Yuk, Baca 9 Kelebihan dan Kekurangan Apple iPhone 11

Sebaiknya siapkan "sabuk pengaman" sebelum membaca artikel ini. Kali ini, tim Teknoindie akan membahas tentang Apple iPhone 11. Seri ini merupakan penerus dari iPhone XR yang merupakan salah satu iPhone terlaris. Menurut Macworld, iPhone 11 telah terjual sebanyak puluhan juta unit hanya dalam dua tahun setelah dirilis.

Apple iPhone 11

Spesifikasi Apple iPhone 11
  • Rilis September 2019
  • Layar 6.1' Liquid Retina IPS LCD
  • Chipset Apple A13 Bionic (7 nm+)
  • GPU Apple GPU (4-core graphics)
  • Internal 4/64GB, 4/128GB, 4/256GB
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Kamera Belakang 12 MP (wide), 12 MP (ultrawide)
  • Kamera Depan 12 MP (wide), SL 3D (depth/biometrics sensor)
  • Baterai Li-Ion 3110 mAh, Fast charging 18W

Selengkapnya :

Bagaimana penilaian mengenai Apple iPhone 11 ini? Berikut adalah rangkuman dari berbagai sumber mengenai kelebihan dan kekurangan Apple iPhone 11.

Kelebihan Apple iPhone 11

Kelebihan Apple iPhone 11

Setelah mengetahui spesifikasi Apple iPhone 11, sekarang mari kita bahas kelebihan dari ponsel ini. Sebagai ponsel kelas atas, Apple iPhone 11 menawarkan banyak keunggulan. Berikut adalah beberapa kelebihan dari iPhone 11.

1. Hadir dengan Desain Tangguh yang Memiliki Fitur Tahan Air

Kelebihan pertama dari iPhone 11 adalah desainnya yang tangguh dan tahan lama. iPhone 11 memiliki sertifikasi IP68 yang membuatnya tahan air, mampu bertahan direndam dalam air hingga kedalaman 2 meter selama 30 menit.

Desain yang tangguh ini menjadikan iPhone 11 pilihan yang sangat baik. Oleh karena itu, desain merupakan salah satu kelebihan utama dari iPhone 11.

2. Didukung Tingkat Kecerahan Layar yang Baik

Pada bagian layarnya, iPhone 11 dilengkapi dengan layar berkualitas tinggi dengan tingkat kecerahan yang baik. Layar menggunakan Liquid Retina IPS LCD berukuran 6,1 inci dengan resolusi 828 x 1792 piksel. Kualitas layarnya yang cerah membuatnya cocok untuk menonton video streaming dan bermain game.

Kelebihan lain dari layar iPhone 11 adalah dukungan teknologi True Tone dan wide color gamut. Layar ini juga dilindungi oleh perlindungan anti gores untuk melindungi dari benturan ringan.

3. Dipersenjatai dengan Chipset Terkencang untuk Mendukung Performa

Untuk mendukung performanya dalam menjalankan berbagai aplikasi, iPhone 11 menggunakan chipset Apple A13 Bionic yang sangat cepat. Chipset ini memiliki prosesor hexa-core yang terdiri dari dua core Lightning berkecepatan 2,65 GHz dan empat core Thunder berkecepatan 1,8 GHz. Pengolah grafisnya menggunakan Apple GPU dengan empat inti core graphics.

Selain itu, iPhone 11 dilengkapi dengan RAM 4GB dan tersedia dalam pilihan media penyimpanan 64GB, 128GB, dan 256GB. Performanya sangat lancar saat digunakan untuk berbagai aktivitas, termasuk bermain game dengan grafis berat. Dengan demikian, aktivitas sehari-hari juga akan terasa lebih menyenangkan. Chipset yang digunakan menjadi salah satu kelebihan utama dari iPhone 11.

4. Membawa Kamera Depan dan Belakang yang Andal

Untuk mengambil gambar dan video, kamera iPhone 11 tidak diragukan lagi kualitasnya. Apple dikenal memiliki kamera yang andal, dan hal ini juga terbukti pada iPhone 11. Smartphone ini dilengkapi dengan dua kamera belakang dengan resolusi 12MP dan 12MP ultrawide, masing-masing dengan bukaan f/1.8 dan f/2.8.

Kedua kamera belakang ini didukung oleh Quad-LED dual-tone flash dan HDR untuk rekaman video hingga resolusi 2160p. Sementara itu, kamera depan iPhone 11 menggunakan lensa 12MP dengan bukaan f/2.2 dan fitur 3D camera. Baik kamera depan maupun belakang mampu menghasilkan gambar dan video berkualitas tinggi. Hasil tangkapan kameranya memiliki warna yang realistis, rentang dinamis yang baik, dan detail yang tajam.

5. Kemampuan Baterai yang Awet

Kelebihan terakhir dari iPhone 11 terletak pada baterainya yang memiliki kapasitas 3.110 mAh. Meskipun kapasitas ini jauh lebih rendah dibandingkan dengan smartphone Android, namun daya tahannya sangat impresif. Hal ini terbukti dari pengujian yang dilakukan oleh GSMArena yang mencatat endurance rating hingga 94 jam.

Baterai iPhone 11 mampu bertahan selama 17 jam 45 menit saat digunakan untuk telepon, 15 jam 29 menit saat digunakan untuk internetan, dan 18 jam 43 menit saat digunakan untuk pemutaran video. Bahkan untuk penggunaan ringan seperti browsing, menonton YouTube, dan merespon notifikasi, baterainya mampu bertahan seharian.

Kekurangan Apple iPhone 11

Kekurangan Apple iPhone 11

Sudah dibahas sebelumnya bahwa Apple iPhone 11 memiliki lima kelebihan. Sekarang, kita akan membahas kekurangannya. Mengapa membahas kekurangan? Karena tidak ada ponsel yang benar-benar sempurna. Berikut adalah kekurangan dari Apple iPhone 11.

1. Terdapat Masalah pada Notch dan Bezel

Masalah utamaSalah satu kekurangan dari iPhone 11 adalah charger bawaannya yang hanya mendukung pengisian 5W. Dengan charger ini, pengisian baterai menjadi lebih lambat.

Menurut GSMArena, dalam waktu 30 menit, baterai hanya terisi 18% (dari 0%). Untuk pengisian penuh, dibutuhkan waktu hingga 4 jam.

Namun, Anda bisa mempercepat waktu pengisian dengan membeli charger original Apple yang mendukung pengisian 18W. Dengan charger tersebut, iPhone 11 dapat terisi hingga 55% dalam waktu 30 menit. yang dimiliki oleh iPhone 11 adalah notch yang terlalu besar. Meskipun banyak HP Android kelas atas yang menawarkan layar tanpa notch atau poni, Apple tampaknya mempertahankan desain ini.

Selain itu, kekurangan lain dari iPhone 11 adalah bezel layarnya yang masih tergolong tebal. Untuk kelas HP yang seharga iPhone 11, seharusnya bezelnya lebih tipis. Dengan bezel yang tipis, desain HP ini akan terlihat lebih sempurna dan menarik.

Meskipun begitu, secara keseluruhan desain iPhone 11 tetap mewah dan menarik, meskipun tidak ada yang terlalu istimewa. Desain yang khas bagi Apple, namun hal ini membuatnya terlihat biasa saja.

2. Charger Bawaan Hanya 5W Saja

Salah satu kekurangan dari iPhone 11 adalah charger bawaannya yang hanya mendukung pengisian 5W. Dengan charger ini, pengisian baterai menjadi lebih lambat.

Menurut GSMArena, dalam waktu 30 menit, baterai hanya terisi 18% (dari 0%). Untuk pengisian penuh, dibutuhkan waktu hingga 4 jam.

Namun, Anda bisa mempercepat waktu pengisian dengan membeli charger original Apple yang mendukung pengisian 18W. Dengan charger tersebut, iPhone 11 dapat terisi hingga 55% dalam waktu 30 menit.

3. Layarnya Bukan OLED dan Belum HDR

Apple iPhone 11 hanya menggunakan layar IPS LCD, bukan OLED. Meskipun layar IPS LCD ini memiliki kualitas yang bagus, penggunaan layar OLED tentu akan lebih diinginkan.

Selain itu, iPhone 11 juga tidak mendukung layar HDR. Untuk HP dengan harga sekelasnya, seharusnya sudah mendukung layar HDR.

Kemampuan layar HDR akan sangat berguna saat menonton konten video atau serial di Netflix untuk mendapatkan kualitas gambar yang lebih baik.

4. Harganya Cukup Menguras Kantong

Salah satu kekurangan dari Apple iPhone 11 adalah harganya yang tetap tinggi, bahkan untuk varian termurahnya.

Hal ini tidak mengherankan mengingat reputasi Apple yang sudah sangat terkenal dan kesan eksklusif yang melekat pada merek ini, membuat iPhone 11 terasa mahal. Bagi sebagian orang, harga iPhone 11 mungkin terlalu tinggi.

Sebagai akibatnya, banyak konsumen yang memilih untuk membeli HP dari merek pesaing yang harganya lebih terjangkau namun tetap menawarkan kualitas yang sebanding.

Kesimpulan

Apple iPhone 11 merupakan smartphone yang menarik, namun tidak cocok untuk semua orang. Dengan harga yang cukup tinggi, iPhone 11 mungkin tidak sebanding dengan smartphone Android di kelas harga yang sama.

Meskipun demikian, iPhone 11 masih merupakan pilihan yang layak, terutama bagi mereka yang memiliki anggaran yang mencukupi dan merupakan penggemar setia Apple beserta semua fitur dan teknologi yang ditawarkannya.

Apakah Anda tertarik dengan Apple iPhone 11? Bagikan pendapat Anda tentang ponsel ini di kolom komentar di bawah.

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.