Menarik, Inilah 9 Kelebihan dan Kekurangan iPhone 14

Pada bulan September 2022, seri iPhone 14 resmi diluncurkan melalui acara tahunan Apple, Apple Event, dengan tema "Far Out". Seri ini terdiri dari empat model, yaitu iPhone 14 "reguler", iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max.

Apple iPhone 14

Spesifikasi Apple iPhone 14
  • Rilis Oktober 2022
  • Layar 6.1 inci Super Retina XDR OLED+ HDR10 Dolby Vision
  • Chipset Apple A15 Bionic (5 nm)
  • GPU Apple GPU (5-core graphics)
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Internal 6/128 GB, 6/256 GB, 6/512 GB
  • Kamera Belakang 12 MP (wide), 12 MP (ultrawide)
  • Kamera Depan 12 MP (wide), SL 3D (depth/biometrics sensor)
  • Baterai Li-Ion 3279 mAh, Fast charging

Selengkapnya :

Sebagai penerus dari seri sebelumnya, iPhone 13 Series, yang dirilis pada September 2021, iPhone 14 Series tentunya menghadirkan perubahan dan peningkatan spesifikasi. Salah satu perubahan yang mencolok adalah absennya model "mini" yang digantikan dengan model "Plus", membuat iPhone 14 "reguler" menjadi model paling dasar di antara ketiganya.

Meskipun merupakan model dasar, iPhone 14 masih menawarkan kinerja yang kompetitif, terutama bila dibandingkan dengan iPhone 14 Plus yang memiliki spesifikasi serupa. Harganya juga diperkirakan lebih terjangkau dibandingkan model lain dalam seri ini.

Jika Anda tertarik untuk memiliki salah satu model dari iPhone 14 Series, iPhone 14 bisa menjadi pilihan yang menarik. Namun, sebelum memutuskan, penting untuk mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Untuk itu, artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai hal tersebut, sehingga Anda bisa membuat keputusan yang lebih bijaksana.

Kelebihan Apple iPhone 14

Kelebihan Apple iPhone 14

Dalam artikel ini terdapat beberapa keunggulan utama yang dimiliki oleh iPhone 14. Keunggulan-keunggulan ini menjadi alasan mengapa HP ini masih sangat cocok untuk menjadi pilihan. Berikut adalah penjelasannya.

1. Tampil dengan Layar yang Lebih Kokoh

Peningkatan spesifikasi pertama pada iPhone 14 yang menjadi keunggulannya terletak pada layar yang lebih kokoh. Smartphone terbaru dari Apple ini memiliki layar berukuran 6,1 inci dengan kecerahan hingga 1200 nit. Apple membekali iPhone 14 dengan layar all-screen OLED Super Retina XDR beresolusi 1170 x 2532 piksel Full HD+, yang diklaim mampu menghasilkan warna yang lebih terang dan akurat, bahkan di bawah sinar matahari.

Keunggulan ini tentunya akan memberikan pengalaman multimedia yang lebih nyaman dan menyenangkan bagi penggunanya. Selain itu, iPhone 14 juga memperhatikan sistem keamanan layar melalui proteksi Ceramic Shield, yang diklaim memiliki lapisan kaca lebih kuat dibandingkan dengan smartphone lainnya, bahkan lebih kokoh daripada Gorilla Glass, serta tahan air dan karat.

2. Performa Kencang dengan Chipset Canggih

Selanjutnya, peningkatan spesifikasi iPhone 14 terdapat pada bagian dapur pacu atau chipset. Apple memperkenalkan chipset terbaru dan tercepat mereka, yaitu A16 Bionic dengan fabrikasi 4nm. Chipset canggih ini dilengkapi dengan dua inti berkinerja tinggi dan empat inti efisiensi tinggi, yang diklaim memiliki kecepatan hingga 40% lebih cepat dibandingkan chipset lainnya.

Selain itu, chipset ini juga dilengkapi GPU 5-core dengan bandwidth memori 50% lebih besar dibandingkan seri sebelumnya. Namun, sayangnya chipset gahar dan super cepat ini hanya diterapkan pada seri iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max. Sementara itu, iPhone 14 masih menggunakan chipset A15 Bionic, yang telah dirancang dengan performa lebih unggul. Chipset A15 Bionic pada iPhone 14 memiliki enam inti CPU untuk performa tinggi dan neural engine.

3. Kamera Jernih dengan Fitur Photonic Engine

Berpindah ke sektor kamera, di mana kualitasnya telah terbukti tak diragukan lagi, iPhone selalu dikenal dengan hasil jepretan kameranya yang jelas dan mengesankan. Pada iPhone 14, Apple kembali membawa konsep dual-camera. Smartphone canggih ini dilengkapi dengan kamera utama 12MP yang memiliki aperture ƒ/1.5, sensor-shift optical image stabilization, lensa tujuh elemen, serta 100% Focus Pixels.

Tak hanya itu, terdapat juga kamera Ultra Wide 12MP yang memiliki aperture ƒ/2.4 dan sudut pandang 120°, lensa lima elemen, 2x optical zoom dengan digital zoom yang dapat mencapai hingga 5x, dan dilengkapi dengan sapphire crystal lens cover. Yang menariknya lagi, terdapat fitur pintar yang disebut Photonic Engine. Apple mengklaim bahwa fitur ini dapat meningkatkan kinerja optik kamera jauh lebih baik daripada iPhone 13 Pro, menghasilkan gambar yang lebih berkualitas.

4. Fitur Canggih untuk Perlindungan Lebih Baik

Keunggulan spesifikasi iPhone 14 yang membuatnya menjadi canggih adalah dua fitur terbaru, yaitu emergency SOS via satelit dan deteksi tabrakan yang berfungsi otomatis untuk mendeteksi kecelakaan mobil bahkan jika pengguna dalam kondisi tidak sadarkan diri. Dengan memanfaatkan teknologi dual-core accelerometer dan high dynamic range gyroscope, iPhone 14 dapat memprediksi adanya benturan.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat, Apple menambahkan fitur pengumpulan data mengenai kecepatan mobil melalui GPS. Mikrofon di smartphone juga akan membantu merekam suara saat terjadinya kecelakaan. Setelah semua algoritma dari setiap komponen terkonfirmasi, fitur emergency SOS akan secara otomatis menghubungi nomor telepon darurat dengan menggunakan teknologi satelit yang didukung oleh antena.

5. Baterai Awet dan Tahan Lama

Keunggulan spesifikasi terakhir dari iPhone 14 terletak pada baterainya. Apple telah menyematkan baterai lithium-ion rechargeable built-in dengan kapasitas sebesar 3.279 mAh. Dengan kapasitas yang besar ini, pengguna dapat menggunakan smartphone ini untuk berbagai aktivitas. iPhone 14 mampu menyajikan pengalaman pemutaran video hingga 20 jam, streaming video hingga 16 jam, dan pemutaran audio hingga 80 jam. Ini merupakan peningkatan yang signifikan jika dibandingkan dengan seri sebelumnya.

Kekurangan Apple iPhone 14

Kekurangan Apple iPhone 14

iPhone 14 menawarkan banyak peningkatan dan pembaruan yang sangat menarik. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa ponsel ini juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan sebelum Anda memutuskan untuk membelinya.

1. Hadir Tanpa Slot microSD dan 3.5mm Jack Audio

Dalam upaya untuk menghadirkan iPhone tanpa port atau portless, Apple tidak hanya menghilangkan slot kartu SIM, tetapi juga menghapus slot memori tambahan, yaitu microSD, dan lubang jack audio berukuran 3,5mm.

Dengan tidak adanya slot untuk microSD, penyimpanan memori iPhone 14 hanya tergantung pada RAM dan penyimpanan internal yang ada. Akibatnya, kapasitas penyimpanan menjadi terbatas, dan pengguna perlu memikirkan cara agar penyimpanan memori tetap efisien dan tidak cepat penuh.

Selain itu, lubang jack audio 3,5mm juga tidak disertakan, mungkin karena ukurannya yang besar dapat merusak desain iPhone 14.

2. Tidak Dibekali USB Type-C

Sebenarnya, Uni Eropa telah mengeluarkan kebijakan yang menyerukan standarisasi port pengisian daya untuk ponsel. Kebijakan ini, yang mulai berlaku pada Juni 2022, mengharuskan semua produsen menggunakan port USB tipe C.

Kebijakan ini bertujuan untuk mengurangi limbah elektronik dan memudahkan konsumen dengan tidak perlu lagi memiliki banyak jenis adaptor untuk setiap perangkat elektronik yang mereka miliki.

Meskipun demikian, iPhone 14 Series, termasuk iPhone 14, masih menggunakan port Lightning dan belum beralih ke port tipe C seperti yang digunakan oleh MacBook dan iPad Pro terbaru.

3. Masih Ada Notch

Berbeda dengan model "Pro" dalam iPhone 14 Series, iPhone 14 tetap menggunakan desain dengan notch berbentuk poni di bagian atas layar. Desain ini merupakan kelanjutan dari desain pada iPhone 13 tanpa adanya perubahan yang signifikan.

Di sisi lain, iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max mengalami peningkatan yang signifikan pada bagian layar depan, khususnya pada notch. Mereka menggunakan teknologi baru yang disebut Dynamic Island. Dynamic Island tidak hanya sebagai tempat untuk menyimpan kamera depan, tetapi juga memiliki fungsi interaktif yang menarik.

4. Upgrade Minim

Setelah dianalisis secara mendalam, peningkatan yang dimiliki iPhone 14 tidak begitu signifikan. Meskipun ada beberapa peningkatan yang terlihat jelas, seperti fitur autofocus pada kamera selfie yang berguna bagi pengguna iPhone 13 yang menginginkan fitur kamera yang lebih canggih, atau bagi pengguna iPhone yang lebih lama yang ingin melakukan upgrade.

Namun, bagi pengguna yang lebih suka menjelajah hal baru, iPhone 13 masih merupakan pilihan yang baik karena mendapatkan dukungan perangkat lunak yang diperluas berkat keberadaan chip A15 Bionic. Meskipun begitu, iPhone 13 masih bisa diandalkan untuk beberapa tahun ke depan.

Kesimpulan

Dalam seri terbarunya, iPhone 14 Series, Apple tidak menghadirkan desain yang berbeda secara signifikan dari seri sebelumnya. Bahkan, secara visual, iPhone 14 hampir tidak dapat dibedakan dari iPhone 13. Namun, perubahan dan peningkatan baru terungkap saat pengguna mulai menggunakan perangkat tersebut.

Salah satu peningkatan yang mencolok adalah performa yang lebih kuat dari SoC, peningkatan kecerahan layar, dan fitur kamera yang lebih cerdas untuk mengambil gambar dalam berbagai situasi. Selain itu, perubahan pada bodi perangkat juga memengaruhi bobot dan dimensi iPhone 14.

Fitur unggulan lainnya adalah sistem keamanan dan kenyamanan, seperti panggilan darurat SOS menggunakan satelit dan deteksi kecelakaan atau crash detection. Namun, sayangnya, fitur-fitur ini hanya berfungsi di Amerika Serikat dan Kanada karena keterbatasan wilayah, didukung oleh iOS terbaru, yaitu iOS 16.

Meskipun iPhone 14 menawarkan beberapa peningkatan, bagi pengguna di luar Amerika, keberadaan fitur-fitur tersebut mungkin tidak begitu signifikan. Hal ini menyebabkan kesan bahwa iPhone 14 tidak memiliki perbedaan yang mencolok dibandingkan iPhone 13.

Untuk pengguna iPhone 12 dan iPhone 13, mungkin lebih baik menunda upgrade ke iPhone 14 setidaknya setahun lagi. Selain itu, harga dari iPhone 12 dan iPhone 13 kemungkinan akan mengalami penurunan, sehingga perlu dipertimbangkan dengan baik.

Bagaimana pendapat Anda tentang iPhone 14? Apakah Anda masih tertarik untuk menggunakan salah satu model dari seri terbaru ini?

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.