Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Realme Narzo

Pada pertengahan bulan Juni 2020, pasar smartphone disajikan dengan kedatangan Realme Narzo, sebuah perangkat dengan spesifikasi yang menonjol di beberapa aspek. Namun, seperti koin yang memiliki dua sisi, Realme Narzo juga membawa beberapa kelemahan. Kelebihan dan kekurangan dari Realme Narzo ini cukup menarik perhatian, membuat banyak orang bertanya-tanya apakah perangkat ini layak untuk dibeli atau tidak.

Realme Narzo

Spesifikasi Realme Narzo
  • Rilis: Juni, 2020
  • Layar: IPS LCD, 6,5 inci
  • Chipset: Mediatek MT6785 Helio G90T (12 nm)
  • GPU: Mali-G76 MC4
  • RAM: 4 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 48 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 16 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4300 mAh

SelengkapnyaSpesifikasi Realme Narzo dan Harganya

Untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas, mari kita telusuri lebih dalam melalui artikel ini. Dengan informasi yang lebih terperinci, Anda dapat menentukan apakah Realme Narzo mampu memenuhi kebutuhan dan preferensi Anda. Berikut adalah 10 kelebihan dan kekurangan dari Realme Narzo, yang dibanderol dengan harga Rp2.799.000,-.

Kelebihan dan Kekurangan Realme Narzo

Kelebihan

Meskipun dikenal sebagai HP gaming, Realme Narzo tidak melupakan aspek fotografi. HP ini dilengkapi dengan empat kamera belakang, dengan lensa utama 48 MP (wide), sensor ultrawide 8 MP, lensa makro 2 MP, dan sensor kedalaman 2 MP yang juga dapat mengambil foto monokrom atau hitam-putih.

Kamera Realme Narzo

Untuk perekaman video, Realme Narzo mampu merekam video dalam resolusi 4K, meskipun hanya pada frame rate 30 FPS. Meskipun begitu, kualitas video tetap jernih dan tajam, bahkan saat ditampilkan di layar besar.

Untuk pengambilan foto, HP ini menyediakan berbagai mode pemotretan, termasuk lensa ultrawide 8 MP dengan sudut keluasan 119 derajat, dan lensa makro yang mampu menangkap detail objek dari jarak 4 cm.

Layar Realme Narzo merupakan LCD IPS berukuran 6,5 inci dengan resolusi Full HD+ 2400 x 1080 piksel. Desain Ultra-O Display-nya dengan bezel tipis membuat layarnya memenuhi hampir seluruh bodi depan, menciptakan rasio layar 90,5%.

Refresh Rate 90 Hz

Selain itu, Realme Narzo juga memiliki refresh rate layar yang tinggi, bisa ditingkatkan hingga 90 Hz, memberikan pengalaman visual yang lebih nyaman, terutama untuk menonton film atau bermain game.

Chipset Helio G90T

Ditenagai oleh Helio G90T dengan fabrikasi 12 nm dan pengolah grafis Mali G76 MC4, Realme Narzo mampu memberikan performa tinggi untuk bermain game dengan lancar. Hasil uji coba benchmark AnTuTu 8 menunjukkan skor 281.033, melampaui Snapdragon 730G yang hanya mencapai 220.000.

Untuk daya tahan baterai, Realme Narzo dilengkapi dengan baterai 4300 mAh dan fitur fast charging 30W Flash Charge. HP ini dapat terisi penuh dalam waktu 55 menit saja.

Triple Slot

Realme Narzo juga memiliki slot kartu triple, yang dapat digunakan untuk dual SIM card dan satu slot microSDXC hingga 256 GB. Desainnya yang tahan air dan debu memberikan keamanan tambahan, sementara sensor sidik jari yang cepat menghadirkan kenyamanan dalam mengunci layar.

Secara estetika, Realme Narzo hadir dengan desain elegan dan menarik dengan dua varian warna, Just White dan Just Black. Bodinya dilapisi dengan lapisan optik yang meningkatkan kecerahan dan saturasi warna.

Kekurangan

Untuk melindungi layar dari goresan dan kerusakan akibat jatuh, Realme Narzo menggunakan Gorilla Glass 3. Meskipun efektif melindungi layar dari goresan, Gorilla Glass 3 dianggap kurang mampu melindungi layar dari kerusakan akibat jatuh. Ini menjadi kekurangan bagi pengguna yang sering tidak sengaja menjatuhkan HP, yang mungkin perlu mempertimbangkan tambahan tempered glass.

Sementara itu, meskipun Realme Narzo memiliki fitur fast charging yang baik, kapasitas baterainya 4300 mAh dianggap kurang seimbang jika dibandingkan dengan beberapa kompetitornya yang sudah menggunakan baterai 5000 mAh, seperti Redmi Note 9. Hal ini bisa menjadi pertimbangan karena meskipun chipsetnya mampu untuk bermain game, kapasitas baterai yang lebih kecil artinya pengguna akan memiliki waktu penggunaan yang lebih singkat sebelum perlu mengisi daya lagi.

Fitur Near Field Communication (NFC) juga menjadi pertimbangan bagi sebagian pengguna. Meskipun di Indonesia kebutuhan akan fitur ini tidak begitu menyeluruh, beberapa pengguna di kota besar merasa terbantu dengan adanya NFC. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk bertukar data antar HP dengan instan, melakukan transaksi digital, dan lainnya.

Fitur NFC dulunya hanya tersedia pada HP dengan segmen harga tinggi, namun sekarang sudah dapat ditemukan pada HP dengan harga yang lebih terjangkau, seperti Redmi Note 9 Pro dan Samsung Galaxy A21s. Namun sayangnya, Realme Narzo belum mendukung fitur NFC, yang mungkin menjadi kekurangan bagi sebagian pengguna yang menginginkan fitur ini.

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.