Ketahui 9 Kelebihan dan Kekurangan iPhone 14 Plus

Pada bulan September 2022, Apple secara resmi meluncurkan iPhone 14 series. Salah satu hal menarik dari seri ini adalah kembalinya varian Plus, yaitu iPhone 14 Plus. Varian Plus pertama kali diperkenalkan dalam seri iPhone 6 Plus dan sempat absen dalam beberapa tahun terakhir.

iPhone 14 Plus

Spesifikasi Apple iPhone 14 Plus
  • Rilis Oktober 2022
  • Layar 6.7 inci Super Retina XDR OLED HDR10 Dolby Vision
  • Chipset Apple A15 Bionic (5 nm)
  • GPU Apple GPU (5-core graphics)
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Internal 6/128 GB, 6/256 GB, 6/512 GB
  • Kamera Belakang 12 MP (wide), 12 MP (ultrawide)
  • Kamera Depan 12 MP (wide), SL 3D (depth/biometrics sensor)
  • Baterai Li-Ion 4323 mAh, Fast charging

Selengkapnya :

Kehadiran iPhone 14 Plus ini tentu menarik perhatian para konsumen Apple. Seri Plus biasanya memiliki desain layar dan bodi yang lebih besar, sehingga lebih nyaman digunakan. Namun, meskipun memiliki ukuran layar yang sama dengan iPhone 14 Pro dan Pro Max, iPhone 14 Plus tidak memiliki fitur yang sama. Sebagian fitur pada iPhone 14 Plus mirip dengan iPhone 14 standar.

Meskipun demikian, iPhone 14 Plus tetap memiliki keunggulan tersendiri yang menarik perhatian. Artikel ini akan membahas beberapa hal yang perlu diperhatikan tentang ponsel ini.

Kelebihan iPhone 14 Plus

Kelebihan iPhone 14 Plus

Para penggemar layar HP besar akan sangat dimanjakan dengan iPhone 14 Plus. Layarnya sangat luas, yaitu 6,7 inci, dan dilengkapi dengan teknologi Super Retina XDR OLED, memberikan pengalaman menonton video yang sangat nyaman dengan warna yang tajam dan cerah.

Dengan teknologi canggihnya, layar ini selalu memberikan kualitas terbaik di bawah sinar matahari sekalipun.

Selain lebar dan teknologi OLED, layar iPhone 14 Plus juga dilapisi dengan lapisan oleophobic. Lapisan ini mencegah kotoran dan sidik jari menempel di layar HP, sehingga layar tetap bersih dan terlindungi.

Salah satu keunggulan Apple adalah desain HP terbarunya yang selalu elegan, high-class, dan berbeda dari model sebelumnya. Hal ini juga berlaku untuk iPhone 14 Plus, yang meskipun lebih terjangkau dari iPhone 14 Pro, tetap terlihat mewah berkat penggunaan Gorilla Glass dan ceramic shield. Dimensinya yang mirip dengan iPhone 13 Pro Max membuatnya nyaman digenggam.

Menurut Apple, baterai iPhone 14 Plus adalah yang paling tahan lama di antara seri lainnya. Baterainya mampu bertahan hingga 26 jam, termasuk dapat memutar video selama lebih dari 20 jam dan mendengarkan musik selama 100 jam, dengan asumsi penggunaan aplikasi tidak terlalu berat.

Kamera iPhone 14 Plus memiliki resolusi 12 megapiksel, sama dengan iPhone 14, dan dilengkapi dengan berbagai fitur seperti Cinematic Mode, HDR, dan True Depth untuk hasil yang lebih jernih. Perlindungan kamera menggunakan Sapphire Crystal Cover untuk mencegah goresan.

Salah satu fitur unggulan dari iPhone 14 Plus adalah kemampuannya untuk terhubung dengan satelit. Fitur ini memungkinkan pengguna mengirim pesan SOS dan mendeteksi kecelakaan secara otomatis, sehingga membantu pengguna dalam situasi darurat.

Kekurangan iPhone 14 Plus

Kekurangan iPhone 14 Plus

Sebelum iPhone 14 Plus dirilis, banyak rumor yang menyebutkan bahwa seri 14 akan menghilangkan notch seperti iPhone 13. Namun, pada kenyataannya, iPhone series 14, termasuk iPhone 14 Plus, masih menggunakan notch. Hal ini mengecewakan banyak orang yang telah berharap notch akan dihilangkan. Meskipun demikian, notch pada iPhone 14 Plus mirip dengan yang ada pada iPhone 13.

Jika Anda tertarik menggunakan Chipset A16 Bionic, sebaiknya memilih iPhone 14 Pro karena hanya versi Pro yang menggunakan chipset tersebut. Sedangkan iPhone 14 dan iPhone 14 Plus tetap menggunakan A15 Bionic. Meskipun demikian, perbedaan ini tidak terlalu signifikan dalam hal performa, terutama jika dibandingkan dengan seri iPhone sebelumnya. Namun, ini membuat iPhone 14 dan iPhone 14 Plus lebih terjangkau daripada versi Pro.

Meskipun layar iPhone 14 Plus sangat lebar, tetap menggunakan refresh rate 60 Hz, berbeda dengan versi Pro yang lain. Meskipun Hz mempengaruhi kemulusan video yang ditonton (semakin tinggi Hz-nya, semakin mulus videonya), hal ini tidak diubah pada iPhone 14 Plus. Hal ini disayangkan karena layar yang lebar seharusnya mendukung refresh rate yang lebih tinggi.

Selain itu, iPhone 14 Plus memiliki jumlah kamera belakang yang lebih sedikit dibanding versi Pro. iPhone 14 dan 14 Plus hanya memiliki dua kamera belakang, sedangkan versi Pro memiliki tiga kamera belakang. Hal ini dapat mempengaruhi kualitas foto yang diambil. Meskipun dua kamera sudah cukup untuk hasil yang baik, hasilnya tetap kalah dari ponsel yang memiliki tiga kamera.

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.