Cara Screenshot HP Vivo Y20s G Panjang, 3 Jari dan Tombol

Cara Screenshot HP Vivo Y20s G

Setelah merilis seri Y20s, Vivo kembali merilis penerusnya di tahun ini, yaitu Vivo Y20s G. Dengan tambahan huruf "G" di namanya, Vivo Y20s G fokus pada performa gaming.

Vivo Y20s G dilengkapi dengan chipset Mediatek Helio G85, sebuah chipset yang bertenaga untuk bermain banyak game di kelas menengah. Smartphone ini juga memiliki RAM 4GB dan penyimpanan internal 128GB yang dapat diperluas melalui slot microSD. Baterainya berkapasitas besar, yaitu 5.000 mAh.

Selain spesifikasinya yang kuat, Vivo Y20s G juga menawarkan beragam fitur menarik, termasuk dalam hal pengambilan tangkapan layar. Vivo telah menyediakan beberapa cara yang mudah untuk mengambil screenshot.

Ada beberapa metode yang bisa digunakan untuk mengambil screenshot di Vivo Y20s G, termasuk menggunakan tombol fisik, notifikasi pusat, dan mode gestur dengan tiga jari. Jika Anda ingin tahu lebih lanjut tentang cara mengambil screenshot dengan metode-metode ini, berikut adalah tutorial screenshot di Vivo Y20s G yang dapat Anda ikuti.

Baca juga : Cara Mengeluarkan Air dari Speaker HP

Cara Screenshot Vivo Y20s G

Dengan Tombol Fisik

Seperti kebanyakan smartphone Android lainnya, cara pertama untuk mengambil screenshot di HP Vivo Y20s [G] adalah dengan menggunakan kombinasi tombol fisik.

Langkah-langkahnya cukup sederhana: pilih area layar yang ingin Anda screenshot, lalu tekan tombol Volume Bawah dan tombol Power secara bersamaan.


Ketika Anda menekan tombol-tombol ini bersamaan, layar ponsel akan berkedip, menandakan bahwa screenshot telah berhasil diambil. Hasil screenshot dapat Anda temukan di dalam Galeri ponsel Anda.

Melalui Fitur S-Capture

Selain menggunakan tombol fisik, Anda juga dapat mengambil screenshot di Vivo Y20s Series tanpa harus menggunakan tombol, yaitu dengan memanfaatkan fitur S-Capture yang terdapat dalam Bar Notifikasi.


Cara penggunaannya sangat praktis dan mudah. Anda hanya perlu mengarahkan layar pada area yang ingin Anda tangkap, kemudian tarik layar dari atas ke bawah untuk menampilkan Bar Notifikasi.

Setelah itu, klik menu S-Capture. Screenshot akan diambil dengan sukses, dan hasil tangkapan layarnya akan otomatis tersimpan di dalam Galeri.

Lewat Fitur Sentuhan Mudah

ni adalah salah satu fitur menarik yang memiliki fungsi mirip dengan Smart Sidebar yang ada di beberapa ponsel Oppo dan Realme.

Namun, Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu sebelum bisa menggunakannya. Untuk mengaktifkannya, masuk ke Pengaturan, cari menu Pintasan Aksesibilitas, dan aktifkan menu Sentuhan Mudah.

Setelah mengaktifkannya, Anda akan melihat ikon bola transparan muncul di layar. Cukup ketuk ikon bola tersebut, dan akan muncul beberapa opsi menu yang dapat Anda pilih. Untuk mengambil screenshot, pilih opsi Tangkapan Layar.

Baca juga : Cara Merekam Layar Samsung Galaxy M23

Dengan 3 Jari

Cara terakhir adalah dengan menggunakan sentuhan tiga jari. Mungkin Anda telah melihat orang lain mengambil screenshot dengan cara ini di ponsel mereka.

Kabar baiknya, Vivo telah menyematkan fitur screenshot dengan tiga jari di Y20s dan Y20s [G], yang tentu saja akan mempermudah Anda dalam pengambilan screenshot. Biasanya, fitur ini akan aktif secara default ketika Anda pertama kali menghidupkan ponsel.

Namun, untuk memastikan, Anda dapat masuk ke menu Pengaturan, lalu pilih Tangkapan Layar, dan lihat apakah tombol yang ada di samping menu Penangkapan Layar dengan Gesek Tiga Jari sudah berwarna hijau atau belum. Jika belum, aktifkan fitur ini.

Inilah keempat cara untuk mengambil screenshot di Vivo Y20s [G] yang patut dicoba. Menurut pendapat Anda, dari keempat cara di atas, cara mana yang paling praktis dan mudah digunakan?

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.