3 Cara Screenhsot Samsung Galaxy A52 Paling Praktis

Screenhsot Samsung Galaxy A52

Samsung baru-baru ini merilis seri terbarunya, yaitu Samsung Galaxy A52. Galaxy A52 dilengkapi dengan fitur tangkapan layar yang sangat berguna, yang memungkinkan pengguna untuk mengambil gambar dari layar ponsel mereka.

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang cara mengambil tangkapan layar di Samsung A52, mari kita lihat spesifikasi utama dari perangkat ini.

Samsung Galaxy A52 hadir dengan layar Super AMOLED seluas 6,5 inci beresolusi FHD+ (1080 x 2400 piksel). Layar ini memberikan tampilan yang jernih dan tajam.

Samsung A52 ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 720G. Perangkat ini memiliki pilihan memori internal hingga 8GB RAM dan penyimpanan hingga 256GB, yang dapat diperluas dengan kartu microSD hingga 1TB sesuai kebutuhan.

Perangkat Samsung Galaxy A52 menjalankan sistem operasi Android 11 dengan antarmuka One UI 3.1. One UI 3.1 membawa sejumlah fitur tambahan yang berguna, salah satunya adalah fitur tangkapan layar.

Berikut ini adalah langkah-langkah cara mengambil tangkapan layar di Samsung Galaxy A52.

Baca juga : Cara Screenshot HP Samsung Galaxy M14

Cara Screenshot Samsung Galaxy A52

1. Menggunakan Tombol Fisik

Cara paling umum dan tradisional untuk mengambil screenshot pada Samsung Galaxy A52 adalah dengan menggunakan tombol fisik, yaitu tombol Volume Bawah dan tombol Power. Berikut langkah-langkahnya.

  • Buka aplikasi atau tampilan layar yang ingin Anda abadikan dalam tangkapan layar.
  • Untuk mengambil screenshot, tekan tombol Volume Bawah (biasanya terletak di sisi perangkat) dan tombol Power (biasanya terletak di sisi lain) secara bersamaan. Tekan kedua tombol ini sebentar hingga Anda mendengar suara jepretan atau melihat efek kilatan layar yang menandakan bahwa tangkapan layar telah diambil.
  • Setelah berhasil mengambil tangkapan layar, Anda akan melihatnya sejenak pada layar sebagai gambar kecil. Di sini, Anda dapat melihat, berbagi, atau mengedit tangkapan layar tersebut sesuai kebutuhan Anda.

2. Menggunakan Gesture

Samsung Galaxy A52 menyediakan opsi untuk mengambil screenshot dengan mudah menggunakan gestur. Gesture adalah metode yang memungkinkan Anda untuk mengambil screenshot dengan menggeser telapak tangan secara horizontal melintasi layar. Untuk menggunakan gesture, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi Pengaturan pada perangkat Anda.
  • Gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi "Gerakan dan Gestur" dan ketuk.
  • Aktifkan Gestur Tangkapan Layar: Di dalam pengaturan "Gerakan dan Gestur", cari opsi yang berkaitan dengan "Tangkapan Layar dengan Gestur" atau sejenisnya. Aktifkan opsi ini.
  • Sekarang, Anda dapat menggunakan gestur untuk mengambil screenshot. Cukup geser telapak tangan secara horizontal melintasi layar dari sisi kiri ke kanan atau sebaliknya. Perangkat akan mendeteksi gestur ini dan mengambil tangkapan layar.
  • Setelah mengambil screenshot, Anda dapat melihat, berbagi, atau mengeditnya sesuai kebutuhan Anda.

Baca juga : Cara Menghilangkan Iklan Mengganggu di HP Xiaomi

3. Menggunakan Panel Edge

Panel Edge adalah salah satu fitur unik yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A52. Dengan Panel Edge, Anda dapat mengakses berbagai pintasan dan fitur dengan cepat, termasuk opsi untuk mengambil screenshot. Untuk menggunakan Panel Edge untuk mengambil screenshot, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Geser ujung jari Anda dari tepi layar ke tengah untuk membuka Panel Edge. Pastikan Anda telah mengaktifkan Panel Edge terlebih dahulu melalui pengaturan perangkat.
  • Di dalam Panel Edge, cari pintasan yang mengarah pada fungsi screenshot. Biasanya, Anda akan menemukan ikon kamera atau ikon tangkapan layar.
  • Ketuk ikon tangkapan layar untuk mengambil screenshot. Perangkat akan segera mengambil tangkapan layar dari layar yang sedang Anda tampilkan.
  • Setelah mengambil screenshot, Anda akan dapat melihatnya sejenak dan memilih untuk menyimpannya atau berbagi dengan cara yang Anda inginkan.

Demikian, begitulah cara mengambil screenshot  atau tangkapan layar pada ponsel Samsung Galaxy A52. Semoga bermanfaat.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.