Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone vivo V20 SE

Pada seri vivo V20, terdapat varian yang lebih ringan yang dikenal dengan nama vivo V20 SE. Perbandingan antara keduanya sebenarnya tidak terlalu jauh, dan perbedaan harga keduanya hanya sekitar Rp1 juta saja. Sehingga, sebagian besar fitur yang ada di vivo V20 juga dapat ditemukan di varian SE ini.

vivo V20 SE

Spesifikasi vivo V20 SE
  • Layar: AMOLED 6,64 inches
  • Chipset: Qualcomm SDM665 Snapdragon 665 (11 nm)
  • CPU: Octa-core (4×2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4×1.8 GHz Kryo 260 Silver)
  • GPU: Adreno 610
  • RAM: 8 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: Triple 48 MP + 8 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 32 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4100 mAh

SelengkapnyaSpesifikasi vivo V20 SE dan Harganya

Meskipun demikian, jika dilihat dari nilai jualnya, vivo V20 SE dapat dianggap sebagai pesaing yang cukup tangguh di kisaran harga Rp4 jutaan. Tertarik untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan yang ditawarkan oleh vivo V20 SE? Berikut adalah beberapa poin yang bisa membantu Anda memahami lebih jauh mengenai ponsel ini.

Kelebihan dan Kekurangan vivo V20 SE

Kelebihan

Vivo selalu menempatkan fotografi sebagai salah satu fokus utama dalam pengembangan produknya, mengakui kebutuhan pengguna akan konten yang menarik untuk platform sosial seperti Instagram. Meskipun Vivo V20 SE hanya dilengkapi dengan triple camera, hal ini tidak mengurangi kualitas hasil foto yang dapat dipamerkan.

Kamera vivo V20 SE

Seperti halnya Vivo V19, edisi ringan dari Vivo V20 ini juga menawarkan kamera utama belakang dengan resolusi 48 MP. Meskipun tidak sebesar Vivo V20 reguler yang memiliki kamera 64 MP, resolusi 48 MP tetap menghasilkan foto yang memuaskan.

Kamera utama ini didukung oleh dua lensa tambahan, yaitu kamera kedalaman 2 MP dan lensa 8 MP yang dapat berfungsi sebagai sensor makro dan ultra lebar sekaligus.

Kemampuan fotografi dari jarak dekat memungkinkan pengguna untuk mengambil gambar dengan detail hingga jarak 2,5 cm, sementara fitur ultra lebar menyediakan sudut pandang luas hingga 120 derajat.

Baik dalam kondisi pencahayaan siang maupun malam, hasil foto yang dihasilkan sangatlah tajam dan jernih. Mode malam hadir untuk meningkatkan penangkapan cahaya, menghasilkan foto yang terang bahkan dalam kondisi cahaya yang minim.

Pada kamera depan, Vivo V20 SE menawarkan lensa selfie beresolusi 32 MP, ukuran yang besar untuk ponsel di kelasnya. Fitur Super Night Selfie hadir untuk meningkatkan detail dan pencahayaan pada foto selfie dalam kondisi minim cahaya.

Fitur lain seperti Selfie Softlight Band membantu menyeimbangkan pencahayaan di sekitar subjek untuk menghasilkan foto wajah yang lebih natural dan menarik.

Bahkan dalam kondisi pencahayaan yang challenging, kualitas foto tetap terjaga dengan baik. Di sisi perekaman video, pengguna dapat merasakan kejernihan resolusi 4K dengan stabilisasi yang baik, menghasilkan video yang bebas goyang.

vivo V20 SE

Vivo V20 SE hadir dengan kapasitas baterai yang standar untuk segmen harga menengah. Meskipun Vivo V20 SE memiliki baterai 4100 mAh yang sedikit lebih besar dari versi reguler 4000 mAh, perbedaan ini kecil namun cukup mencolok.

Meskipun tidak sebesar 5000 mAh, daya tahan baterai Vivo V20 SE cukup memadai dan mendukung durasi penggunaan yang panjang dengan satu kali pengisian. Penggunaan panel layar yang hemat daya dan mode power saving yang handal membantu menjaga ketahanan baterai.

Layar vivo V20 SE

Layar OLED Vivo V20 SE menawarkan kecerahan yang lebih tinggi daripada layar IPS LCD, dengan kemampuan menampilkan warna hitam yang sebenarnya hitam. Dengan ukuran 6,64 inci dan resolusi Full HD Plus, rasio bodi ke layar mencapai 90,2%, memberikan pengalaman visual yang imersif.

Layar OLED juga memungkinkan penggunaan in-display fingerprint sensor untuk membuka kunci layar dengan cepat dan aman.

Fast Charging vivo V20 SE

Selain itu, Vivo V20 SE dilengkapi dengan fitur fast charging 33W yang memungkinkan pengisian daya cepat, dari 0 hingga penuh dalam waktu kurang dari satu jam. Fitur ini memberikan keunggulan tambahan pada ponsel dengan harga sekitar Rp4 juta.

Desain Bodi vivo V20 SE

Dalam hal desain, Vivo V20 SE memiliki dimensi bodi yang ergonomis dengan ketebalan 7,83 mm dan bobot hanya 171 gram. Dengan dua pilihan warna, yaitu Gravity Black dan Oxygen Blue, pengguna dapat memilih sesuai dengan preferensi mereka.

Penggunaan sistem operasi Android 11 pada saat peluncuran Vivo V20 dan Vivo V20 SE memberikan pengalaman baru kepada pengguna, dengan berbagai fitur yang telah dikembangkan.

vivo V20 SE NFC

Dengan fitur Near Field Communication (NFC) multifungsi, pengguna dapat dengan mudah mengelola kartu akses dan melakukan cloning, menambahkan kenyamanan dalam penggunaan sehari-hari.

Dengan kombinasi fitur-fitur canggih ini, Vivo V20 SE menawarkan pengalaman pengguna yang komprehensif dan memuaskan, memenuhi kebutuhan akan fotografi yang berkualitas dan daya tahan baterai yang baik, serta memberikan nilai tambah dalam hal pengisian daya cepat dan kemudahan penggunaan sehari-hari.

Kekurangan

Meskipun Vivo V20 dikenal unggul dalam bermain game, bagaimana dengan Vivo V20 SE? Nah, perangkat ini juga dapat digunakan untuk game berat, meskipun performanya sedikit tertinggal dibandingkan dengan pesaing di harga yang sama. Alasannya cukup jelas, yaitu penggunaan chipset Snapdragon 665.

Chipset Snapdragon 665

Penting untuk dicatat bahwa Snapdragon seri 600 lebih umum dijumpai pada ponsel entry-level yang biasanya berada dalam kisaran harga Rp2 juta hingga Rp3 juta. Bahkan, Vivo V19 Indonesia sendiri telah menggunakan Snapdragon 675. Oleh karena itu, Vivo V20 SE bisa dianggap sebagai pilihan yang kurang ideal jika Anda menginginkan performa maksimal sesuai dengan harga yang ditawarkan.

Waterdrop Notch vivo V20 SE

Salah satu aspek penting dari sebuah ponsel adalah tampilannya. Meskipun spesifikasinya hebat, Vivo tidak boleh mengabaikan desain yang sedang tren, karena ponsel juga merupakan alat untuk meningkatkan status sosial seseorang.

Namun, Vivo V20 SE mungkin bukan pilihan terbaik jika Anda ingin tampil terkini. Perangkat ini hanya menawarkan desain poni tetesan air yang sudah mulai kurang populer pada tahun rilisnya, yaitu 2020. Pada kelasnya, kehadiran Ultra O Screen alias punch-hole diharapkan lebih memikat.

Meskipun desain poni masih cukup umum pada tahun 2020, biasanya lebih banyak ditemukan pada ponsel dengan harga lebih rendah, seperti di kisaran Rp2 jutaan hingga bahkan Rp1 jutaan. Hal ini dapat membuat beberapa orang merasa kurang percaya diri saat menggunakan Vivo V20 SE di depan umum, karena terkesan seperti menggunakan ponsel yang lebih murah.

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.