Cara Menampilkan Widget Jam di Desktop Windows 10 / 11

Jika Anda ingin menampilkan jam digital atau analog di desktop, Anda berada di tempat yang tepat. Dalam panduan ini, kami akan menunjukkan cara menginstal jam di desktop pada PC atau laptop dengan sistem operasi Windows 11 atau Windows 10.

Untuk alasan keamanan, Microsoft telah menghapus gadget desktop dari Windows 10 dan menggantinya dengan berbagai aplikasi yang tersedia di Microsoft Store.

Banyak pengguna merasa kehilangan berbagai gadget yang sebelumnya menjadi bagian dari produktivitas harian mereka. Salah satunya adalah jam desktop yang lebih besar dan lebih jelas terlihat, dibandingkan dengan jam kecil yang ada di bagian bawah layar.

Cara Menambah widget jam di Windows 11

Sebuah jam digital, berlawanan dengan jam analog yang menggunakan jarum-jarum bergerak, menampilkan waktu dalam bentuk angka atau simbol lainnya. Di Windows 11, ada beberapa cara untuk menampilkan jam digital secara menarik, salah satunya menggunakan aplikasi Rainmeter dan 8GadgetPack.

Rainmeter adalah perangkat lunak kustomisasi desktop yang sangat populer di platform Windows. Ini memungkinkan pengguna untuk menginstal dan mengatur skin, yaitu applet kecil yang mengapung di desktop dan menyediakan berbagai informasi dan fungsi tambahan. Skin Rainmeter tidak hanya memperindah tampilan desktop, tetapi juga memberikan akses cepat ke informasi sistem seperti penggunaan RAM, keadaan baterai, dan data internet seperti email, RSS feed, dan perkiraan cuaca.

Keunggulan Rainmeter terletak pada fleksibilitasnya dalam memungkinkan pengguna untuk mengontrol dan menyesuaikan tampilan desktop mereka sesuai kebutuhan. Skin ini dapat menyediakan pengawasan yang mendetail terhadap berbagai parameter sistem, serta menyediakan fungsi praktis seperti catatan, daftar tugas, dan pengelolaan media.

Istilah "skin" dalam konteks Rainmeter mencakup berbagai macam elemen. Ada skin sederhana yang berfungsi mirip dengan gadget desktop Windows atau widget Android, serta yang lebih kompleks dengan antarmuka yang dirancang khusus untuk mengubah bentuk dan fungsi. Beberapa skin bahkan hadir dalam paket lengkap ("suite") dengan alat tambahan untuk menyesuaikan tampilan mereka.

Komunitas pengguna Rainmeter yang luas telah menciptakan ribuan skin yang tersedia untuk diunduh dan digunakan. Ini mencakup berbagai gaya dan fungsi, memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan desktop mereka sesuai preferensi estetika dan fungsionalitas.

Untuk menggunakan Rainmeter dalam menampilkan jam di desktop Windows 11, berikut langkah-langkahnya.

  • Unduh dan instal Rainmeter dari situs resminya.
  • Temukan skin jam disini dan pilih yang kalian inginkan dari koleksi yang tersedia, baik itu jam analog maupun digital.
  • Setelah mengunduh skin jam, instal dengan mengklik dua kali file yang telah diunduh.
    Instal Skin Rainmeter
  • Sesuaikan posisi dan tampilan jam menggunakan antarmuka pengaturan Rainmeter sesuai preferensi Anda.

Cara Menampilkan Jam Digital di Desktop Windows 10

Untungnya, masih ada beberapa opsi gadget yang tersedia untuk menambahkan jam digital dan analog ke desktop. Salah satunya adalah menggunakan 8GadgetPack untuk Windows 10, yang merupakan solusi praktis untuk memasukkan berbagai gaya jam ke desktop Anda.

8GadgetPack membawa kembali widget dari Windows 7 ke Windows 8, Windows 8.1, dan Windows 10. Ini menyediakan kumpulan 49 gadget umum yang dapat ditempatkan di desktop dan mengaktifkan sidebar. Salah satu keunggulan utama dari 8GadgetPack adalah kemampuannya untuk menampilkan jam digital yang sederhana dan ramah pengguna, serta menyediakan fungsi tambahan seperti alarm dan kalender.

Pengguna dapat dengan mudah menyesuaikan tampilan desktop mereka dengan menambahkan jam digital menggunakan 8GadgetPack. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur tambahan seperti ramalan cuaca, pengawasan penggunaan CPU dan RAM, konversi mata uang, pembaca feed, dan bahkan jam alarm yang dapat dijadwalkan.

8GadgetPack juga menyertakan berbagai gadget lainnya seperti alat pemantauan diagnostik, bilah pencarian Google, peluncur Gmail, pemantauan GPU dan jaringan, stasiun radio, dan kontrol volume, serta banyak lagi. Ini semua dapat diintegrasikan secara mulus ke dalam lingkungan Windows tanpa mengganggu kinerja sistem.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengaktifkan jam digital di desktop Windows 10 menggunakan 8GadgetPack:

  • Unduh 8GadgetPack dari situs web resminya.
  • Instal aplikasi setelah selesai mengunduhnya.
  • Setelah proses instalasi selesai, Anda akan melihat sidebar dibuat di sisi kanan desktop Anda.
  • Untuk menyesuaikan gadget secara manual, klik kanan pada desktop dan pilih "Gadget".
  • Temukan widget "Digitalclock" dan seret ke desktop untuk menampilkan jam digital.
    Gadget Windows 10
  • Anda dapat mengatur berbagai gaya dan tata letak jam sesuai preferensi Anda melalui pengaturan yang disediakan.

Selain menambahkan jam digital, kita juga dapat memperkaya desktop dengan menambahkan CPU Meter, Clipboard, Kalender, Sticky Notes, Recycle Bin, serta berbagai gadget bermanfaat lainnya. Setelah mengklik jam, Anda dapat dengan mudah menempatkannya di mana saja di desktop.

Itulah cara menambahkan dan menampilkan jam digital di desktop Windows 11 dan Windows 10 menggunakan Rainmeter dan 8GadgetPack.

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.

Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.