Yuk, Cari Tahu Kelebihan dan Kekurangan ASUS Zenfone 9

ASUS memperkenalkan ASUS Zenfone 9 pada bulan Juli 2022 di pasar global, sementara di Indonesia, ponsel ini secara resmi hadir pada 17 November 2022. Meskipun ada jeda waktu yang cukup panjang dari rilis global, namun ASUS Zenfone 9 tetap menjadi salah satu produk yang menarik perhatian, tidak tergolong sebagai produk usang.

Asus Zenfone 9

Spesifikasi Asus Zenfone 9
  • Layar: AMOLED 5.9 inci
  • Chipset: Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1
  • RAM: 6 GB, 8 GB, 16 GB
  • Memori Internal: 128 GB, 256 GB
  • Kamera: 50 MP (wide), 12 MP (ultrawide)
  • Baterai: Li-Po 4300 mAh

Selengkapnya : Spesifikasi Asus Zenfone 9 dan Harganya

ASUS Zenfone 9 dirancang sebagai ponsel flagship dengan desain kompak yang menjadi andalan baru ASUS. Kehadiran ponsel ini juga sebagai pengganti dari pendahulunya, ASUS Zenfone 8, yang merupakan ponsel flagship ASUS pada tahun 2021.

Salah satu sektor yang paling ditonjolkan oleh ASUS pada Zenfone 9 ini adalah desain dan kamera. Dua sektor ini dianggap sangat penting dalam persaingan di pasar ponsel flagship saat ini.

ASUS melakukan perbaikan yang cukup serius pada sektor kamera dalam seri terbaru Zenfone ini. Hal yang membuat sektor kamera HP ini menonjol adalah adanya komponen sistem stabilisasi optik berbasis gimbal.

Meskipun mengusung sektor kamera yang baru, ASUS Zenfone 9 tetap mempertahankan desain bodi yang kompak di tengah persaingan ponsel flagship dengan bodi yang besar. Sebagai salah satu HP terbaik ASUS, ponsel ini dirancang untuk memiliki keunggulan yang komprehensif di semua aspek.

Untuk informasi lebih detail mengenai kelebihan dan kekurangan ASUS Zenfone 9, Anda dapat menemukannya di bawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan Asus Zenfone 9

Kelebihan Asus Zenfone 9

Ponsel ASUS Zenfone 9 mempertahankan desain depan yang mirip dengan pendahulunya, Zenfone 8, dengan posisi kamera depan di pojok kiri atas. Namun, perbedaan terlihat pada bagian belakang, di mana Zenfone 9 memiliki desain modul kamera yang berbeda, menampilkan dua kamera belakang besar dengan ring metal yang cantik. Bodinya juga mengalami penyusutan ukuran dan bobot, dengan dimensi 146,5 x 68,1 x 9,1 mm dan bobot 169 gram. ASUS menggunakan bodi baru yang tidak lagi menggunakan bahan kaca, melainkan bodi polymer.

ASUS Zenfone 9 dilengkapi dengan sertifikasi IP68 untuk tahan air dan debu, sebuah fitur yang tidak dimiliki oleh Zenfone 8. Desain sampingnya mengusung konsep flat yang mirip dengan iPhone dan ponsel flagship lainnya, memberikan kesan yang lebih mewah.

Layar Zenfone 9 tetap menggunakan layar 5,9 inci dengan resolusi Full HD+ (1080 x 2400 piksel) dan kepadatan piksel 445 ppi. Layarnya menggunakan panel Super AMOLED yang diklaim nyaman untuk multi-tasking dan gaming, dengan refresh rate 120 Hz dan touch sampling rate 240 Hz.

ASUS Zenfone 9 diperkuat oleh SoC Snapdragon 8 Plus Gen 1 dari Qualcomm, yang menawarkan performa kencang dan hemat daya. Chipset ini memiliki konfigurasi octa-core dengan fabrikasi 4 nm, GPU Adreno 730 (818 MHz), DSP Hexagon, ISP Spectra generasi terbaru, serta modem 5G X65. Zenfone 9 juga dilengkapi dengan RAM 16 GB LPDDR5 dan memori internal 256 GB UFS 3.1.

Kamera ASUS Zenfone 9 menggunakan sensor utama Sony IMX766 50 MP dengan OIS dan PDAF, serta kamera ultra-wide 12 MP dengan sudut pandang 113° dan autofokus. Kamera depannya juga mampu merekam video 4K pada 30 fps. Fitur gimbal OIS pada kamera utama memberikan stabilisasi yang lebih baik untuk video dan foto dengan exposure panjang.

ASUS Zenfone 9 hadir dengan harga yang menarik di Indonesia, dengan varian 6/128 GB dijual seharga Rp7.999.000. Varian lainnya, seperti 8/256 GB dijual seharga Rp9.999.000, dan varian tertinggi 16/256 GB dijual seharga Rp11.999.000. Meskipun memiliki harga yang menarik, sayangnya Zenfone 9 tidak memiliki varian RAM 12 GB.

Baterai Zenfone 9 memiliki kapasitas 4300 mAh, yang mampu bertahan hingga 48 jam dengan penggunaan normal. Fitur pengisian cepat 30W memungkinkan pengisian penuh dalam waktu sekitar 74 menit. ASUS Zenfone 9 juga mendukung jaringan seluler 5G, WiFi 6, dan Bluetooth 5.2, serta memiliki stereo speaker dengan Dirac Tuning untuk kualitas audio yang baik.

Ponsel ini menjalankan Android 12 dengan balutan Zen UI, yang memiliki fitur-fitur berguna seperti smart key untuk membuka aplikasi dengan cepat. Dengan sejumlah fitur unggulan dan harga yang kompetitif, ASUS Zenfone 9 menawarkan nilai yang menarik bagi pengguna yang mencari ponsel premium dengan spesifikasi yang kuat.

Kekurangan Asus Zenfone 9

Ponsel flagship saat ini biasanya memiliki desain yang mewah dan elegan. Sebagai contoh, seri Zenfone 8 memiliki desain kompak dengan bodi berlapis kaca yang mewah. Namun, dalam seri Zenfone 9, ASUS memilih menggunakan bodi belakang dari bahan polymer dan menghilangkan lapisan kaca tersebut. Meskipun perubahan ini membuat ponsel lebih ringan dan minimalis, beberapa orang merasa bahwa desainnya kurang mewah dan terkesan murahan.

ASUS Zenfone 9 memiliki desain bodi yang kompak, namun hal ini juga berdampak pada penghilangan fitur-fitur penting. Salah satunya adalah penghilangan slot microSD, yang mungkin mengecewakan bagi pengguna yang menyukai penyimpanan tambahan. Meskipun ASUS menyediakan memori internal 256 GB, slot microSD masih dianggap penting untuk memori tambahan karena ukuran file aplikasi, foto, dan video yang semakin besar.

Tren kamera smartphone saat ini cenderung memiliki lebih dari dua kamera belakang, seperti kamera utama yang dilengkapi dengan kamera ultra-wide atau kamera makro. Namun, ASUS Zenfone 9 tidak menyertakan kamera telephoto, yang dianggap sebagai kekurangan karena kamera telephoto dapat mengambil gambar atau video dengan efek sinematik dan menangkap objek dengan detail dari jarak jauh.

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.