Ketahui Dulu 7 Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y01 Sebelum Beli

Vivo Y01, diluncurkan pada kuartal pertama 2022, menawarkan solusi hemat dengan harga yang ramah di kantong, hanya dalam kisaran 1 jutaan. Ponsel ini memang ditujukan untuk para pengguna Android pemula atau pelajar yang ingin merasakan pengalaman menggunakan smartphone entry-level.

Vivo Y01
Spesifikasi Vivo Y01
  • Rilis : April 2022
  • Layar : 6.51 inci IPS LCD
  • Chipset : MediaTek MT6765 Helio P35 (12nm)
  • GPU : PowerVR GE8320
  • RAM : 2 GB
  • Memori Internal : 32 GB
  • Memori Eksternal : Tersedia, slot microSD
  • Kamera Belakang : 8 MP
  • Kamera Depan : 5 MP
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh

Selengkapnya : Spesifikasi Vivo Y01 dan Harganya

Jangan buru-buru memutuskan untuk membeli Vivo Y01, sebaiknya kita simak dulu kelebihan dan kekurangannya agar Anda bisa membuat keputusan yang tepat.

Baca juga : Ini 9 Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M32!

Kelebihan Vivo Y01

Sekilas, Vivo Y01 tidak terlihat seperti perangkat smartphone murah dengan tampilan yang premium. Agar tidak semakin penasaran, mari simak kelebihan yang dibawa oleh Vivo Y01 berikut ini.

Desain Ringan dan Tipis

Vivo tampil berani dengan desain menarik pada ponsel entry-level mereka, termasuk Vivo Y01. Bodi yang ergonomis dengan ketebalan hanya 8,3 mm menjadikan Vivo Y01 begitu ringan dan nyaman di genggaman tangan.

Dengan konsep 3D Slim Design, bobot keseluruhan hanya 178 gram, membuat Vivo Y01 menjadi salah satu ponsel 1 jutaan dengan bobot ringan dan tipis. Varian warna Elegant Black dan Sapphire Blue akan menambah pesona sebagai daily driver Anda yang baru.

Baterai Besar

Tersembunyi di balik bodi ringan tersebut, Vivo Y01 menyematkan baterai berkapasitas besar, yakni 5.000 mAh. Dengan kapasitas yang luar biasa ini, Vivo Y01 akan setia menemani Anda seharian penuh tanpa perlu khawatir harus sering-sering mengisi ulang daya.

Menggunakan Sistem Operasi Ringan

Vivo Y01 menghadirkan sistem operasi yang ringan namun bertenaga untuk mendukung aktivitas harian. Dengan user interface FunTouch 11.1 berbasis Android 11 Go Edition, performanya tak tergoyahkan.

Vivo Y01 dapat membuka aplikasi dengan cepat dan lancar berkat efisiensi Android 11 Go yang meningkatkan kinerja hingga 20% dibandingkan generasi sebelumnya, bahkan 30% lebih efisien dari versi reguler. Fitur Multi-Turbo 3.0 dalam user interface FunTouch 11.1 akan membawa pengalaman bermain game Anda ke level yang lebih tinggi.

Layar Lapang

Suguhan layar HD Plus (720 x 1600 piksel) pada Vivo Y01 memiliki lebar 6,51 inci. Dengan harga yang begitu terjangkau, tentu saja Vivo Y01 belum menyajikan tampilan resolusi Full HD Plus. Namun, jangan khawatir, kualitas tampilannya tetap baik dengan kepadatan piksel 270 ppi dan rasio screen to body mencapai 83%.

Display menggunakan panel IPS LCD dengan laju penyegaran standar 60 Hz dan touch sampling rate 120 Hz. Meskipun bukan kombinasi terbaik di kelasnya, Vivo Y01 tetap dapat diandalkan sebagai daily driver dengan navigasi yang lancar dan respons sentuhan layar yang handal. Mode Eye Protection pada Vivo Y01 juga akan menjaga kenyamanan pengguna dalam menggunakan ponsel dalam waktu lama.

Menyediakan Slot microSD

Meski Vivo Y01 hadir dalam varian RAM 2/3 GB yang dipadukan dengan memori internal 32 GB, kapasitas tersebut mungkin terasa terbatas di era smartphone masa kini.

Namun, jangan khawatir! Vivo memberikan solusi dengan menyediakan opsi ekspansi microSD hingga 1 TB. Dengan begitu, Anda tak perlu resah lagi akan kekurangan ruang penyimpanan untuk berbagai file penting Anda.

Baca juga : Baca Dulu 8 Kelebihan dan Kekurangan Vivo T1 5G Sebelum Beli

Kekurangan Vivo Y01

Sebagai ponsel entry-level, tak heran Vivo Y01 masih memiliki issue berupa beberapa kekurangan berikut ini.

Spesifikasi Kamera Minim

Bagi para pencinta fotografi, Vivo Y01 mungkin kurang memenuhi ekspektasi. Ponsel ini hanya dibekali dengan total 2 kamera yang kurang memadai, baik dari segi resolusi maupun fitur-fitur yang ditawarkan. Kamera utama beresolusi 8 MP dengan aperture f/2.2 dan lampu flash LED. Sementara, pada notch layar terdapat kamera selfie dengan resolusi 5 MP.

Chipset yang Tidak Bersaing

Vivo Y01 mengandalkan chipset dari MediaTek, yaitu Helio P35 yang sudah termasuk generasi lawas. Meskipun memiliki delapan inti core dengan fabrikasi 12 nanometer, performa Vivo Y01 agak terbatas untuk tugas-tugas berat sehari-hari.

Namun, kehadiran sistem operasi yang ringan masih memungkinkan Anda untuk menggunakan perangkat ini dalam penggunaan yang lebih ringan.

Menggunakan microUSB

Vivo Y01 memiliki kelemahan lainnya yaitu masih menggunakan tipe port USB yang sudah ketinggalan zaman, yakni microUSB 2.0. Saat ini, banyak pesaingnya sudah mengadopsi USB Type-C yang menawarkan kecepatan transfer data lebih cepat dan kepraktisan dalam pemasangan karena bersifat reversible. Apakah Anda tak keberatan dengan hal ini?

Terlepas dari tiga kekurangan yang menjadi catatan pada spesifikasi Vivo Y01, ponsel ramping ini tetap dapat diandalkan bagi para pengguna smartphone pemula. Di Indonesia, Vivo Y01 dijual dengan harga hanya sekitar 1.5 juta rupiah.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.