Yuk Cari Tahu 8 Kelebihan dan Kekurangan Realme 9!

April 2022 menjadi saat yang dinanti-nantikan bagi para penggemar gadget ketika Realme 9 resmi bergabung dengan keluarga Realme 9 series. Dengan banyak peningkatan dibandingkan pendahulunya, ponsel pintar ini menawarkan beragam fitur menawan dengan harga terjangkau. Meskipun tanpa dukungan jaringan 5G, Realme 9 tetap menghadirkan performa yang tak boleh diremehkan.

Realme 9
Spesifikasi Realme 9
  • Rilis : April 2022
  • Layar : 6.4 inci Super AMOLED 90Hz
  • Chipset : Snapdragon 680 4G (6 nm)
  • GPU : Adreno 610
  • RAM : 8 GB
  • Memori Internal : 128 GB
  • Memori Eksternal : Tersedia, slot microSD
  • Kamera Belakang : 108 MP (wide), 8 MP (ultrawide), 2 MP (macro)
  • Kamera Depan : 16 MP (wide)
  • Baterai : Li-Po 5000 mAh, Fast Charging 33W

Selengkapnya : Spesifikasi Realme 9 dan Harganya

Tidak perlu meragukan kehebatan Realme 9 dalam menemani aktivitas harianmu. Smartphone ini menawarkan rangkaian fitur menarik yang akan membuatmu jatuh hati. Apa saja kelebihan dan kekurangannya? Yuk, simak rangkuman berikut!

Baca juga : Yuk, Simak 7 Kelebihan dan Kekurangan Huawei P50 Pro!

Kelebihan Realme 9

Sebagai salah satu jagoan Realme tahun ini, Realme 9 menyuguhkan kelebihan dari beberapa sisi yang menunjukkan adanya peningkatan dibandingkan dengan pendahulunya. Penasaran? Yuk, simak kelebihan Realme 9 yang menawan.

1. Tampilan Super AMOLED Full HD Plus

Ponsel pintar saat ini menghadirkan panel AMOLED yang sangat memukau. Bagi kamu yang senang menatap layar dalam waktu lama, tampilan visual pada layar AMOLED memberikan pengalaman yang memikat. Realme 9 tidak mau kalah dalam persaingan, dengan membawa layar Super AMOLED berukuran 6,4 inci dengan resolusi Full HD Plus (1080 x 2400 piksel).

Selain itu, Realme 9 dilengkapi dengan refresh rate 90Hz dan touch sampling rate hingga 360Hz pada layarnya. Kombinasi kedua fitur ini membuat navigasi dan menggulir layar menjadi lebih mulus. Realme juga melindungi layarnya dengan lapisan Corning Gorilla Glass 5, memberikan perlindungan ekstra.

2. Performa yang Lancar

Ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 680 dengan fabrikasi 6 nanometer, Realme 9 menjamin kinerja yang lancar. SoC ini memiliki CPU Octa-core dengan kecepatan maksimum hingga 2,4 GHz.

Realme mendukung kinerja ponsel ini dengan kapasitas penyimpanan yang besar. Di Indonesia, Realme 9 tersedia dalam varian RAM 6/8 GB yang dipadukan dengan memori internal 128 GB. Jangan khawatir kehabisan ruang penyimpanan karena ponsel ini juga dilengkapi dengan fitur Dynamic RAM Expansion yang dapat menambah hingga 5 GB.

3. Kamera yang Hebat

Keunggulan selanjutnya yang ditawarkan oleh Realme 9 terletak pada sektor fotografinya. Pada bagian belakang, terdapat tiga kamera yang terdiri dari sensor utama 108 MP, kamera ultrawide 8 MP, dan kamera makro 2 MP.

Resolusi kamera utama ini memungkinkan Realme 9 menggunakan teknologi pixel binning 9-in-1 untuk menghasilkan foto yang solid. Untuk swafoto dan panggilan video, terdapat kamera depan 16 MP yang siap mengabadikan momen indahmu.

4. Baterai yang Kuat

Performa yang bagus pada sebuah ponsel tentu tidak lengkap tanpa kapasitas daya yang memadai. Oleh karena itu, Realme 9 hadir dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh yang cukup untuk menjalani sehari penuh sebagai daily driver. Dukungan teknologi fast charging 33W membuat Realme 9 dapat diisi ulang hanya dalam waktu sekitar 70 menit.

5. Sistem Operasi Terbaru

Kelebihan Realme 9 lainnya adalah hadirnya sistem operasi Android 12 terbaru. Menariknya, versi 5G dari Realme 9 masih menggunakan Android 11 saat diluncurkan. Selain itu, ponsel ini menggunakan antarmuka pengguna Realme UI 3.0 yang memiliki tata letak yang lebih menarik.

6. Desain yang Elegan dan Modern

Realme 9 memiliki desain yang menarik dan mencuri perhatian. Dengan desain Ripple Holographic yang dibuat melalui proses UV-nano dengan atom plasma, panel belakang Realme 9 memiliki efek visual yang luar biasa seperti gelombang. Bobot ponsel ini hanya sekitar 178 gram dan ketebalannya kurang dari 8 mm. Sangat mengagumkan, bukan?

Baca juga : Inilah 7 Kelebihan dan Kekurangan Realme 9 Pro 5G

Kekurangan Realme 9

Realme 9 mungkin memiliki kelebihan yang menarik, tetapi ternyata masih ada beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Ingin tahu apa saja kekurangan dari ponsel menarik ini? Yuk, simak informasi selengkapnya!

1. Speaker Mono

Di tengah persaingan di pasar saat ini, di mana beberapa pesaingnya sudah menghadirkan speaker stereo dengan suara yang jernih, Realme 9 masih menggunakan speaker tunggal. Hal ini dapat mempengaruhi minat pembeli, terutama bagi para gamer yang menginginkan kualitas suara yang lebih baik saat bermain game. Namun, Realme 9 tetap menyediakan konektivitas audio jack 3,5 mm yang kini semakin jarang ditemukan pada smartphone baru.

2. Tidak Mendukung NFC

Keberadaan fitur NFC pada smartphone kelas menengah dapat dianggap sebagai kebutuhan yang penting. Sayangnya, Realme 9 tidak menyertakan fitur NFC pada perangkat ini. Hal ini mungkin menjadi kekecewaan bagi sebagian orang yang mengharapkan fitur tersebut. Padahal, dengan harga yang sama atau bahkan lebih rendah, banyak ponsel lain yang sudah dilengkapi dengan fitur NFC.

Itulah informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Realme 9 yang telah kami rangkum untukmu. Jika kamu tidak terlalu fokus pada fitur gaming, ponsel ini tetap merupakan pilihan yang terjangkau sebagai daily driver terbaru. Performanya yang responsif dan kapasitas baterainya yang besar dapat diandalkan untuk mendukung aktivitasmu sehari-hari.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.