Gampang, Ternyata Ini 3 Cara Screenshot di Xiaomi Redmi Note 11, 11 Pro, 11 Pro 5G

Cara Screenshot Xiaomi Redmi Note 11, 11 Pro, 11 Pro 5G

Pada kesempatan ini, kami akan membagikan panduan cara mengambil tangkapan layar di perangkat Xiaomi, termasuk Redmi Note 11, Redmi Note 11 Pro, Redmi Note 11 Pro, dan Redmi Note 11 Pro 5G.

Kami akan menjelaskan cara mengambil tangkapan layar tanpa menggunakan tombol fisik serta metode tangkapan layar panjang yang memungkinkan Anda mengambil screenshot pada halaman web atau aplikasi yang panjang.

Tanpa berlama-lama, mari kita langsung melihat panduan langkah demi langkahnya di bawah ini.

Cara Screenshot di HP Xiaomi Redmi Note 11, 11 Pro, 11 Pro 5G

Sekarang mari kita pahami apa yang dimaksud dengan screenshot di Xiaomi Redmi Note 11, 11 Pro dan 11 Pro 5G serta mengapa kita memerlukannya. Kemudian, kita akan menjelaskan cara mengambil tangkapan layar di ponsel Xiaomi Redmi Note 11, 11 Pro dan 11 Pro 5G.

Screenshot, atau sering disebut dengan "ss" adalah metode yang memungkinkan pengguna smartphone untuk mengambil foto dari layar perangkat mereka. Dengan kata lain, Anda dapat mengabadikan tampilan layar ponsel Anda dalam bentuk gambar. Ini sangat berguna ketika Anda ingin menyimpan informasi atau momen penting yang muncul di layar ponsel Anda.

Cara mengambil screenshot di Xiaomi Redmi Note 11, 11 Pro dan 11 Pro 5G dapat dilakukan dengan beberapa metode, seperti menggunakan tombol fisik, menggunakan gestur tiga jari, menu navigasi, dan sebagainya. Bagi mereka yang belum terbiasa mengambil screenshot di ponsel Android, proses ini mungkin terasa membingungkan. Oleh karena itu, admin akan menjelaskan langkah-langkahnya secara lengkap untuk mempermudah penggunaannya.

Baca juga : Cara Screenshot Samsung Galaxy S22+

1. Menggunakan Tombol Kombinasi

Mari kita mulai dengan menjelaskan cara mengambil tangkapan layar menggunakan tombol kombinasi di Xiaomi Redmi Note 11, 11 Pro dan 11 Pro 5G. Ini adalah metode yang paling umum digunakan karena hampir semua ponsel Android menggunakan tombol kombinasi ini untuk melakukan screenshot. Jika Anda merasa bingung, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka layar atau aplikasi yang ingin Anda tangkap gambar layarnya di Xiaomi Redmi Note 11, 11 Pro dan 11 Pro 5G Anda.
  • Tekan dan tahan tombol daya (power) dan tombol volume bawah (-) secara bersamaan selama sekitar 2-3 detik.
  • Ponsel akan otomatis mengambil tangkapan layar (screenshot) dari layar yang sedang ditampilkan.
  • Hasil tangkapan layar akan tersimpan di galeri foto ponsel Anda.
  • Selesai.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda telah berhasil mengambil tangkapan layar dengan mudah dan praktis menggunakan tombol kombinasi di Xiaomi Redmi Note 11.

2. Menggunakan Swipe 3 Jari

Selain menggunakan tombol, Anda juga dapat mengambil tangkapan layar di Xiaomi Redmi Note 11, 11 Pro dan 11 Pro 5G tanpa tombol menggunakan gestur usap 3 jari. Hampir semua merek ponsel memiliki fitur ini karena telah berhasil meraih banyak perhatian publik.

Namun, sebelum Anda dapat menggunakan metode ini, Anda perlu mengaktifkannya dalam pengaturan gestur atau gerakan ponsel Anda. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka menu pengaturan di ponsel Anda.
  • Cari opsi gestur dan gerakan.
  • Pilih opsi "3 jari screenshot" atau serupa.

Setelah Anda mengaktifkannya, Anda dapat mencoba mengambil tangkapan layar dengan tiga jari di Xiaomi Redmi Note 11, 11 Pro dan 11 Pro 5G dengan langkah-langkah berikut:

  • Buka layar atau aplikasi yang ingin Anda tangkap gambar layarnya.
  • Usapkan 3 jari Anda dari atas layar ke bawah.
  • Ponsel akan secara otomatis mengambil tangkapan layar.
  • Hasil tangkapan layar akan tersimpan di galeri ponsel Anda.
  • Selesai.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda telah berhasil mencoba cara screenshot 3 jari di Xiaomi Redmi Note 11, 11 Pro dan 11 Pro 5G dengan cara yang mudah dan praktis.

Baca juga : Cara Mengatasi Konten Folder Tidak Dapat Ditampilkan Karena Dibatasi Android 11

3. Screenshot HP Xiaomi Redmi Note 11, 11 Pro, 11 Pro 5G

Metode ketiga adalah dengan mengambil tangkapan layar di Xiaomi Redmi Note 11, 11 Pro dan 11 Pro 5G tanpa menggunakan tombol, melainkan melalui menu navigasi atau bar status. Saat ini, banyak ponsel pintar semakin canggih, dan fitur ini menjadi solusi yang praktis.

Opsi ini biasanya terletak di menu navigasi atau bar status yang dapat Anda akses dengan menggulir layar dari atas ke bawah. Menu ini mungkin sedikit berbeda tergantung pada versi Android yang Anda gunakan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka layar atau aplikasi yang ingin Anda tangkap gambar layarnya.
  • Gulir layar dari atas ke bawah hingga muncul menu navigasi atau bar status.
  • Di sana, temukan opsi "Tangkap layar" atau "Screenshot."
  • Ponsel Anda akan secara otomatis mengambil tangkapan layar.
  • Selesai.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda telah berhasil mencoba cara screenshot tanpa tombol melalui menu navigasi di Xiaomi Redmi Note 11, 11 Pro dan 11 Pro 5G.

4. Screenshot Panjang Xiaomi Redmi Note 11, 11 Pro, 11 Pro 5G

Banyak orang saat ini mencari cara untuk mengambil tangkapan layar panjang di ponsel Xiaomi Redmi Note 11, 11 Pro dan 11 Pro 5G. Terutama bagi pelajar dan mahasiswa yang perlu merangkum materi secara online, metode ini sangat berguna karena memungkinkan Anda untuk menangkap layar dengan panjang yang sesuai dengan kebutuhan hanya dalam satu kali screenshot.

Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk melakukan tangkapan layar panjang di Xiaomi Redmi Note 11, 11 Pro dan 11 Pro 5G:

  • Mulailah dengan mengambil tangkapan layar menggunakan tombol atau tanpa tombol, sesuai dengan preferensi Anda.
  • Setelah Anda mengambil tangkapan layar, ketuk tombol scroll atau gulir.
  • Gulir layar hingga mencapai bagian akhir yang ingin Anda tangkap.
  • Setelah mencapai akhir, ketuk opsi "Simpan" atau "Save".
  • Selesai.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda telah berhasil mencoba cara screenshot panjang di ponsel Xiaomi Redmi Note 11, 11 Pro dan 11 Pro 5G dengan mudah dan praktis.

5. Aplikasi Penangkap Layar Android (Alternatif)

Selain beberapa metode di atas, admin juga akan mengulas beberapa aplikasi penangkap layar atau screenshot sebagai alternatif. Ini bisa cukup membantu jika Anda tidak puas dengan langkah-langkah sebelumnya, dan beberapa aplikasi ini memiliki fitur menarik. Berikut adalah beberapa aplikasi penangkap layar yang bisa Anda pertimbangkan:

  • Tangkapan Layar => Download
  • Screenshot Touch => Download
  • LongShot => Download
  • Screenshot X => Download
  • Screenshot Quick => Download

Baca juga : Cara Merekam Layar OPPO Reno6 5G dan Reno6 Pro 5G

Anda dapat mencoba beberapa aplikasi di atas sebagai alternatif untuk mengambil tangkapan layar di ponsel Anda. Setiap aplikasi memiliki fitur uniknya sendiri, jadi Anda bisa memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.