10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO Find X2 Pro yang Perlu Diketahui

OPPO Find X2 Pro adalah salah satu flagship terbaru dari OPPO yang dirilis pada bulan Maret 2020. Berada di segmen harga tinggi, ponsel ini menawarkan spesifikasi dan performa yang diunggulkan, menjadikannya salah satu yang terbaik di kelasnya.

OPPO Find X2 Pro

Spesifikasi OPPO Find X2 Pro
  • Rilis: Maret, 2020
  • Layar: AMOLED, 1440 x 3168 piksel
  • Chipset: Qualcomm SM8250 Snapdragon 865
  • GPU: Adreno 650
  • RAM: 12 GB
  • Memori Internal: 512 GB
  • Memori Eksternal: -
  • Kamera Belakang: 48 MP + 13 MP + 48 MP
  • Kamera Depan: 32 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 4260 mAh

SelengkapnyaSpesifikasi OPPO Find X2 Pro dan Harganya

Selain desain bodi yang menarik perhatian, OPPO Find X2 Pro juga menonjol dalam beberapa aspek lainnya. Namun, sebagaimana ponsel flagship pada umumnya, ada kelebihan dan kekurangan yang perlu diperhatikan sebelum membeli.

Kelebihan dan Kekurangan OPPO Find X2 Pro

Kelebihan OPPO Find X2 Pro

OPPO Find X2 Pro hadir dengan chipset Qualcomm Snapdragon 865, yang saat ini dianggap sebagai chipset terbaik untuk performa gaming. Dengan arsitektur CPU 8 core (1x2.84 GHz Kryo 585 & 3x2.42 GHz Kryo 585 & 4x1.8 GHz Kryo 585), ponsel ini menjanjikan performa yang sangat baik, tanpa penurunan framerate pada game berat.

Performa OPPO Find X2 Pro bahkan sedikit lebih baik dari chipset Exynos yang tersemat pada Samsung Galaxy S20, seperti yang dilaporkan oleh GSMArena. Dalam tes benchmark AnTuTu, OPPO Find X2 mampu mencapai skor 593717, sementara Exynos 990 pada Samsung Galaxy S20 Ultra hanya mencapai 528631, dengan selisih yang cukup besar hingga 11-15%.

Meskipun iPhone 11 Pro Max memiliki skor benchmark yang lebih rendah dari OPPO Find X2 Pro, yaitu 536883, selisihnya hanya sekitar 10%, menurut laporan tersebut.

OPPO Find X2 Series

OPPO Find X2 Pro juga memiliki kapasitas penyimpanan yang besar, yaitu 512 GB, meskipun tidak mendukung kartu memori eksternal. Ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan banyak aplikasi tanpa khawatir kehabisan ruang.

Di sisi fotografi, OPPO Find X2 Pro juga tidak kalah menarik. Dengan konfigurasi tiga kamera (48 MP wide, 13 MP periskop, 48 MP ultra wide), kamera periskopnya dapat melakukan zoom optik 5x, mengungguli Samsung Galaxy S20 Plus yang hanya memiliki zoom optik 3x.

Dalam uji coba yang dilakukan oleh DXOMARK, OPPO Find X2 Pro mampu mempertahankan detail dan ketajaman objek jarak jauh dengan lebih baik dibandingkan Xiaomi Mi 10 Pro dan iPhone 11 Pro Max.

OPPO Find X2 Series

Dari segi layar, OPPO Find X2 Pro memiliki layar AMOLED 6,7 inci dengan refresh rate 120 Hz, memberikan tampilan visual yang sangat responsif dan tajam. Desainnya juga menarik, dengan dua pilihan warna, oranye (vegan leather) dan hitam (keramik), yang mampu menarik perhatian dua kelompok audiens yang berbeda.

OPPO Find X2 Pro juga mendukung konektivitas 5G, yang menjadi nilai tambah mengingat perkembangan teknologi di Indonesia. Selain itu, dengan perlindungan Gorilla Glass 6 dan sertifikasi IP68, ponsel ini aman dari kerusakan akibat jatuh atau air.

Kekurangan OPPO Find X2 Pro

Untuk menjalankan aplikasi berat, kapasitas baterai OPPO Find X2 Pro (4.260 mAh) terasa kurang jika dibandingkan dengan beberapa HP pada segmen harga yang sama, seperti Samsung Galaxy S20 (4.500 mAh) dan HP menengah lainnya yang bahkan sudah ada yang mencapai 5.000 mAh. Meskipun demikian, ponsel ini dilengkapi dengan Super VOOC 2.0 Flash Charge untuk pengisian daya super cepat.

Sayangnya, OPPO Find X2 Pro tidak memiliki fitur wireless charging, yang kini hampir semua HP dari segmen harga tinggi sudah miliki. Fitur ini dapat memberikan kenyamanan dalam pengisian daya tanpa kabel.

Meskipun memiliki memori internal besar (512 GB) tanpa dukungan kartu memori eksternal, bagi sebagian orang, hal ini mungkin tidak masalah. Namun, bagi yang membutuhkan, keberadaan slot memori eksternal bisa jadi lebih menguntungkan.

Di Indonesia, OPPO Find X2 Pro dijual seharga Rp17.999.000 untuk varian RAM 12 GB dan memori internal 512 GB. Meskipun ponsel ini memiliki fitur dan spesifikasi yang menarik, harga tersebut mungkin dianggap tinggi, sehingga beberapa orang lebih memilih untuk membeli HP Samsung atau iPhone dengan harga yang sama.

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.