Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan OPPO A52 yang Harus Kalian Ketahui

OPPO A52 adalah salah satu perangkat dari OPPO yang dirancang untuk pasar kelas menengah. Diluncurkan pada April 2020, smartphone ini menawarkan berbagai fitur menarik seperti layar berkualitas, daya tahan baterai yang luar biasa, dan sistem kamera yang mumpuni, serta masih banyak lagi.

OPPO A52

Spesifikasi OPPO A52
  • Rilis: April, 2020
  • Layar: IPS LCD, 6,5 inci
  • Chipset: Qualcomm SM6125 Snapdragon 665 (11 nm)
  • GPU: Adreno 610
  • RAM: 6 GB
  • Memori Internal: 128 GB
  • Memori Eksternal: microSDXC (slot khusus)
  • Kamera Belakang: 12 MP + 8 MP + 2 MP + 2 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: Non-removable Li-Po 5000 mAh

SelengkapnyaSpesifikasi OPPO A52 dan Harganya

Keunikan dari OPPO A52 terletak pada strategi pemasarannya yang berbeda dari kebanyakan produk OPPO lainnya. Smartphone ini hanya tersedia untuk pembelian secara online melalui berbagai platform e-commerce. Hal ini berarti konsumen tidak memiliki kesempatan untuk memeriksa perangkat secara langsung sebelum membelinya. Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami kelebihan dan kekurangan OPPO A52 agar tidak kecewa setelah pembelian. Berikut adalah beberapa keunggulan dan kekurangan OPPO A52 yang perlu Anda ketahui

Kelebihan dan Kekurangan OPPO A52

Kelebihan

Bagi Anda yang gemar menonton film di ponsel atau melakukan berbagai aktivitas lainnya, kualitas tampilan layar sangat berpengaruh dalam menciptakan pengalaman yang memuaskan. Menyadari pentingnya hal ini, OPPO merilis OPPO A52 yang dilengkapi dengan layar berukuran 6,5 inci. Meski masih menggunakan panel IPS LCD, layar tersebut sudah menawarkan resolusi FHD+ yang memberikan ketajaman dan kejernihan yang lebih optimal.

Layar FHD+

Layar OPPO A52 juga telah mendapatkan sertifikasi TÜV Rheinland, yang dirancang untuk mengurangi emisi cahaya biru sehingga mata Anda tidak cepat lelah. Sebagai ponsel keluaran tahun 2020, OPPO A52 mengusung desain layar terbaru dengan punch-hole di sudut kiri atas dan bezel yang sangat tipis, menghasilkan rasio layar ke bodi sebesar 90,5%.

Kapasitas baterai yang besar adalah faktor penting untuk mendukung aktivitas harian Anda agar dapat berlangsung lebih lama tanpa sering mengisi daya. Dengan kapasitas baterai sebesar 5000 mAh, OPPO A52 menjamin pengguna dapat menikmati menonton film atau melakukan aktivitas lain tanpa terganggu oleh notifikasi baterai lemah.

Baterai 5000 mAh

Selain kapasitasnya yang besar, kecepatan pengisian daya juga menjadi pertimbangan penting dalam menilai kualitas baterai sebuah ponsel. Baterai OPPO A52 mendukung pengisian daya cepat 18W, yang memungkinkan waktu pengisian yang lebih singkat, sehingga ponsel siap digunakan kembali dalam waktu yang lebih cepat.

Memori Internal 128 GB

Untuk mendukung berbagai aktivitas, ponsel ini dilengkapi dengan RAM sebesar 8 GB dan ROM sebesar 128 GB. RAM sebesar ini sangat memadai untuk multitasking dan beralih antar aplikasi tanpa mengalami lag. ROM 128 GB yang menggunakan teknologi UFS 2.1 memberikan kapasitas yang besar untuk menyimpan berbagai file dan aplikasi, serta menawarkan kecepatan yang cukup baik dalam menginstal dan memindahkan data.

OPPO dikenal sebagai salah satu produsen ponsel yang memperhatikan kualitas kamera pada setiap produknya. Tidak heran jika OPPO A52 hadir dengan konfigurasi quad camera di bagian belakang, terdiri dari kamera utama 12 MP, kamera ultra lebar 8 MP, kamera makro 2 MP, dan sensor kedalaman 2 MP. Kombinasi empat lensa ini memungkinkan pengguna untuk mengambil foto dengan berbagai mode, seperti mode ultra lebar untuk menangkap pemandangan luas atau mode makro untuk objek jarak dekat dengan detail yang jelas. Sensor kedalaman juga memungkinkan pengambilan foto dengan efek bokeh.

AI Quad Camera

Untuk perekaman video, OPPO A52 menawarkan pilihan resolusi 720p, 1080p, dan 4K, serta kemampuan merekam video slow motion dengan frame rate 120 fps. Menurut video perbandingan di kanal YouTube Hive Tech, kualitas gambar yang dihasilkan OPPO A52 setara dengan OPPO A92, meskipun ada perbedaan kecil dalam ketajaman detail pada beberapa bagian gambar. Secara keseluruhan, performa kamera OPPO A52 dapat bersaing dengan ponsel yang lebih mahal seperti OPPO A92.

Bagi penggemar musik dan film, kualitas suara yang dihasilkan ponsel sangat penting. OPPO A52 dilengkapi dengan Dual Stereo Speakers yang menghasilkan suara akurat dan jernih. Speaker ini juga didukung oleh teknologi Dirac 2.0 yang mampu mendeteksi profil suara berdasarkan aktivitas yang sedang dilakukan, seperti bermain game, menonton film, atau mendengarkan musik.

Meski memiliki kapasitas memori internal yang besar, OPPO A52 juga menyediakan slot memori eksternal yang dapat memperluas penyimpanan hingga 512 GB menggunakan microSD. Ini adalah keunggulan yang patut diapresiasi karena banyak ponsel dengan ROM besar hanya menyediakan slot hybrid atau bahkan tidak mendukung microSD sama sekali.

Navigasi dan antarmuka pengguna yang mudah dioperasikan adalah faktor penting lainnya. OPPO A52 menjalankan Android 10 yang dilapisi dengan antarmuka ColorOS 7.1, menawarkan desain Infinite Design yang bersih dan warna ikon yang menenangkan. Fitur Dark Mode dapat diaktifkan di seluruh sistem dengan satu klik, dan Assistant Breeno memungkinkan pengguna untuk mengotomatisasi berbagai aktivitas.

Side-Mounted Fingerprint

Fitur keamanan juga diperhatikan dengan adanya fingerprint scanner yang terletak di tombol power di samping bodi, serta fitur Face Unlock yang memungkinkan pembukaan kunci layar dengan cepat dan mudah. Desain tombol power yang melengkung di ujungnya membuat sensor sidik jari mudah dijangkau dan nyaman digunakan.

Kekurangan

Chipset Snapdragon 665 yang digunakan oleh OPPO A52 sebenarnya cukup baik. Namun, jika dilihat dari segi harga, ada banyak HP di kisaran harga 3 jutaan yang memiliki chipset dengan performa lebih baik. Misalnya, OPPO F11 Pro yang menggunakan chipset Helio P70, yang performanya setara dengan Snapdragon 710.

Chipset Snapdragon 665

Meski begitu, Snapdragon 665 masih cukup mumpuni untuk bermain game seperti Asphalt 9 dengan lancar. Namun, untuk game seperti PUBG Mobile, Anda mungkin hanya bisa bermain dengan frame rate yang stabil pada pengaturan grafis Balance.

Saat ini, teknologi transaksi digital semakin berkembang. Beberapa mesin transaksi digital di Indonesia, terutama di ibukota, sudah dapat digunakan dengan fitur NFC pada HP. Sayangnya, OPPO A52 belum dilengkapi dengan fitur NFC ini.

Padahal, beberapa HP di segmen harga yang sama sudah memiliki fitur NFC, seperti Samsung Galaxy A50s, Redmi Note 8 Pro, dan beberapa HP Android dari Nokia. Namun, jika Anda tidak terlalu membutuhkan fitur ini, ketiadaan NFC pada OPPO A52 bukanlah kekurangan yang besar.

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.