Pengering Putus

Tali rem pada mesin cuci berfungsi untuk menghentikan dinamo saat penutup dibuka. Putusnya tali rem dapat menyebabkan mesin pengering tidak berfungsi karena dinamo akan terus berputar dan tidak dapat dihentikan.

Ini akan menyebabkan mesin hanya mengeluarkan suara berdengung tanpa dapat berputar dengan normal. Oleh karena itu, solusi untuk memperbaiki masalah ini adalah dengan mengganti tali rem yang rusak dengan yang baru.

6. Dinamo Rusak atau Terbakar

Dinamo pada mesin cuci berfungsi untuk menghasilkan putaran, jika rusak maka pengering tidak dapat berputar. Biasanya, kondisi ini disebabkan oleh terputusnya atau terjadi korsleting pada lilitan dinamo.

Apabila Anda mendapati pengering mesin cuci hanya berdengung saja, sebaiknya segera ganti dinamo. Namun, komponen ini tergolong mahal, sehingga jika mesin cuci Anda sudah lama mungkin lebih baik membeli yang baru saja.

Penyebab Pengering Mesin Cuci Berdengung Namun Berputar Pelan

Penyebab Mesin Cuci Berdengung Tapi Berputar Pelan

Gejala pengering mesin cuci berdengung biasanya diikuti dengan putaran yang pelan. Tentu saja, kondisi ini tidak terjadi tanpa sebab.

Ada berbagai kemungkinan penyebab mesin cuci lambat berputar. Salah satu penyebabnya bisa jadi karena mesin tidak mampu menampung beban yang terlalu berat atau karena motor dinamo yang lemah.

Beberapa kasus kerusakan juga dapat terjadi karena nilai kapasitor yang berkurang. Untuk dapat mengenali gejala kerusakan yang disebabkan oleh tiga faktor tersebut, mari simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

1. Beban Terlalu Banyak

Apabila Anda memasukkan terlalu banyak pakaian ke dalam pengering, maka putarannya dapat menjadi pelan. Sebaiknya kurangi jumlah pakaian agar pengering bisa berputar normal. Namun, jika setelah dikurangi putarannya masih sama, kemungkinan kerusakan terjadi pada motor dinamo atau kapasitor pengering mesin cuci.

2. Dinamo Motor Lemah

Dinamo merupakan salah satu komponen mesin pengering yang berfungsi menghasilkan rotasi. Apabila motor dinamo lemah, maka putaran pengering pun akan menjadi pelan.

Kerusakan pada dinamo pengering mesin cuci yang membuatnya berdengung dan putarannya menjadi lambat biasanya disebabkan oleh faktor usia. Semakin lama dipakai, kinerjanya akan semakin menurun.

3. Nilai Kapasitor Berkurang

Selain motor dinamo, ada faktor lain yang dapat menyebabkan mesin cuci berputar pelan yaitu karena nilai kapasitor yang berkurang. Kapasitor merupakan salah satu komponen penting dalam mesin cuci, karena berfungsi sebagai sumber tenaga untuk dinamo. Apabila nilai kapasitor berkurang, maka kinerja dinamo akan terpengaruh dan berputar dengan kecepatan yang lebih rendah dari biasanya.

Cara Memperbaiki Pengering Mesin Cuci Berdengung

Memperbaiki Pengering Mesin Cuci Berdengung

Cara memperbaiki mesin cuci dengan 2 tabung yang tidak berputar relatif lebih mudah daripada mesin cuci otomatis, karena tidak perlu membongkar bagian PBC mesin cuci.

Namun, untuk memperbaikinya, Anda perlu memeriksa beberapa kemungkinan penyebab kerusakan, seperti yang dijelaskan dalam panduan di bawah ini. Jadi, mari kita pelajari cara memperbaiki pengering mesin cuci yang berdengung dengan deteksi beberapa kemungkinan kerusakan berikut.

1. Cara Memperbaiki Kabel Putus

Seringkali terjadi putus kabel pada pengering mesin cuci disebabkan oleh tikus yang menggigit bagian kabel. Tikus dapat masuk melalui saluran pembuangan atau bagian lain yang memungkinkan mereka masuk. Agar pengering dapat kembali normal, perlu dilakukan perbaikan pada sambungan kabel yang terputus.

Pastikan untuk menyambungkan kabel yang sesuai. Langkah pertama adalah membuka bagian tutup atas mesin cuci, kemudian cari sambungan yang terputus. Kemudian, sambungkan kembali kabel yang terputus atau ganti kabel yang rusak agar fungsi pengering mesin cuci dapat kembali normal.

2. Cara Memperbaiki Putus pada Tali Rem

Tali rem pada mesin cuci dapat menjadi sumber masalah pada pengering Anda. Tali rem ini terhubung dengan kampas rem pada dinamo, sehingga jika putus maka dinamo tidak akan dapat berputar.

Cara memperbaikinya adalah dengan menarik bagian tali rem untuk memeriksa mekanisme pengeremannya. Dengan begitu, Anda dapat menemukan letak masalahnya. Jika terdapat kerusakan pada kawat sling, maka Anda harus segera menggantinya.

3. Cara Memperbaiki Motor Dinamo

Langkah selanjutnya dalam memperbaiki mesin cuci yang berdengung dan tidak berputar adalah memeriksa motor dinamo. Bagian ini sangat penting karena sebagian besar putaran mesin cuci dipengaruhi oleh performa motor dinamo.

Komponen ini juga termasuk yang paling mahal jika dibandingkan dengan komponen lainnya. Oleh karena itu, sebelum beralih ke motor dinamo, pastikan terlebih dahulu bahwa bagian lain mesin dalam kondisi normal.

Motor dinamo terletak tepat di bawah pengering dan memiliki dua lilitan atau spul yang terhubung dengan kabel. Anda dapat mengukur spul dengan menggunakan ohm meter dengan rentang ×10 Ohm. Jika spul terukur normal, maka tidak ada masalah pada lilitan.

Namun, jika sebaliknya terjadi, ada kemungkinan ada sambungan lilitan yang terputus. Dalam hal ini, Anda perlu menggantinya dengan dinamo baru atau mengganti gulungan lilitannya.

4. Cara Memperbaiki Kapasitor

Jika dinamo terbukti normal, kemungkinan masalah selanjutnya terletak pada kapasitor. Komponen ini sangat penting karena memberikan sumber daya untuk dinamo agar dapat berputar dengan baik. Jika terjadi masalah pada kapasitor, maka pergerakan dinamo juga akan terganggu.

Biasanya kapasitor yang rusak memiliki bentuk yang tidak normal, seperti menggelembung. Jika Anda menemukannya, segera ganti dengan yang baru dan pastikan nilai kapasitansinya sama dengan kapasitor sebelumnya.

Jika bentuknya masih normal, Anda perlu mengukurnya menggunakan tes short pin. Namun, perlu diingat bahwa cara ini tidak disarankan untuk dilakukan oleh pemula.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan mengenai penyebab pengering mesin cuci berdengung dan beberapa cara untuk mengatasinya. Oleh karena itu, jangan terburu-buru untuk membeli mesin cuci baru jika terjadi masalah tertentu.

Lebih baik cari tahu penyebabnya dan segera atasi pada sumber permasalahannya. Semoga penjelasan di atas bisa membantu Anda dalam menangani masalah pada mesin cuci.