Cara Screenshot HP Samsung Galaxy M14

Cara Screenshot HP Samsung Galaxy M14

Samsung memperkenalkan ponsel Galaxy M14 di kelas menengah pada Maret 2023. Perangkat ini dilengkapi dengan layar PLS LCD berukuran 6,6 inci dan resolusi FHD+ dengan kecepatan refresh 90Hz. Di sektor kinerja, Galaxy M14 menggunakan chipset Exynos 1330 dengan pilihan memori internal hingga 6/128GB dan dapat diperluas hingga 1TB. Ponsel ini menjalankan sistem operasi Android 13 dengan antarmuka One UI Core 5.1, yang membawa banyak fitur tambahan, termasuk fitur tangkap layar atau screenshot.

Fitur tangkap layar memungkinkan pengguna untuk mengambil gambar yang ditampilkan di layar ponsel mereka. Berikut adalah cara mengambil tangkapan layar di Samsung Galaxy M14.

Baca juga : Cara Screenshot Samsung Galaxy A52 Paling Praktis

Cara Screenshot Samsung Galaxy M14

1. Tombol Kombinasi

Salah satu metode paling umum untuk mengambil screenshot pada sebagian besar perangkat Android, termasuk Samsung Galaxy M14, adalah dengan tombol kombinasi. Berikut langkah-langkahnya:

  • Navigasikan ke tampilan layar yang ingin Anda tangkap.
  • Tekan dan tahan tombol Power (tombol daya) dan tombol Volume Down (volume bawah) secara bersamaan.
  • Tahan tombol-tombol tersebut selama beberapa detik hingga Anda mendengar suara shutter dan layar akan berkedip. Ini menandakan bahwa screenshot telah berhasil diambil.
  • Anda akan menemukan tangkapan layar yang diambil di bilah notifikasi ponsel Anda. Anda juga dapat mengaksesnya melalui aplikasi Galeri.

2. Panel Edge

Samsung Galaxy M14 dilengkapi dengan Panel Edge, yang memungkinkan Anda mengambil screenshot dengan cepat. Berikut langkah-langkahnya:

  • Gesek sisi layar ponsel Anda ke dalam dari tepi layar untuk membuka Panel Edge.
  • Di dalam Panel Edge, cari dan ketuk ikon "Screenshot".
  • Layar akan berkedip, menandakan bahwa screenshot telah berhasil diambil.
  • Anda akan menemukan tangkapan layar yang diambil di bilah notifikasi ponsel Anda dan dapat mengaksesnya melalui aplikasi Galeri.

3. Menu Asisten

Asisten Google adalah alat yang sangat berguna yang hadir di hampir semua perangkat Android. Anda dapat mengambil screenshot dengan perintah suara menggunakan Asisten Google. Lakukan hal berikut:

  • Ucapkan "Hey Google" atau tekan dan tahan tombol Home untuk mengaktifkan Asisten Google.
  • Kemudian katakan, "Ambil tangkapan layar".
  • Asisten Google akan mengambil tangkapan layar untuk Anda.
  • Anda akan menemukan screenshot yang diambil di aplikasi Galeri.

4. Screenshot Panjang

Selain dari metode-metode di atas, Samsung Galaxy M14 memiliki fitur Scroll Capture yang memungkinkan Anda mengambil screenshot yang panjang, seperti tangkapan layar seluruh halaman web atau dokumen. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka pengaturan Samsung Galaxy M14 Anda.
  • Gulir ke bawah dan pilih opsi "Fitur Lanjutan".
  • Di bawah "Fitur Lanjutan," cari dan ketuk "Gambar Layar dan Perekam Layar".
  • Aktifkan opsi "Bilah Alat Gambar Layar".
  • Setelah diaktifkan, saat Anda mengambil screenshot, Anda akan melihat Bilah Alat Gambar Layar.
  • Untuk mengambil screenshot panjang, ketuk ikon anak panah ke bawah di Bilah Alat Gambar Layar.
  • Ketuk beberapa kali untuk merekam tampilan layar secara bertahap saat Anda menggesek ke bawah.
  • Selesai! Anda telah berhasil mengambil screenshot panjang.

Metode ini sangat berguna ketika Anda perlu merekam tampilan layar yang panjang, seperti halaman web yang memerlukan beberapa guliran.

Cara Mengedit dan Membagikan Screenshot

Setelah Anda berhasil mengambil screenshot pada Samsung Galaxy M14, Anda memiliki opsi untuk mengedit dan membagikannya sesuai kebutuhan Anda.

Untuk mengedit screenshot, buka gambar tangkapan layar di aplikasi Galeri. Anda dapat menambahkan teks, menandai gambar, atau mengganti warna dengan berbagai alat penyuntingan yang tersedia.

Setelah mengedit, Anda dapat membagikan screenshot tersebut dengan teman, keluarga, atau rekan kerja Anda melalui pesan teks, email, media sosial, atau aplikasi berbagi lainnya.

Jika Anda ingin menghapus screenshot yang tidak perlu, Anda juga dapat melakukannya melalui aplikasi Galeri.

Baca juga : Cara Screenshot Panjang di Semua HP Android

Kesimpulan

Mengambil screenshot pada Samsung Galaxy M14 adalah proses yang mudah dan dapat dilakukan dengan berbagai metode yang berbeda. Anda dapat menggunakan tombol kombinasi, Panel Edge, Asisten Google, atau fitur Scroll Capture untuk mengambil tangkapan layar. Setelah Anda mengambil screenshot, Anda juga memiliki opsi untuk mengeditnya dan membagikannya sesuai kebutuhan Anda.

Dengan pemahaman ini, Anda akan lebih cakap dalam mengabadikan momen penting, berbagi informasi, atau menyimpan tampilan layar yang relevan. Semoga panduan ini membantu Anda menguasai seni mengambil screenshot di Samsung Galaxy M14 Anda, dan Anda dapat menggunakannya sesuai kebutuhan Anda.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.