Inilah 8 Fitur Xiaomi Poco M3 yang Harus Pengguna Tahu

MIUI 12, versi terbaru dari antarmuka Xiaomi, membawa banyak fitur baru dan penyesuaian tambahan yang menyeluruh, memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai tugas dengan cepat dan efisien menggunakan smartphone mereka.

Poco M3, salah satu ponsel Android yang sangat diminati, menawarkan kombinasi yang mengesankan antara kinerja handal dan penggunaan yang nyaman untuk berbagai kebutuhan. Dikembangkan oleh Xiaomi, ponsel ini dilengkapi dengan spesifikasi yang memadai serta fitur-fitur menarik yang menempatkannya di kategori unggulan.

Dengan layar luas berukuran 6,53 inci, Poco M3 menawarkan pengalaman visual yang imersif. Performa yang tangguh didukung oleh chipset Qualcomm SM6115 Snapdragon 662, menjadikannya pilihan ideal untuk pengguna yang membutuhkan kecepatan dan responsivitas dalam menjalankan aplikasi dan game.

Baik Poco M3 maupun varian 5G-nya, Poco M3 Pro, merupakan pilihan terbaik di tahun ini dengan menjalankan sistem operasi Android 11 yang disesuaikan dengan antarmuka MIUI 12. Kombinasi ini tidak hanya memberikan pengalaman pengguna yang lancar, tetapi juga menghadirkan berbagai fitur inovatif yang memperkaya penggunaan sehari-hari.

Dengan harga yang terjangkau, Poco M3 menjadi lebih menarik karena kombinasi nilai tambah yang ditawarkannya. Ini mencakup fitur-fitur canggih dalam sebuah paket yang ekonomis, ideal bagi pengguna yang mencari smartphone yang dapat diandalkan dan berkinerja tinggi tanpa menguras kantong.

Fitur HP Xiaomi Poco M3 yang Harus Kalian Ketahui

Fitur Terbaik POCO M3

Bagi pengguna baru Poco M3 yang mungkin belum familiar dengan fitur-fitur canggih yang ditawarkan oleh Xiaomi, berikut adalah ulasannya.

Menurut informasi dari DroidSmile.com, terdapat 8 fitur keren yang sebaiknya Anda coba. Pilihlah salah satu yang paling sesuai untuk mendukung aktivitas sehari-hari.

1. Fitur Sidik Jari untuk Kunci Aplikasi

Salah satu fitur unggulan dari Poco M3 adalah kemampuan untuk mengamankan aplikasi dengan menggunakan sidik jari, meningkatkan keamanan dan privasi pengguna saat membuka aplikasi tertentu.

Meskipun sebagian besar pengguna Xiaomi telah mengenal penggunaan sidik jari untuk membuka kunci ponsel mereka, tidak semua menyadari bahwa teknologi ini juga dapat diterapkan untuk mengunci aplikasi individual.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengamankan setiap aplikasi dengan sidik jari mereka. Ketika seseorang mencoba mengakses aplikasi yang telah dikunci, mereka akan diminta untuk melakukan otentikasi sidik jari sebelum aplikasi tersebut dapat dibuka.

Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna perlu mengatur dan mengkonfigurasi sidik jari mereka terlebih dahulu melalui pengaturan keamanan perangkat. Setelah sidik jari terdaftar, mereka dapat melanjutkan dengan mengunci aplikasi secara individual.

Langkah-langkah untuk mengaktifkan fitur penguncian aplikasi menggunakan sidik jari pada Poco M3 adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Keamanan langsung dari Homescreen, atau masuk ke Pengaturan -> Keamanan, lalu pilih opsi Kunci Aplikasi.
  • Pilih aplikasi yang ingin Anda amankan dengan menggunakan sidik jari.
  • Tempatkan jari Anda pada pemindai sidik jari untuk mengaktifkan penguncian menggunakan sidik jari.
  • Setelah terverifikasi, aplikasi tersebut akan diatur untuk meminta otentikasi sidik jari setiap kali diakses.

Dengan mengintegrasikan fitur keamanan ini, pengguna dapat meningkatkan perlindungan terhadap data pribadi mereka dan mengontrol akses ke aplikasi-aplikasi sensitif dengan cara yang efisien dan efektif.

2. Dark Mode atau Mode Gelap

Jika Anda tertarik untuk mencoba Mode Gelap pada Poco M3, fitur ini akan mengubah tema dan tampilan seluruh antarmuka serta aplikasi menjadi dominan warna gelap.

Poco M3, yang dikenal dengan layar canggihnya, menyediakan Mode Gelap yang tidak hanya estetis tetapi juga bermanfaat dalam menghemat daya baterai serta mengurangi ketegangan mata pengguna saat menggunakan ponsel di kondisi pencahayaan rendah, seperti malam hari.

Mode Gelap kini telah menjadi standar di banyak perangkat, baik yang menggunakan antarmuka khusus dari produsen seperti Xiaomi maupun yang menjalankan Android dengan tema bawaan. Fitur ini tidak hanya memperbaiki pengalaman pengguna dalam hal visual, tetapi juga memberikan keunggulan fungsional.

Untuk mengaktifkan Mode Gelap di Poco M3, langkah-langkahnya cukup sederhana:

  • Buka Pengaturan perangkat.
  • Navigasikan ke opsi Tampilan atau Display.
  • Cari dan pilih opsi Mode Gelap.
  • Aktifkan Mode Gelap dengan menggeser tombol atau pilihan yang disediakan.

Setelah diaktifkan, antarmuka perangkat akan berubah menjadi tema gelap secara otomatis, menyediakan pengaturan yang lebih nyaman dan hemat energi untuk penggunaan sehari-hari.

Dengan mengoptimalkan Mode Gelap, pengguna Poco M3 dapat menyesuaikan pengalaman visual mereka sesuai preferensi serta mengambil manfaat dari peningkatan efisiensi daya dan kenyamanan penggunaan di lingkungan dengan pencahayaan rendah.

3. Screenshot Tiga Jari

Salah satu metode paling praktis untuk melakukan screenshot di Poco M3 adalah dengan menggunakan tiga jari. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengambil screenshot hanya dengan mengusapkan tiga jari di layar.

Meskipun secara default fitur ini sudah aktif, pengguna memiliki opsi untuk menyesuaikan pengaturannya sesuai preferensi mereka melalui menu pengaturan di ponsel.

Langkah-langkah untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur ini serta menyesuaikan pengaturan lainnya adalah sebagai berikut:

  • Buka Pengaturan pada perangkat Anda.
  • Navigasikan ke Pengaturan Tambahan atau opsi serupa yang relevan.
  • Pilih menu Pintasan Gerakan atau opsi sejenis.
  • Cari dan pilih opsi yang terkait dengan Ambil tangkapan layar.
  • Aktifkan atau nonaktifkan opsi Geser tiga jari ke bawah sesuai keinginan Anda.

Dengan mengaktifkan fitur ini, pengguna dapat meningkatkan efisiensi dalam pengambilan tangkapan layar tanpa harus menggunakan tombol fisik atau kombinasi lainnya. Ini tidak hanya meningkatkan kenyamanan pengguna, tetapi juga menunjukkan kemudahan penggunaan yang disediakan oleh antarmuka Poco M3.

4. App Drawer

MIUI 12 pada Poco M3 memberikan kemampuan untuk menyesuaikan antarmuka dengan memanfaatkan fitur App Drawer, yang membantu menjaga tampilan homescreen tetap rapi dan terorganisir. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan semua aplikasi di dalam laci aplikasi, sementara homescreen tetap bersih dari ikon aplikasi yang berlebihan.

Pengguna yang terbiasa dengan pengaturan ponsel yang menggunakan App Drawer dapat dengan mudah mengaktifkan fitur ini dengan langkah-langkah sederhana yang disediakan.

Menyesuaikan antarmuka untuk menggunakan App Drawer di Poco M3 dilakukan dengan cara berikut:

  • Buka Pengaturan pada perangkat Anda.
  • Navigasikan ke opsi Layar Beranda.
  • Pilih opsi Layar Beranda atau Homescreen.
  • Pilih opsi "With App drawer" atau opsi serupa yang tersedia.
  • Tekan tombol kembali atau pilihan simpan untuk menyimpan perubahan.

Setelah mengaktifkan pengaturan ini, pengguna dapat kembali ke layar beranda dan mengakses laci aplikasi dengan menggesek layar ke atas. Ini akan menampilkan semua aplikasi yang tersimpan di laci aplikasi, sementara homescreen tetap bersih dan menyediakan ruang untuk widget dan shortcut penting lainnya.

Dengan mengoptimalkan fitur App Drawer, pengguna Poco M3 dapat mengatur dan mengakses aplikasi mereka dengan lebih teratur dan efisien, meningkatkan pengalaman pengguna dalam mengelola dan menjelajahi aplikasi di perangkat mereka.

5. Tampilkan Kecepatan Internet

Poco M3 dilengkapi dengan fitur yang memungkinkan pengguna untuk memantau kecepatan internet secara langsung dari bilah status, baik saat menggunakan jaringan 4G/5G maupun Wi-Fi. Fitur ini sangat berguna ketika pengguna menghadapi gangguan jaringan atau ingin mengetahui kecepatan internet aktual saat melakukan aktivitas seperti mengunduh file atau streaming video.

Untuk mengaktifkan dan menggunakan fitur ini, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah berikut yang disediakan oleh MIUI 12:

  • Buka Pengaturan pada perangkat Poco M3 Anda.
  • Navigasikan ke opsi Tampilan atau Display.
  • Pilih menu Pusat Kontrol & Naungan Pemberitahuan.
  • Aktifkan penggeser "Tampilkan Kecepatan Koneksi" atau opsi serupa yang tersedia.

Setelah pengaturan diaktifkan, pengguna dapat langsung melihat indikator kecepatan internet secara real-time yang ditampilkan di bilah status. Ini membantu pengguna untuk memantau performa jaringan mereka dengan lebih baik dan segera mengidentifikasi apakah ada masalah atau perlu penyesuaian lebih lanjut.

6. Aplikasi Ganda

Fitur aplikasi ganda pada Poco M3 memungkinkan pengguna untuk menjalankan dua instansi aplikasi yang sama secara bersamaan, masing-masing dengan akun yang berbeda. Hal ini sangat berguna bagi pengguna yang perlu mengelola beberapa akun untuk aplikasi seperti WhatsApp, Instagram, Facebook, Snapchat, dan lainnya tanpa harus beralih antara akun-akun tersebut.

Dengan fitur ini, pengguna dapat membuat salinan atau tiruan dari aplikasi asli untuk digunakan dengan akun yang berbeda, tanpa mengganggu penggunaan aplikasi asli mereka. Misalnya, mereka dapat menjalankan dua akun WhatsApp secara bersamaan untuk memisahkan keperluan pribadi dan profesional.

Proses untuk mengaktifkan aplikasi ganda pada Poco M3 relatif mudah dan dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut:

  • Buka Pengaturan pada perangkat Anda.
  • Navigasikan ke opsi Aplikasi atau Aplikasi & Notifikasi, tergantung pada tata letak MIUI yang digunakan.
  • Cari dan pilih opsi Aplikasi Ganda atau fitur serupa yang tersedia.
  • Pilih aplikasi yang ingin Anda kloning, seperti WhatsApp atau aplikasi lain yang mendukung fitur ini.

Setelah aplikasi ganda diaktifkan, pengguna dapat dengan mudah mengakses dan menggunakan kedua versi aplikasi secara terpisah, memastikan efisiensi dan keteraturan dalam manajemen akun dan penggunaan aplikasi sehari-hari.

7. Mi Control Center

Mi Control Center merupakan salah satu fitur canggih yang sangat bermanfaat yang tersedia untuk pengguna Poco M3. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan antarmuka perangkat mereka sesuai dengan preferensi dan kebutuhan individu.

Antarmuka MIUI 12 yang digunakan pada Poco M3 menawarkan berbagai penyesuaian yang luas, termasuk kemampuan untuk mengubah pintasan yang terdapat di panel notifikasi.

Pusat Kontrol adalah fitur utama yang memberikan akses cepat ke berbagai pintasan penting seperti WiFi, Bluetooth, Perekam Layar, Mode Gelap, dan lainnya. Pengguna dapat menyesuaikan pengaturan ini dengan menambahkan atau menghapus pintasan sesuai keinginan mereka. Berikut langkah-langkah untuk melakukan penyesuaian Pusat Kontrol pada Poco M3:

  • Gesek ke bawah dari sisi kiri layar untuk membuka Pusat Kontrol.
  • Tekan ikon Edit yang terletak di bagian atas atau menu lain yang disediakan untuk mengakses pengaturan edit.

Dari sini, pengguna dapat menyesuaikan Pusat Kontrol dengan menambahkan pintasan baru atau menghapus yang tidak diperlukan. Proses ini memungkinkan pengguna untuk mengoptimalkan pengalaman penggunaan perangkat mereka, dengan memudahkan akses ke fungsi dan aplikasi yang paling sering digunakan.

8. Persentase Baterai di Status Bar

Poco M3 memfasilitasi pengguna dengan fitur persentase baterai yang dapat ditampilkan di sebelah ikon baterai di status bar. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk secara langsung melihat persentase baterai yang tersisa, memberikan informasi yang lebih detail dan akurat.

Secara umum, banyak perangkat Android tidak menyertakan opsi untuk menampilkan persentase baterai secara langsung di bilah notifikasi. Sebaliknya, pengguna lebih cenderung mengandalkan ikon baterai animasi yang memberikan gambaran visual kasar tentang sisa daya baterai.

Untuk mengaktifkan fitur persentase baterai di Poco M3, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka Pengaturan pada perangkat Anda.
  • Navigasikan ke opsi Pemberitahuan & Bilah Status atau opsi serupa yang tersedia.
  • Aktifkan penggeser atau slider untuk opsi Persentase Baterai.

Dengan mengaktifkan opsi ini, persentase baterai akan ditampilkan secara langsung di sebelah ikon baterai di status bar, memberikan visibilitas yang lebih baik terhadap sisa daya baterai perangkat.

Demikianlah beberapa fitur terbaik dari Poco M3 yang perlu diketahui. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pengguna MIUI 12. Jangan lupa untuk mengikuti informasi menarik lainnya, seperti cara reset Poco M3 Pro, yang mungkin berguna bagi pengguna ponsel Xiaomi nantinya.

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.