Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Apple iPad Air 2020 (4th Gen)

Berbicara tentang tablet, tidak dapat dilepaskan dari salah satu pelopor dalam industri tersebut, yaitu Apple iPad. Produk ini menarik karena menawarkan pengalaman penggunaan yang lebih produktif dibandingkan dengan perangkat iPhone, misalnya.

Apple iPad Air 2020

Spesifikasi Apple iPad Air 2020 (4th Gen)
  • Rilis: September 2020
  • Layar: Liquid Retina IPS LCD 10,9 inci 2360 x 1640 piksel, 264 ppi
  • Chipset: Apple A14 Bionic (5 nm)
  • GPU: Apple GPU (4-core graphics)
  • RAM: -
  • Memori Internal: 64 GB, 256 GB
  • Memori Eksternal: Tidak
  • Kamera Belakang:12 MP, f/1.8
  • Kamera Depan: 7 MP, f/2.0
  • Baterai:Li-Po, non-removable (28.6 Wh)

Selengkapnya: Spesifikasi iPad Air 2020 dan Harganya

iPad juga lebih fleksibel karena tidak hanya memberikan mobilitas, tetapi juga produktivitas yang mirip dengan penggunaan laptop. Selain itu, iPad menawarkan desain yang ringan, seperti yang ditawarkan oleh iPad Air.

Apple iPad Air generasi keempat telah hadir pada tahun 2020. Ini menunjukkan bahwa Apple terus memperbarui produk ini karena meningkatnya kebutuhan pengguna terhadap tablet ini. Apple iPad Air 2020 telah resmi hadir di Indonesia dan menjadi pilihan menarik untuk dibeli.

Sebelum membeli, penting untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan Apple iPad Air 2020. Apa saja kelebihan dan kekurangannya? Berikut ini ulasannya.

Kelebihan Apple iPad Air 2020

Kelebihan Apple iPad Air 2020

Tidak ada yang bisa dipungkiri mengenai keunggulan kombinasi chipset Apple A14 Bionic dengan ekosistem Apple, terutama iPadOS, yang ditawarkan oleh Apple iPad Air 2020.

Chipset Apple A14 Bionic, yang menggunakan fabrikasi 5 nm, menawarkan kinerja yang luar biasa. Misalnya, pengguna bisa melakukan pengeditan video 4K langsung di Apple iPad Air. Performa CPU dan GPU-nya yang meningkat membuat iPad Air menjadi lebih cepat dan lebih unggul dibandingkan laptop pada umumnya. Bahkan, performa CPU A14 Bionic diklaim 40% lebih cepat dibandingkan A12 Bionic, sementara performa GPU-nya meningkat 40% juga.

Layar iPad Air 2020 menggunakan teknologi Liquid Retina IPS LCD dengan dimensi 10,9 inci dan resolusi 1640 x 2360 piksel. Layar ini mendukung fitur True-tone dan wide color gamut, memberikan pengalaman visual yang cerah, berwarna, dan tajam.

Desain iPad Air 2020 juga mengalami peningkatan yang signifikan, mirip dengan iPad Pro 11 inci, dengan bingkai cincin, tepi yang rata, dan tidak tajam. Desainnya tidak hanya bagus secara visual, tetapi juga nyaman digenggam dan tidak terlalu berat.

Dengan baterai Li-Po berkapasitas 28,6 watt-jam, iPad Air 2020 mampu bertahan hingga 10 jam, sesuai klaim Apple. Dalam pengujian, daya tahan baterainya mencapai 10 jam 29 menit, masih termasuk dalam kategori yang baik.

Keunggulan lainnya dari iPad Air 2020 adalah dukungan untuk aksesori terbaru Apple, seperti Apple Pencil (2nd Gen) dan Magic Keyboard. Meskipun awalnya ditujukan untuk iPad Pro, keduanya juga dapat digunakan dengan iPad Air 2020, menjadikannya alternatif yang layak sebagai pengganti laptop.

Di bagian kamera, iPad Air 2020 menawarkan kamera belakang 12 MP yang mampu menghasilkan gambar berkualitas baik, serta kamera depan 7 MP yang cocok untuk video meeting atau rapat dari rumah.

Terakhir, kehadiran Touch ID yang terintegrasi dengan tombol power memberikan kemudahan akses yang lebih ringkas bagi pengguna.

Kekurangan Apple iPad Air 2020

Kekurangan Apple iPad Air 2020

Keberadaan Touch ID yang terintegrasi dengan tombol power pada Apple iPad Air 2020 memberikan pengalaman yang menarik. Namun, sayangnya, Apple tidak menyematkan fitur Face ID pada perangkat ini.

Meskipun begitu, Face ID bisa menjadi fitur yang menarik jika diterapkan di iPad Air. Saat ini, Apple hanya menyediakan fitur Face ID pada iPad Pro. Kemungkinan, fitur ini akan hadir di seri iPad Air berikutnya.

Apple iPad Air 2020 hadir dalam dua varian yang berbeda, yaitu varian dengan storage 64 GB dan varian dengan storage 256 GB. Sayangnya, tidak ada varian dengan storage 128 GB, yang bisa menjadi pilihan menarik dengan harga yang lebih terjangkau dari varian 256 GB.

Satu hal lagi yang disayangkan adalah ketiadaan headphone jack pada Apple iPad Air 2020. Meskipun begitu, keberadaan headset wireless sebagai solusi alternatif membuat kehadiran port audio jack 3,5 mm tidak lagi menjadi fitur umum pada produk Apple.

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.