Yuk, Kenali 10 Kelebihan dan Kekurangan Realme C11!

Realme memang dikenal sebagai salah satu produsen ponsel yang aktif menghadirkan produk-produk terbaru. Setelah sukses dengan seri Realme Narzo dan Realme X3 SuperZoom, kini Realme C11 juga ikut meramaikan pasar.

Realme C11

Spesifikasi Realme C11
  • Layar: IPS LCD 6.5 inci
  • Chipset: MediaTek Helio G35
  • RAM: 2 GB, 3 GB
  • Memori Internal: 32 GB
  • Kamera: 13 MP (wide)2 MP (depth)
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh

SelengkapnyaSpesifikasi Realme C11 dan Harganya

Sebagai ponsel entry-level, Realme C11 yang diluncurkan di Indonesia pada akhir Juni 2020 menawarkan spesifikasi yang jarang ditemukan pada ponsel dengan harga serupa. Jika Anda ingin mengetahui lebih dalam tentang ponsel gaming super terjangkau ini, berikut adalah 10 kelebihan dan kekurangan Realme C11 yang perlu diperhatikan sebelum membeli.

Kelebihan dan Kekurangan Realme C11

Kelebihan Realme C11

Realme C11, meskipun diketahui sebagai smartphone entry-level yang terjangkau, ternyata memiliki kapasitas baterai yang luar biasa. Dengan baterai berkapasitas 5.000mAh, ponsel ini dapat bertahan hingga 3 hari dalam pemakaian normal.

Baterai 5000 mAh

Menurut data resmi Realme, dalam kondisi standby, Realme C11 dapat bertahan hingga 40 hari, sementara untuk bermain game, ponsel ini dapat digunakan selama 12,1 jam. Selain itu, fitur Super Power Saving pada Realme C11 memungkinkan pengguna untuk menggunakan WhatsApp selama 1,92 jam, memutar Spotify selama 5,65 jam, atau melakukan panggilan selama 2,52 jam saat baterai tersisa kurang dari 5%.

Sektor lain yang patut diperhatikan adalah layarnya yang nyaman untuk menonton. Dengan layar berukuran 6,5 inci dan resolusi HD+ 720 x 1560 piksel, layar Realme C11 memberikan pengalaman menonton yang memuaskan. Layar ini juga memiliki rasio aspek 20:9 dan kerapatan piksel 270 ppi. Meskipun tren saat ini lebih condong pada desain punch-hole, namun desain poni waterdrop pada Realme C11 masih cukup memenuhi kebutuhan.

Performa Realme C11 juga patut dipertimbangkan. Dengan chipset MediaTek Helio G35, ponsel ini memiliki performa yang cukup baik untuk kelas entry-level. Helio G35 menawarkan 8 inti ARM Cortex A53 dengan clock speed hingga 2,3 GHz. Dalam uji coba, Realme C11 mampu memainkan game seperti PUBG Mobile pada pengaturan Balance dan Medium.

Triple Slot Realme C11

Fitur lain yang menarik adalah kemampuan Realme C11 sebagai power bank menggunakan OTG. Dukungan triple slot juga memungkinkan pengguna untuk menggunakan dua kartu SIM dan satu kartu memori eksternal hingga 256 GB tanpa harus mengorbankan slot SIM kedua.

Dalam hal keamanan, Realme C11 dilengkapi dengan fitur Face Unlock yang dapat membuka kunci layar dengan cepat dan aman. Fitur ini merupakan alternatif yang lebih aman daripada penggunaan pola atau PIN.

Desain bodi Realme C11 juga patut diapresiasi. Tersedia dalam dua varian warna, yaitu Mint Green (hijau) dan Pepper Grey (abu-abu), ponsel ini memiliki bodi belakang plastik yang kokoh dengan sentuhan matte finish yang nyaman digenggam. Modul kamera belakangnya juga dirancang agar tidak terlalu menonjol, sehingga ponsel dapat diletakkan dengan stabil.

Dual Camera Realme C11

Dari segi fotografi, Realme C11 memiliki dual kamera belakang dengan resolusi 13 MP untuk lensa utama dan 2 MP untuk sensor kedalaman. Untuk kamera depan, ponsel ini memiliki resolusi 5 MP. Realme C11 mampu mengambil video 1080p dengan 30 FPS dan memiliki fitur mode malam yang disebut Super Nightscape Mode untuk mengambil foto dalam kondisi minim pencahayaan.

Meskipun beberapa detil mungkin tidak begitu tajam, Realme C11 mampu memberikan hasil yang memuaskan untuk ponsel entry-level. Dengan kemampuan mode malam yang cukup baik, Realme C11 adalah pilihan yang layak untuk pengguna yang mencari smartphone terjangkau dengan performa yang memadai.

Kekurangan Realme C11

Realme C11, meskipun hadir dengan harga yang terjangkau, memiliki beberapa kelemahan. Salah satunya adalah kapasitas penyimpanan internal yang terbatas, hanya 32 GB, serta varian RAM yang tersedia hanya 2 GB dan 3 GB. Meskipun demikian, ponsel ini mendukung memori eksternal sehingga pengguna masih bisa menyimpan banyak file.

Meskipun Realme C11 dilengkapi dengan fitur Face Unlock, namun sayangnya tidak dilengkapi dengan pemindai sidik jari. Hal ini cukup mengejutkan mengingat kebanyakan ponsel pada saat perilisan sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari.

Konektor USB pada Realme C11 masih menggunakan tipe microUSB, bukan tipe-C yang lebih umum digunakan saat ini. Selain itu, ponsel ini juga tidak mendukung fitur fast charging, sehingga pengisian daya ponsel membutuhkan waktu sekitar 3 jam untuk mencapai penuh.

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.