Simak Cara Screenshot Vivo Y30, Y30i, Y50, Y51 Usap Layar, Panjang

Cara Screenshot Vivo Y30, Y30i, Y50, Y51

Dengan spesifikasi unggulan di kelasnya, Vivo resmi meluncurkan tiga smartphone baru Vivo Y30, Y30i, dan Y50 di Indonesia. Kemudian, pada pertengahan Desember 2020, perusahaan ini merilis ponsel terbaru, yaitu Vivo Y51.

Ketiganya adalah generasi terbaru dari keluarga Y Series, yang ditargetkan untuk pasar kelas menengah dengan harga yang terjangkau. Harga resmi Vivo Y30 dimulai dari Rp2.799.000, Vivo Y30i Rp2.499.000, Vivo Y50 Rp3.499.000, dan Vivo Y51 seharga Rp3.599.000.

Vivo Y30, Y30i, dan Y50, saat peluncuran pertama kali, menjalankan Sistem Operasi Android Q 10 yang dikemas dengan antarmuka Funtouch 10. Sedangkan Vivo Y51 telah hadir dengan OS Android 11 yang dilengkapi dengan antarmuka Funtouch 11. Meskipun versinya berbeda, keduanya dilengkapi dengan berbagai fitur canggih, termasuk fitur tangkapan layar untuk memudahkan pengguna dalam mengambil screenshot.

Terdapat tiga cara yang bisa digunakan untuk mengambil tangkapan layar di perangkat-perangkat ini. Pertama adalah cara klasik dengan menggunakan tombol perangkat (2 jari), yang kedua adalah tanpa tombol dengan mengusap layar (swipe layar 3 jari), dan yang ketiga adalah screenshot panjang yang memungkinkan pengguna untuk mengambil tangkapan layar dengan panjang ke bawah.

Bagi yang mungkin masih belum terbiasa atau bingung tentang cara mengambil tangkapan layar di ponsel Vivo Y30, Y30i, Y50, atau Y51, kami telah menyusun panduan lengkap beserta gambar untuk memudahkan Anda dalam mengikutinya.

Baca juga : Cara Mengubah Rekaman Suara Menjadi MP3 di Android

Cara Screenshot di HP Vivo Y30, Y30i, Y50 dan Y51

1. Menggunakan Tombol Fisik

Cara klasik yang paling mudah digunakan untuk mengambil tangkapan layar di HP Vivo Y30, Y30i, Y50, dan Y51 adalah dengan menggunakan tombol fisik dua jari. Anda cukup menekan dan menahan tombol Volume Bawah + Power secara bersamaan selama sekitar 2 detik.


Ketika tangkapan layar berhasil diambil, layar akan berkedip dan mengeluarkan suara seperti shutter kamera. Untuk melihat hasil screenshot, Anda dapat langsung masuk ke menu Galeri atau folder pengelolaan file.

Namun, sayangnya, meskipun cara ini sangat mudah digunakan, penggunaan berulang dapat berdampak negatif pada tombol fisik tersebut dan menyebabkan kerusakan dini. Untuk mencegah masalah tersebut, sebaiknya Anda menggunakan cara lain, yaitu dengan mengambil screenshot tanpa tombol dengan mengusap layar menggunakan tiga jari.

2. Menggunakan Usap Layar 3 Jari

Tidak jauh berbeda dengan kebanyakan smartphone Android, ketiga seri ponsel Vivo ini juga dilengkapi dengan fitur "screenshot 3 jari" (3-finger screenshot). Fitur ini sangat membantu dan memudahkan pengguna untuk mengambil tangkapan layar hanya dengan mengusap layar menggunakan tiga jari.

Namun, perlu diingat bahwa secara default, fitur screenshot 3 jari ini belum diaktifkan, jadi Anda perlu mengaktifkannya terlebih dahulu melalui menu pengaturan. Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk mengaktifkan dan menggunakan fitur ini:

  • Pertama, buka menu "Pengaturan (Settings)" pada ponsel Anda, lalu pilih "Pengelolaan Sistem".
  • Selanjutnya, pilih "Tangkapan Layar Super" dan aktifkan opsi "Geser ke bawah menggunakan tiga jari untuk mengambil tangkapan layar".
  • Setelah opsi tersebut diaktifkan, Anda dapat langsung menggunakannya dengan mengusap layar dari atas ke bawah menggunakan tiga jari sekaligus. Anda dapat melihat contohnya pada gambar simulasi di bawah ini.


  • Seperti biasanya, layar ponsel Vivo Y30, Y30i, Y50, atau Y51 akan berkedip, diikuti oleh suara seperti shutter kamera ketika tangkapan layar berhasil diambil.
  • Untuk melihat hasil tangkapan layar, Anda dapat masuk ke menu Galeri atau Pengelolaan file.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda telah berhasil mengaktifkan dan menggunakan fitur screenshot 3 jari pada Vivo Y30, Y30i, Y50, atau Y51 Anda.

Baca juga : Cara Screenshot Samsung Galaxy M13

3. Screenshot Panjang

Selain dua cara sebelumnya, Vivo Y30, Y30i, dan Y50 juga memiliki fitur untuk mengambil tangkapan layar yang panjang, yang sering disebut sebagai "Long Screenshot".

Fitur ini sudah ada di ponsel Vivo Y30, Y30i, Y50, dan Y51 secara bawaan, sehingga Anda tidak perlu menginstal aplikasi tambahan. Namun, Anda perlu mengaktifkannya terlebih dahulu melalui pengaturan, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, serupa dengan fitur screenshot 3 jari.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka menu "Pengaturan (Settings)" pada ponsel Anda dan masuk ke "Pengelolaan Sistem".
  • Pilih "Tangkapan Layar Super" dan aktifkan opsi "Jendela gambar melayang".
  • Setelah opsi tersebut diaktifkan, Anda dapat mengambil screenshot menggunakan salah satu dari dua metode sebelumnya (tombol fisik 2 jari atau swipe layar 3 jari).
  • Setelah berhasil mengambil screenshot, Anda akan melihat cuplikan gambar muncul di sudut kiri bawah layar. Di bawah cuplikan tersebut, tap opsi "Tangkapan Layar Panjang".
  • Gulir ke bawah hingga mencapai area yang ingin Anda tangkap dengan panjang, lalu pilih opsi "Selesai / Simpan" ketika Anda telah mencapai batas area yang diinginkan.
  • Sekali lagi, untuk melihat hasil tangkapan layar panjang, Anda dapat masuk ke menu Galeri atau Pengelolaan file.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda telah berhasil mengambil tangkapan layar panjang di Vivo Y30, Y30i, Y50, atau Y51 Anda. Semoga panduan ini bermanfaat dan berhasil.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.