Ini 10 Kelebihan dan Kekurangan Apple iPhone 12 Mini yang Wajib Anda Ketahui

Peningkatan terus-menerus selalu menjadi fokus perhatian untuk produk Apple, termasuk iPhone. Setelah memperkenalkan seri iPhone 11 di pasaran, saatnya bagi iPhone 12 series untuk tampil pada kuartal empat 2020.

Apple iPhone 12 Mini

Spesifikasi Apple iPhone 12 Mini
  • Rilis: November 2020
  • Layar: Super Retina XDR OLED, 5,4 inci
  • Chipset: Apple A14 Bionic (5 nm)
  • CPU: Hexa-core
  • RAM: 4 GB
  • Memori Internal: 64 GB, 128 GB, 256 GB
  • Memori Eksternal: –
  • Kamera Belakang: 12 MP + 12 MP
  • Kamera Depan: 12 MP
  • Baterai: Li-Ion 2.227 mAh

Selengkapnya :

Seperti yang diketahui, iPhone selalu menjadi simbol peningkatan status sosial bagi penggunanya. Hal ini bukan hanya karena logo Apple yang melekat di bodinya, tetapi juga karena kualitas kamera yang jernih, layar yang berkualitas tinggi, dan fitur-fitur canggih yang seringkali menjadi trendsetter bagi ponsel-ponsel Android.

Pada seri iPhone 12 ini, Apple juga menyediakan opsi untuk membeli varian "mini", yaitu iPhone 12 Mini yang memiliki ukuran lebih kecil dan kompak. Apakah ukurannya yang kecil membuatnya terlihat kurang menarik? Atau justru membuatnya lebih diminati?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kami telah menyediakan beberapa poin kelebihan dan kekurangan dari Apple iPhone 12 Mini agar Anda dapat menilainya sendiri. Apakah ponsel ini sesuai dengan kebutuhan Anda? Yuk, simak poin-poin di bawah ini!

Kelebihan Apple iPhone 12 Mini

Kelebihan Apple iPhone 12 Mini

Meskipun memiliki tampilan yang mungil, iPhone 12 Mini masih memiliki beberapa keunggulan yang menarik. Berikut adalah beberapa poin kelebihan iPhone 12 Mini.

1. Desain Compact

Kelebihan pertama dari iPhone 12 Mini terletak pada desain bodinya yang kompak. Sesuai dengan namanya, iPhone 12 Mini memiliki ukuran yang kecil untuk memprioritaskan portabilitas. Dimensinya yang ramping dengan ukuran 131,5 x 64,2 mm dan ketebalan 7,4 mm membuatnya mudah dimasukkan ke dalam saku.

Dengan bobot hanya 135 gram, pengguna akan merasa nyaman saat menggenggam smartphone ini tanpa cepat merasa lelah atau pegal.

2. Layar OLED Display yang Memukau

iPhone 12 Mini memiliki kelebihan pada layarnya, dengan menggunakan panel Super Retina XDR OLED. Layar ini memiliki tingkat kecerahan 625 nits, dengan kecerahan maksimal mencapai 1200 nits. Ukuran layarnya 5,4 inci dengan resolusi Full HD Plus 1080 x 2340 piksel dan rasio 19,5:9.

Layar iPhone 12 Mini juga telah memiliki sertifikasi HDR10+, sehingga tampilannya sangat tajam dengan rentang dinamis yang luas. Hal ini membuat pengalaman bermain game dan menonton konten video menjadi lebih memuaskan.

3. Kemampuan Videografi yang Mumpuni

Kelebihan iPhone 12 Mini terletak pada kemampuan videografinya yang diklaim Apple setara dengan alat perekaman video profesional dalam industri perfilman. Kamera belakangnya memiliki resolusi 12MP + 12MP, sementara kamera depannya 12MP.

Teknologi Dolby Vision standar 10-bit HDR hadir pada kamera ini, memberikan akurasi warna yang lebih luas dengan kontras hitam dan putih yang lebih besar. Dolby Vision pada iPhone 12 Mini menggunakan metadata dinamis untuk memetakan gambar secara frame-by-frame.

4. Dukungan Sistem Operasi dengan Update Jangka Panjang

Salah satu kelebihan dari smartphone Apple adalah dukungan update sistem operasi jangka panjang. Pengguna tidak akan ketinggalan fitur terbaru dari iOS, sistem operasi iPhone. iPhone 12 Mini, misalnya, menawarkan update selama 6 tahun sejak perilisannya.

Banyak orang yang menunggu beberapa tahun setelah perilisan untuk membeli produk Apple agar mendapatkan harga lebih murah, termasuk iPhone 12 Mini. Ini menunjukkan bahwa produk smartphone Apple tetap layak untuk dibeli hingga beberapa tahun setelah perilisan. Dengan demikian, iPhone 12 Mini akan terus menerima dukungan sistem operasi iOS hingga 5 tahun ke depan.

5. Sejumlah Dukungan Fitur Canggih

Kelebihan terakhir dari iPhone 12 Mini adalah fitur-fiturnya. Rating IP68 memastikan ketahanan terhadap cipratan air. Dengan rating IP68, iPhone 12 Mini dapat bertahan terhadap debu dan air pada kedalaman 1,5 meter selama 30 menit, meskipun sebaiknya pengguna menghindari paparan air.

Fitur MagSafe adalah inovasi yang memperbaiki kualitas hidup pengguna dengan memungkinkan pengisian daya secara nirkabel. Fitur ini menjadi kelebihan tersendiri dari iPhone 12 Mini. Selain itu, smartphone ini dilengkapi dengan dual Dolby Audio stereo speaker untuk audio yang jernih dan keras.

Kekurangan Apple iPhone 12 Mini

Kekurangan Apple iPhone 12 Mini

Tidak dapat dipungkiri bahwa iPhone 12 Mini adalah varian termurah, sehingga wajar jika terdapat beberapa kekurangan yang cukup disayangkan, yaitu sebagai berikut.

1. Tanpa Sensor Sidik Jari

Sensor biometrik adalah fitur penting pada ponsel pintar, karena memberikan rasa aman dan nyaman dalam membuka kunci layar. Meskipun iPhone 12 Mini telah dilengkapi dengan fitur Face ID yang unggul di kelasnya, namun tidak memiliki sensor sidik jari. Hal ini membuat pengguna memiliki pilihan terbatas untuk metode pembukaan kunci yang cepat dan aman.

2. Sensor LiDAR Absen

Berbeda dengan iPhone 12 Pro, varian Mini ini tidak dilengkapi dengan sensor LiDAR di bagian belakangnya dan hanya memiliki kamera ganda berkekuatan 12 MP. LiDAR adalah singkatan dari Light Detection and Ranging, yang berfungsi sebagai sensor pengukur jarak dengan mendeteksi cahaya yang dipantulkan.

Fungsi utama LiDAR adalah sebagai sensor kedalaman dalam fotografi. Namun, LiDAR juga memiliki fungsi yang lebih luas, seperti meningkatkan pengalaman Augmented Reality (AR) yang lebih akurat pada ponsel ini. Dengan LiDAR, perangkat dapat digunakan untuk mengukur jarak antar objek di suatu ruangan. Objek AR yang ditampilkan di layar juga akan lebih responsif terhadap kondisi ruangan sekitarnya, menciptakan pengalaman yang lebih imersif dan nyata. Ini adalah fitur yang sayang untuk dilewatkan.

3. Headset dan Charger Tidak Tersedia

Salah satu kekurangan yang cukup mengejutkan dari iPhone 12 Mini dan dua varian lainnya adalah ketiadaan kepala charger dan headset di dalam kotak pembeliannya.

Apple berpendapat bahwa kebanyakan pembeli iPhone 12 sudah memiliki seri-seri iPhone sebelumnya, sehingga mereka dapat menggunakan charger iPhone lama mereka. Selain itu, keputusan untuk tidak menyertakan dua aksesori penting ini adalah bagian dari upaya Apple untuk membuat kotak penjualan lebih kecil, sehingga lebih banyak unit dapat dimuat dalam satu kontainer.

Dengan demikian, distribusi perangkat menjadi lebih efisien dan mengurangi frekuensi pengiriman, yang pada akhirnya mendukung upaya pelestarian lingkungan.

Bagi pengguna yang baru pertama kali membeli iPhone, mereka harus memesan kepala charger dan headset secara terpisah, yang berarti tambahan biaya yang harus dikeluarkan.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa kelebihan dan kekurangan yang dapat Anda pertimbangkan jika memilih untuk membeli iPhone 12 Mini. Meskipun desainnya tidak terlalu berbeda dari iPhone 11, Anda dapat menikmati keunggulannya dalam hal videografi. Bagi yang bermimpi menjadi content creator, iPhone 12 Mini dapat menjadi pilihan yang memudahkan untuk mewujudkannya.

Dengan desain yang kompak, iPhone 12 Mini nyaman untuk dibawa ke mana-mana, memperhatikan portabilitas untuk kenyamanan maksimal saat digenggam, bermain game, atau disimpan dalam tas atau saku.

Kehadiran iPhone 12 Mini ini juga menunjukkan bahwa Apple mungkin melihat adanya permintaan yang besar untuk ponsel berukuran kecil. Kemungkinan, di masa depan, ponsel dari vendor lain juga akan mengikuti strategi yang sama dengan menghadirkan versi "mini".

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.