Inilah 9 Kelebihan dan Kekurangan Apple iPhone 12

Menjelang akhir tahun 2020, Apple kembali meluncurkan seri iPhone terbaru, yaitu iPhone 12. Kali ini, ada perbedaan dengan tahun sebelumnya karena Apple merilis varian Mini yang lebih kecil. Meskipun demikian, dari segi fitur, tidak terlalu berbeda dengan iPhone 12 reguler.

Apple iPhone 12

Spesifikasi Apple iPhone 12
  • Rilis: Oktober 2020
  • Layar: Super Retina XDR OLED, 6,1 inci
  • Chipset: Apple A14 Bionic (5 nm)
  • CPU: Hexa-core
  • RAM: 4 GB
  • Memori Internal: 64 GB, 128 GB, 256 GB
  • Memori Eksternal: –
  • Kamera Belakang: 12 MP + 12 MP
  • Kamera Depan: 12 MP
  • Baterai: Li-Ion 2.815 mAh

Selengkapnya :

Sekarang, setelah kita membahas kelebihan dan kekurangan iPhone 12 Pro dan Mini, saatnya untuk melihat apa yang ditawarkan oleh iPhone 12 versi reguler. Apa saja yang bisa dinikmati oleh konsumen dari penggunaan iPhone 12 ini?

Apakah iPhone 12 layak untuk dibeli, atau sebaiknya menambah sedikit budget untuk membeli versi Pro? Untuk membantu Anda dalam membuat keputusan, mari kita lihat kelebihan dan kekurangan dari Apple iPhone 12 berikut ini!

Kelebihan Apple iPhone 12

Kelebihan iPhone 12

Apple iPhone 12 memiliki sejumlah keunggulan yang membuatnya unggul dibandingkan dengan ponsel lainnya, seperti yang dapat Anda prediksi. Berikut beberapa poin yang menjelaskan secara detail keunggulan dari ponsel flagship ini.

1. Hadir dengan Layar Super Retina XDR OLED

Keunggulan utama dari iPhone 12 terletak pada penggunaan layar Super Retina XDR OLED. Pada seri iPhone 12, Apple beralih ke layar OLED yang menawarkan konsumsi daya yang lebih efisien dan kontras warna yang sangat tinggi antara hitam dan putih.

Layar ini memiliki ukuran 6,1 inci dengan resolusi 1170 x 2532 piksel dan aspek rasio 19,5:9. Kepadatan pikselnya mencapai 460 ppi, dengan tingkat kecerahan maksimum 1200 nits dan tingkat kecerahan sebesar 625 nits. Selain itu, iPhone 12 juga dilengkapi dengan kaca keramik pada bagian bodinya, membuatnya empat kali lebih tahan terhadap benturan dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

2. Performa Andal Berkat Chipset Terbaik

Apple dikenal karena menggunakan chipset buatannya sendiri pada produk smartphone mereka. iPhone 12 menggunakan chipset A14 Bionic yang lebih kuat, dengan fabrikasi 5nm dan CPU Hexa-core. Chipset ini dianggap sebagai yang terbaik dalam hal performa.

Dengan RAM 4GB dan tiga pilihan penyimpanan internal yaitu 64GB, 128GB, dan 256GB, iPhone 12 mampu menjalankan berbagai aktivitas di tahun 2021 seperti bermain game, menjelajahi media sosial, dan menonton video streaming dengan lancar.

3. Kemampuan Foto dengan Kamera Terbaik

Untuk urusan kamera, iPhone 12 menawarkan kualitas gambar yang luar biasa. Terdapat dua kamera belakang dengan resolusi 12MP, sensor 1/3.6 inci, dan focal length f/1.6. Kamera depannya memiliki resolusi 12MP dengan sensor 3D SL untuk sensor kedalaman dan pengenalan wajah.

Kualitas kamera iPhone 12 tidak hanya bagus untuk pemotretan siang hari, tetapi juga sangat baik untuk pemotretan malam. Fitur perekaman Dolby Vision pada iPhone 12 memungkinkan pengguna untuk merekam video dengan kualitas tinggi, cocok untuk kebutuhan profesional.

Dolby Vision pada iPhone 12 dapat menghasilkan karya dengan akurasi warna yang tinggi, terutama ketika diedit dengan komputer yang memiliki kemampuan komputasi yang memadai.

4. Dukungan Sertifikasi Tahan Air dan Debu Terbaik

Dari segi daya tahan, iPhone 12 cocok digunakan oleh mereka yang cenderung ceroboh dan rentan membuat smartphone rusak. iPhone 12 telah memperoleh sertifikasi IP68 yang membuatnya tahan terhadap air dan debu dengan standar tertinggi. Smartphone ini dapat bertahan dalam air hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

5. Ketahanan Baterai yang Unggul

Keunggulan terakhir yang dimiliki oleh iPhone 12 adalah durasi penggunaannya. iPhone 12 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 2.815 mAh yang mampu memberikan pengalaman penggunaan yang cukup lama. Dari memainkan game, menonton YouTube, hingga menjelajahi Instagram, iPhone 12 dapat bertahan hingga 6 jam 41 menit.

Kekurangan Apple iPhone 12

Kekurangan iPhone 12

Meskipun iPhone 12 merupakan ponsel kelas atas, namun tidak luput dari kekurangan. Berikut adalah beberapa poin yang perlu diperhatikan agar Anda tidak salah membeli!

1. Touch ID Absen

Di era teknologi yang maju seperti sekarang, Anda tidak perlu repot memasukkan PIN atau kata sandi untuk membuka kunci layar. iPhone 12 dilengkapi dengan Face ID yang dapat mengenali wajah Anda dan membuka kunci secara otomatis.

Namun, meskipun Face ID ada, seharusnya ada opsi lain seperti Touch ID, pemindai sidik jari. Namun sayangnya, fitur ini tidak tersedia pada iPhone 12. Padahal, Face ID tidak efektif digunakan ketika Anda mengenakan masker.

Saat peluncuran iPhone 12 bertepatan dengan masa New Normal akibat pandemi, menjadi sedikit merepotkan jika harus membuka masker setiap kali membuka kunci atau melakukan konfirmasi transaksi digital.

2. Kepala Casan dan Earphone Tidak Tersedia Dalam Paket Penjualan

Untuk mengurangi jejak karbon, Apple memutuskan untuk merampingkan kemasan produk dengan menghilangkan adaptor daya dan earphone. Sebagai hasilnya, dalam kemasan hanya terdapat kabel, ponsel itu sendiri, dan buku manual.

Untuk mengisi daya ponsel yang dibeli, Anda dapat menggunakan adaptor daya dari iPhone lama Anda. Namun, jika ini adalah pembelian pertama Anda dari iPhone, Anda perlu membeli adaptor daya secara terpisah.

3. Tanpa Refresh Rate Tinggi

Meskipun merupakan produk flagship dengan harga tinggi, iPhone 12 masih memiliki kekurangan yang membuatnya kalah bersaing dengan flagship lainnya.

Salah satunya adalah ketidakmampuannya mencapai laju penyegaran layar hingga 120 Hz seperti beberapa ponsel flagship lainnya. iPhone 12 masih tetap pada refresh rate 60 Hz, yang berarti pengguna tidak akan mendapatkan pengalaman pergeseran layar yang sangat lancar dalam penggunaan sehari-hari. Sebelum peluncuran iPhone 12, kabar telah beredar bahwa ponsel ini akan memiliki laju penyegaran 120 Hz, namun sayangnya hal ini tidak terealisasi.

4. Lensa LiDAR Absen

Meskipun iPhone 12 memiliki harga yang tinggi, sayangnya tidak dilengkapi dengan sensor LiDAR. Sehingga, membeli iPhone 12 Pro mungkin akan lebih sepadan karena sudah dilengkapi dengan sensor langka ini.

LiDAR adalah sensor yang dapat mengukur jarak antara objek dalam dunia nyata dengan akurat. Cara kerjanya adalah dengan mengirimkan sinyal cahaya ke objek dan menerima pantulan dari cahaya tersebut. Sensor ini juga digunakan oleh organisasi seperti NASA untuk misi luar angkasa.

Penggunaan LiDAR pada iPhone 12 Pro dan Pro Max sangat beragam, mulai dari hal-hal sepele hingga permainan realitas tertambah (AR) yang interaktif. Misalnya, Anda dapat mengukur ukuran TV di rumah teman Anda menggunakan LiDAR.

Selain itu, objek AR juga dapat berinteraksi dengan furnitur di sekitarnya berkat LiDAR. Oleh karena itu, sebaiknya memilih versi Pro atau Pro Max jika ingin merasakan pengalaman menggunakan LiDAR.

Kesimpulan

Ternyata, versi standar dari iPhone 12 memiliki sejumlah kelebihan dan kekurangan yang menarik untuk dibahas. Ponsel ini memiliki daya tahan baterai yang lebih baik dari generasi sebelumnya, dilengkapi dengan chipset terbaru untuk gaming dan editing video, serta fitur Dolby Vision yang mengubah cara videografi di ponsel biasanya dilakukan.

Namun, konsumen harus siap dengan harganya yang tinggi, dan itu pun belum termasuk aksesoris seperti adaptor daya, earphone, dan aksesoris MagSafe yang memudahkan penggunaan. Jika tertarik dengan ponsel ini, ada baiknya juga membaca perbandingan antara iPhone 12 Mini, iPhone 12, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pro Max!

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.