Cara Screenshot HP Oppo A53 Praktis dan Cepat

Cara Screenshot HP Oppo A53

Ada beberapa cara yang tersedia untuk mengambil tangkapan layar di Hp Oppo A53 tanpa perlu menggunakan aplikasi screenshot pihak ketiga. Namun, masih banyak pengguna yang belum menyadari fitur ini, terutama mereka yang baru mengenal perangkat Oppo.

Tangkapan layar sangat berguna untuk merekam gambaran dari apa yang terjadi di layar Oppo, baik itu untuk berbagi informasi kepada orang lain atau untuk menyimpan momen tertentu.

Mungkin ada pertanyaan apakah cara mengambil tangkapan layar pada Hp Oppo A53 ini sama dengan cara di Oppo A5s, A52, atau A54? Jawabannya adalah ya, caranya sama untuk berbagai seri perangkat Oppo ini.

Baca juga : Cara Upgrade Android 9.0 Pie untuk Meningkatkan Kinerja OPPO A5S

Cara Screenshot Oppo A53

Saat ini, membuat screenshot menjadi tugas yang lebih sederhana. Anda dapat memanfaatkan fitur screenshot bawaan yang disediakan oleh Oppo atau mengunduh aplikasi pihak ketiga khusus untuk tangkapan layar.

Selanjutnya, kita akan menjelaskan dengan lebih detail tentang cara membuat screenshot di Oppo A53. Bagi pengguna yang sudah memiliki pengalaman sebelumnya dengan perangkat ini, langkah-langkahnya akan menjadi lebih mudah dipraktekkan.

Dengan Kombinasi Tombol Fisik

Salah satu metode paling umum untuk mengambil tangkapan layar adalah dengan menggunakan kombinasi tombol Volume dan Power.

Berikut adalah cara mengambil screenshot di Oppo A53 menggunakan kombinasi tombol.

  1. Buka area pada ponsel yang ingin Anda tangkap.
  2. Tekan tombol Power dan tombol Volume Bawah secara bersamaan.
  3. Anda akan mendengar suara jepretan dan layar akan berkedip putih.
  4. Gambar hasil tangkapan layar akan otomatis tersimpan di Galeri Oppo.

Bagi sebagian pengguna, cara mengambil gambar layar dengan tombol adalah metode yang biasa digunakan. Namun, jika Anda ingin tahu cara mengambil screenshot di Oppo A53 tanpa menggunakan tombol, Anda dapat mengikuti panduan selanjutnya.

Menggunakan Tiga Jari

Jika tombol power atau volume pada Hp Anda mengalami kerusakan, Anda masih dapat menggunakan metode mengambil screenshot Oppo A53 menggunakan tiga jari. Cara ini sangat berguna untuk menjaga agar tombol tetap dalam kondisi baik.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka menu "Pengaturan" pada perangkat Oppo Anda.
  2. Pilih "Alat Bantu" atau "Peralatan Bantu" (tergantung versi sistem).
  3. Selanjutnya, pilih "Gestur & Gerakan" atau "Gesek & Gerakan".
  4. Aktifkan opsi "Screenshot Tiga Jari".
  5. Siapkan halaman atau area yang ingin Anda tangkap.
  6. Tempatkan tiga jari Anda di atas layar.
  7. Tarik ketiga jari Anda ke bawah.
  8. Anda akan melihat gambar miniatur tangkapan layar tersebut.
  9. Anda dapat menyimpannya ke galeri atau melakukan pengeditan jika diperlukan.

Banyak produsen smartphone telah menyertakan fitur ini karena selain praktis, mengambil screenshot dengan menggunakan tiga jari juga dapat membantu mencegah kerusakan pada tombol perangkat.

Screenshot Panjang Oppo A53

Jika Anda ingin mengambil tangkapan layar dari seluruh halaman, Anda dapat menggunakan metode "long screenshot" atau "screenshot panjang." Untuk yang belum familiar dengan cara melakukannya, berikut panduannya.

  1. Lakukan tangkapan layar seperti yang dijelaskan sebelumnya.
  2. Setelah itu, pilih opsi "Screenshot Panjang" atau "Long Screenshot".
  3. Selanjutnya, gulirkan halaman atau konten sampai ke bagian paling bawah.
  4. Setelah selesai, tekan "Selesai" untuk menyimpan tangkapan layar panjang tersebut.
  5. Anda juga memiliki opsi untuk mengedit hasil tangkapan layar panjang ini jika diperlukan.

Dengan mengikuti cara mengambil screenshot panjang di Oppo A53, Anda dapat dengan mudah mengabadikan gambar seluruh halaman, mulai dari atas hingga bawah.

Baca juga : Cara Ganti Icon Baterai dan Sinyal di Android

Akhir Kata

Melalui panduan ini, terlihat bahwa mengambil screenshot di HP Oppo A53 memiliki beragam metode yang mudah dilakukan. Anda dapat memilih cara yang menurut Anda paling cepat dan efisien.

Anda dapat membuat tangkapan layar tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan atau melakukan root. Cara-cara untuk mengambil screenshot yang dijelaskan di atas dapat diterapkan pada berbagai perangkat Oppo, seperti Oppo A5s, A5, A53, dan A52, serta pada semua ponsel Oppo berbasis sistem operasi Android.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.