4 Cara Screenshot Samsung M02 Panjang dan Tombol

Screenshot Samsung M02

Ketika mendengar nama Samsung Galaxy M02, kita pasti langsung teringat pada smartphone kelas menengah dengan kinerja yang tangguh. Ponsel yang kaya fitur ini memang menjadi pilihan menarik bagi berbagai kalangan. Salah satu fitur yang mencolok adalah cara melakukan tangkapan layar di Realme C2.

Tangkapan layar adalah salah satu fitur umum yang ada di hampir semua ponsel Android. Namun, cara menggunakan fitur ini seringkali berbeda-beda antara merek dan tipe ponsel yang berbeda.

Cara mengambil tangkapan layar di Samsung tentu berbeda dengan cara melakukan hal yang sama di Vivo Y12 dan beberapa jenis ponsel lainnya yang ada saat ini. Meskipun begitu, ada beberapa cara untuk mengambil tangkapan layar di Realme yang mirip dengan cara di ponsel Android merek lain, yaitu dengan mengombinasikan tombol fisik.

Tangkapan layar adalah fitur yang sangat penting dalam ponsel Android, bahkan hampir semua smartphone harus memiliki fitur ini. Dengan adanya fitur ini, kita dapat dengan mudah mengambil gambar layar dan menyimpannya di galeri ponsel.

Dulu, untuk mengambil tangkapan layar, kita hanya bisa menggunakan tombol fisik. Namun, sekarang ada banyak fitur menarik lainnya yang memungkinkan kita untuk mengambil tangkapan layar, mulai dari penggunaan tiga jari hingga mengusap layar.

Baca juga : Cara Screenshot HP Samsung Galaxy A24

Cara Screenshot Samsung Galaxy M02

Bagi pengguna ponsel Samsung yang baru, ada beberapa cara berbeda untuk mengambil tangkapan layar. Mulai dari yang paling sederhana dengan menggunakan kombinasi tombol fisik, hingga fitur gestur dan bahkan tangkapan layar panjang di Samsung Galaxy.

Samsung Galaxy M02 menarik perhatian pengguna ponsel Android yang mencari ponsel dengan baterai besar. Layar lebar pada ponsel ini juga menjadi nilai tambah pada ponsel dengan harga sekitar satu jutaan.

Jika Anda masih bingung tentang Cara Mengambil Tangkapan Layar di Samsung M02, ikuti langkah-langkah berikut ini. Beberapa fitur mungkin perlu diaktifkan terlebih dahulu sebelum Anda dapat mengambil tangkapan layar.

1. Dengan Kombinasi Tombol Fisik

Tangkapan Layar (Screenshot) menggunakan kombinasi tombol fisik adalah salah satu jenis tangkapan layar yang umumnya wajib dan masih sangat populer hingga saat ini. Meskipun ada cara lain yang lebih mudah, metode kombinasi tombol fisik tetap menjadi yang paling banyak digunakan.

Cara melakukannya adalah dengan menekan tombol Volume Bawah + Tombol Power secara bersamaan. Dengan melakukan kombinasi ini, Anda secara otomatis akan mengambil tangkapan layar. Metode ini dapat digunakan di semua ponsel Samsung, termasuk Samsung Galaxy M02.

2. Dengan Usap Layar

Cara kedua adalah dengan mengusap layar untuk mengambil tangkapan layar. Namun, sebelumnya, pengguna harus mengaktifkan fitur Gesture Motion untuk menggunakan cara ini.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka Pengaturan pada Samsung M02, kemudian pilih menu "Fitur Lanjutan".
  • Selanjutnya, pilih menu "Gerakan dan Gesture".
  • Aktifkan opsi "Usapkan Telapak Tangan Untuk Mengambil".
  • Setelah fitur ini diaktifkan, Anda dapat mengambil tangkapan layar dengan mengusapkan tepi tangan Anda di seluruh layar.
  • Hasil tangkapan layar akan disimpan dalam galeri ponsel.

Hanya dengan mengusapkan tangan di layar setelah fitur ini diaktifkan, Anda akan dengan otomatis mengambil tangkapan layar. Pastikan untuk mengaktifkan fitur ini terlebih dahulu agar Anda dapat menggunakannya untuk mengambil tangkapan layar.

3. Memunculkan Pop Up Screenshot

Selanjutnya, Cara Mengambil Tangkapan Layar di Samsung M02 menggunakan fitur POP UP Screenshot. Cara ini terbilang cukup sederhana, di mana pengguna hanya perlu memanfaatkan fitur pop up. Untuk menggunakan fitur ini, silakan aktifkan terlebih dahulu fitur POP UP dalam menu pengaturan.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka menu "Pengaturan" pada ponsel Anda.
  • Selanjutnya, pilih opsi "Aksesibilitas".
  • Lalu pilih menu "Interaksi dan Kecekatan".
  • Setelah itu, aktifkan opsi "Menu Asisten".
  • Kemudian, klik tombol virtual yang muncul di layar.
  • Klik "Gambar Layar" untuk mengambil tangkapan layar.
  • Setelah Anda mengaktifkan fitur ini, pop-up akan selalu muncul.

Untuk menggunakan fitur pop-up di atas, Anda hanya perlu mengetuk pintasan atau pop-up yang muncul di layar ponsel setelah Anda mengaktifkannya dengan langkah-langkah di atas. Hasil tangkapan layar akan disimpan dalam galeri ponsel.

Baca juga : Cara Cek IMEI Xiaomi yang Terkunci untuk Semua Tipe

4. Screenshot Panjang

Terakhir, ada fitur tangkapan layar panjang di Samsung yang memungkinkan Anda untuk mengambil tangkapan layar yang lebih panjang. Anda perlu mengaktifkan fitur ini melalui menu pengaturan Samsung sebelum dapat menggunakannya. Berikut adalah panduan untuk mengaktifkannya.

  • Buka "Menu Pengaturan" pada ponsel Anda.
  • Pilih "Fitur Lanjutan".
  • Selanjutnya, pilih menu "Gambar Layar dan Perekam Layar".
  • Aktifkan opsi "Bilah Alat Gambar Layar" atau "Screenshoot Toolbar".

Setelah Anda mengaktifkan Screenshoot Toolbar, Anda dapat mencoba mengambil tangkapan layar. Setelah pengambilan tangkapan layar berhasil, Screenshot Toolbar akan muncul. Untuk mengambil tangkapan layar yang panjang, klik ikon panah ke bawah. Klik beberapa kali sesuai dengan seberapa panjang tangkapan layar yang Anda inginkan.

Sebagai pengguna ponsel Samsung, penting untuk mengetahui tentang fitur tangkapan layar panjang. Tangkapan layar panjang sering digunakan untuk berbagai keperluan di mana Anda perlu mengambil gambar layar hingga ke bawah.

Demikianlah beberapa langkah mudah yang mungkin perlu Anda ketahui sebagai pengguna ponsel Samsung. Cara termudah untuk Mengambil Tangkapan Layar di Samsung M02 adalah dengan menggunakan kombinasi tombol fisik, di mana pengguna tidak perlu mengaktifkan fitur apa pun terlebih dahulu.

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.