7 Cara Mengatasi Rotasi Layar HP Android Tidak Berfungsi

Fitur Rotasi Layar HP

Pernahkah kamu mengalami situasi di mana kamu ingin menampilkan gambar atau dokumen dalam mode lanskap di ponsel, tetapi layarnya tidak berputar? Kamu perlu mengetahui cara mengatasi masalah rotasi otomatis Android yang tidak berfungsi melalui tutorial di sini.

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan rotasi layar HP tidak berfungsi dengan baik, seperti pengaturan layar yang salah, sensor Giroskop dan Akselerometer yang rusak, serta masalah pada perangkat lunak.

Penyebab Rotasi Layar Tidak Berfungsi

Penyebab Rotasi Layar HP Tidak Berfungsi

Masalah rotasi layar yang tidak berfungsi bisa disebabkan oleh beberapa hal. Berikut beberapa kemungkinannya:

1. Auto-Rotate Tidak Aktif

 Pastikan fitur auto-rotate atau rotasi otomatis pada perangkat Anda sudah diaktifkan. Biasanya dapat ditemukan di menu pengaturan layar atau notifikasi cepat.

2. Aplikasi Pihak Ketiga

Beberapa aplikasi pihak ketiga mungkin memiliki pengaturan sendiri terkait rotasi layar. Pastikan pengaturan ini tidak memblokir rotasi layar secara keseluruhan.

3. Pengaturan Sistem

Terkadang ada masalah dengan pengaturan sistem atau perangkat lunak yang dapat mempengaruhi fungsi rotasi layar. Memeriksa pembaruan sistem atau melakukan restart perangkat dapat membantu.

4. Sensor Rotasi atau Gyroscope

Kerusakan pada sensor rotasi atau gyroscope pada perangkat dapat mengakibatkan tidak berfungsinya rotasi layar. Hal ini mungkin memerlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh teknisi.

5. Bug Perangkat Lunak

Kadang-kadang, perangkat lunak dapat mengalami bug yang mempengaruhi fungsi rotasi layar. Pembaruan perangkat lunak atau reset pengaturan pabrik mungkin diperlukan untuk memperbaikinya.

Untuk mengatasi masalah layar HP yang tidak dapat melakukan rotasi, terdapat beberapa langkah yang dapat dilakukan. Ayo, kita lanjutkan pembahasannya.

Cara Mengatasi Rotasi Layar Tidak Berfungsi di HP Android

Jika mengalami masalah seperti ini, jangan khawatir karena beberapa panduan berikut dapat membantu mengatasi rotasi layar Hp Android yang tidak berfungsi.

1. Restart HP

Restart HP

Cara yang sederhana seperti restart atau memulai ulang ponsel dapat memperbaiki sebagian besar masalah yang terkait dengan perangkat lunak di Android. Meskipun banyak dari kita cenderung menggunakan ponsel tanpa restart selama berhari-hari atau berminggu-minggu, memulai ulang ponsel akan membantu menyegarkan sistem, menutup aplikasi dan proses yang sedang berjalan, serta memperbaiki beberapa bug.

Sebelum mencoba solusi lain yang dijelaskan dalam artikel ini, disarankan untuk melakukan restart ponsel Anda sekarang.

Caranya adalah dengan menahan tombol Power pada ponsel Anda, kemudian pilih opsi Restart atau Mulai Ulang. Alternatifnya, Anda dapat menekan tombol Power selama lebih dari 8 detik untuk melakukan restart paksa.

2. Cek Pengaturan Rotasi Otomatis

Google memperkenalkan fitur Suggestion Rotasi mulai dari Android 9 Pie sebagai metode lebih canggih untuk mengatur rotasi layar pada perangkat Android.

Fitur ini secara default mematikan rotasi layar otomatis, memberikan pengguna pilihan untuk memutar layar secara manual ketika ponsel dimiringkan ke samping.

Begini cara kerjanya: saat Anda memiringkan ponsel, sebuah tombol lingkaran akan muncul di sudut kiri bawah layar. Dengan mengetuk tombol ini, Anda dapat memutar layar sesuai keinginan.

Mengapa ini penting? Pengaturan rotasi otomatis sering kali memutar layar lebih sering daripada yang dibutuhkan, menyebabkan ketidaknyamanan yang tidak perlu.

Jika Anda mengalami masalah dengan rotasi layar pada perangkat Android Anda atau kurang menyukai fitur ini, Anda dapat mengaktifkan kembali rotasi layar otomatis. Caranya, buka panel pengaturan cepat dan ketuk Rotasi Otomatis. Alternatifnya, masuk ke Pengaturan > Tampilan > Rotasi otomatis. Dengan asumsi tidak ada masalah dengan sensor, layar ponsel Anda akan kembali berputar secara otomatis.

3. Kalibrasi Sensor

Kalibrasi Sensor

Meskipun Anda telah mengaktifkan Rotasi Otomatis dalam pengaturan perangkat Anda, layar mungkin tetap tidak akan berputar jika sensor Giroskop dan Akselerometer mengalami kerusakan.

Salah satu cara untuk mendiagnosis dan memperbaiki masalah pada kedua sensor ini adalah dengan melakukan kalibrasi menggunakan aplikasi GPS Status & Toolbox.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Instal aplikasi GPS Status & Toolbox dari Play Store.
  • Buka aplikasi tersebut, kemudian ketuk tombol menu di sudut kiri atas antarmuka aplikasi.
  • Pilih opsi "Diagnose sensors".
  • Miringkan ponsel Anda dan perhatikan respons sensor Giroskop dan Akselerometer untuk memastikan keduanya berfungsi dengan baik.

4. Periksa Pengaturan Rotasi di Aplikasi

Meskipun Anda telah mengaktifkan fitur rotasi otomatis pada layar, beberapa aplikasi mungkin memilih untuk tidak memutar layar secara otomatis secara default. Ini sering terjadi pada aplikasi seperti pemutar video, browser, dan lainnya, yang menonaktifkan rotasi otomatis untuk menghindari gangguan dan perubahan orientasi layar yang tidak diinginkan.

Namun, beberapa aplikasi juga menyediakan opsi untuk memutar layar ketika diperlukan. Misalnya, banyak aplikasi pemutar video memiliki tombol rotasi khusus di antarmuka mereka yang memungkinkan Anda untuk memutar layar sesuai keinginan.

Penting untuk diingat bahwa tidak semua aplikasi mendukung rotasi layar. Beberapa aplikasi hanya dapat digunakan dalam mode potret dan tidak mendukung perubahan orientasi layar.

5. Update Sistem

Update Sistem Android

Jika auto-rotate pada Android tidak berfungsi, hal itu mungkin disebabkan oleh gangguan atau bug dalam perangkat lunak.

Setelah melakukan restart ponsel dan masalah masih belum teratasi, disarankan untuk mempertimbangkan untuk memperbarui perangkat lunak. Produsen smartphone mungkin telah mengatasi masalah ini dalam pembaruan terbaru mereka.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka menu Pembaruan Perangkat Lunak di ponsel Anda.
  • Periksa apakah ada pembaruan yang belum diinstal. Jika ada, pastikan untuk terhubung ke jaringan Wi-Fi untuk mengunduh dan menginstal pembaruan tersebut.
  • Aplikasi Pembaruan Perangkat Lunak biasanya dapat ditemukan di Pengaturan > Sistem > Pembaruan Sistem.

Dengan melakukan pembaruan perangkat lunak, diharapkan masalah auto-rotate dapat teratasi.

6. Masuk ke Safe Mode

Jika setelah menginstal sebuah aplikasi baru masalah rotasi muncul pada Hp Anda, kemungkinan besar masalah tersebut disebabkan oleh bug dalam aplikasi yang baru saja diinstal. Disarankan untuk menghapus aplikasi tersebut agar dapat memperbaiki masalah rotasi.

Namun sebelum melakukan itu, disarankan untuk masuk ke Safe Mode terlebih dahulu untuk memastikan bahwa masalahnya benar-benar disebabkan oleh aplikasi baru tersebut.

Safe Mode pada Hp Android dirancang untuk membantu pengguna mendiagnosis dan memperbaiki masalah perangkat lunak. Mode ini akan menonaktifkan semua aplikasi pihak ketiga, hanya menyisakan aplikasi bawaan.

Berikut adalah langkah-langkah untuk masuk ke Safe Mode pada Hp Android:

  • Tekan dan tahan tombol Daya untuk membuka menu daya.
  • Klik dan tahan opsi "Matikan" perangkat hingga muncul menu pop-up.
  • Pilih opsi "Reboot to Safe mode" atau "Masuk ke Safe Mode" dan klik "Ok". Tunggu sampai proses restart selesai.

Setelah masuk ke Safe Mode, coba putar layar untuk melihat apakah masalah rotasi telah teratasi. Jika rotasi berfungsi dengan baik di Safe Mode, kemungkinan besar masalahnya memang disebabkan oleh aplikasi yang baru saja diinstal. Anda dapat mencari dan menghapus aplikasi tersebut.

Jika dalam Safe Mode layar masih tidak dapat melakukan rotasi, ini menunjukkan bahwa masalahnya bukan disebabkan oleh perangkat lunak. Sebaiknya Anda mengunjungi Service Center untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

7. Kunjungsi Service Center

Jika setelah mengikuti beberapa panduan di atas layar Hp Anda masih tidak berputar secara otomatis, saatnya untuk membawanya ke tukang reparasi atau Service Center. Kemungkinan beberapa sensor pada ponsel Anda tidak berfungsi dengan baik, dan hal ini tidak dapat diperbaiki sendiri di rumah.

Carilah dan kunjungi service center terdekat di kota Anda untuk mendapatkan bantuan teknis.

Demikianlah panduan tentang cara mengatasi masalah rotasi layar yang tidak berfungsi secara otomatis di Hp Android. Kami berharap informasi ini dapat membantu memperbaiki masalah tanpa perlu melakukan reset atau harus membawa ponsel ke tukang servis.

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.