Inilah 10 Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Infinix Smart 5

Pada saat yang bersamaan dengan peluncuran Infinix Zero 8, Infinix juga memperkenalkan produk pada segmen harga entry-level dengan harga yang sangat terjangkau. Infinix Smart 5, yang dibanderol hanya Rp1.249.000,-, menawarkan fitur dan spesifikasi yang cukup menarik untuk kebutuhan sehari-hari.

Infinix Smart 5

Spesifikasi Infinix Smart 5
  • Layar: IPS LCD 6.6 inci
  • Chipset: MediaTek Helio A20
  • RAM: 2 GB, 3 GB
  • Memori Internal: 32 GB, 64 GB
  • Kamera: 13 MP (wide), 0.3 MP (AI), 0.3 MP (AI)
  • Baterai: Li-Po 5000 mAh

SelengkapnyaSpesifikasi Infinix Smart 5 dan Harganya

Dibandingkan dengan pendahulunya, Infinix Smart 4, Infinix Smart 5 menghadirkan beberapa peningkatan untuk menjawab tuntutan zaman yang semakin canggih. Namun, apa sebenarnya kelebihan dan kekurangan dari Infinix Smart 5 yang membuatnya layak untuk dimiliki? Temukan jawabannya dalam ulasan berikut.

Kelebihan dan Kekurangan Infinix Smart 5

Kelebihan Infinix Smart 5

Fitur pengamanan seperti sensor sidik jari dan Face Unlock biasanya tidak lengkap pada ponsel dengan harga entry-level. Namun, Infinix Smart 5 menonjol karena memiliki kedua fitur ini, dengan sensor sidik jari di bagian belakang ponsel dan Face Unlock.

Di kelas harga sekitar Rp1,2 juta, jarang ditemukan ponsel yang dilengkapi dengan sensor sidik jari. Keberadaan sensor ini memberikan nilai tambah pada ponsel ini.

Layar yang besar semakin menjadi tren di tahun 2020, bahkan untuk ponsel dengan harga terjangkau. Infinix Smart 5 hadir dengan layar IPS LCD berukuran 6,6 inci dengan resolusi HD+ (720 x 1600 piksel). Meskipun resolusinya tidak tinggi, layar ini cukup terang dan mudah terbaca di bawah sinar matahari.

Desain layar dengan poni membuat bezel ponsel terlihat tipis, mencapai rasio layar ke bodi sebesar 83,2%. Kualitas layar ini cukup baik untuk ponsel di harga Rp1 jutaan.

Ponsel ini juga memiliki baterai berkapasitas besar, 5.000 mAh, yang jarang ditemukan pada ponsel dengan harga serupa. Namun, pengisian dayanya membutuhkan waktu yang cukup lama karena hanya mendukung 10W charging.

Infinix Smart 5 juga menawarkan ketahanan baterai yang baik, bisa bertahan hingga 4 hari dalam mode standby dan sehari atau dua hari dalam pemakaian normal.

Infinix dikenal dengan desain menarik pada setiap produknya, termasuk Infinix Smart 5 dengan desain belakang yang menyerupai potongan berlian yang elegan. Tersedia dalam tiga varian warna yang menarik: Ocean Wave (biru tua), Quetzal Cyan (biru kehijauan), dan Midnight Black (hitam).

Meski hanya memiliki RAM 2GB dan memori internal 32GB, Infinix Smart 5 tetap menawarkan pengalaman pengguna yang lancar berkat Android Go Edition yang berbasis Android 10. Ini memungkinkan ponsel berjalan lebih cepat meskipun dengan spesifikasi yang terbatas.

Infinix Smart 5 juga menawarkan kamera yang cukup baik untuk ponsel sekelasnya. Dengan kamera utama 13MP dan dua kamera tambahan QVGA, hasil foto yang dihasilkan cukup memuaskan. Kamera selfie 8MP juga mampu menghasilkan foto dengan latar belakang bokeh yang bagus.

Fitur audio juga diperhatikan, dengan adanya port audio 3,5mm untuk earphone dan speaker dengan dukungan pengolahan suara dari DTS. Meski kualitas suaranya tidak sebagus ponsel mid-range atau flagship, pengguna tetap dapat menikmati pengalaman audio yang memuaskan.

Penyimpanan internal 32GB yang ditawarkan Infinix Smart 5 merupakan peningkatan dari pendahulunya, Infinix Smart 4 yang hanya memiliki 16GB. Ponsel ini juga dilengkapi dengan slot kartu memori eksternal hingga 256GB. Sebuah peningkatan yang signifikan untuk ponsel di harga tersebut.

Kekurangan Infinix Smart 5

Ketika memilih versi terbaru dari sebuah seri HP, kita biasanya berharap akan adanya peningkatan. Namun, Infinix Smart 5 mengejutkan dengan spesifikasi yang sedikit menurun dari pendahulunya, Infinix Smart 4. Sementara Smart 4 menggunakan prosesor dengan clock speed 2.0 GHz, Smart 5 hanya memiliki 1.8 GHz.

Meskipun jenis chipset yang digunakan oleh Infinix Smart 5 tidak secara jelas diumumkan oleh Infinix, beberapa sumber menyebutkan bahwa perangkat ini menggunakan Helio A20, yang kemungkinan memiliki performa lebih rendah dari Helio A22 yang digunakan pada Smart 4.

Hal ini menjadi perhatian, mengingat banyak HP dengan harga serupa yang masih menggunakan chipset yang lebih baik, seperti Redmi 9A dengan Helio G25 atau Infinix Hot 8 dengan Helio P22. Jadi, jika Anda penggemar game, mungkin sebaiknya mencari alternatif dengan chipset yang lebih kuat.

Perbedaan lainnya terletak pada kemampuan Bluetooth antara Smart 5 dan Smart 4. Meskipun keduanya memiliki harga yang tidak jauh berbeda, Smart 5 hanya dilengkapi dengan Bluetooth 4.2 sementara Smart 4 sudah menggunakan versi Bluetooth 5.

Bluetooth ini penting untuk mentransfer data antar perangkat. Bluetooth 5 memiliki kecepatan transfer lebih tinggi dan jarak jangkau yang lebih luas dibandingkan dengan Bluetooth 4.2 yang dimiliki oleh Smart 5.

Meskipun demikian, Infinix Smart 5 sudah dilengkapi dengan WiFi Direct sebagai alternatif untuk mentransfer data antar perangkat. Jadi, meskipun ada kekurangan dalam hal Bluetooth, Anda masih bisa menggunakan WiFi Direct untuk melakukan transfer data.

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.