10 Situs Short URL Terbaik untuk Memperpendek Link Sesuai Keinginan

Pasti kalian pernah melihat link atau URL dari sebuah website, bukan? Terutama saat ini, di mana hampir semua pertemuan dilakukan secara virtual, seringkali kita menerima link dari seseorang untuk kita kunjungi.

Short URL

Contohnya adalah link untuk masuk ke Zoom, WhatsApp, Youtube, Google Form, dan sebagainya. Nah, di antara link-link tersebut, ada yang sangat panjang dan mungkin memiliki tulisan yang sulit dipahami. Coba perhatikan dua link di bawah ini dan bandingkan:

www.blog/kjhkaad

www.blog/teknoindie

Pasti yang kedua terlihat lebih baik, bukan? Selain lebih mudah dibaca, link tersebut juga terlihat lebih rapi daripada yang pertama. Terkadang, kita juga menemukan link yang sangat panjang dan tidak jelas. Hal ini sering terjadi saat kita membagikan link Google Drive atau Google Form. Orang cenderung lebih tertarik dengan link yang enak dilihat dan dibaca.

Lalu, bagaimana cara mengatasi masalah ini? Caranya adalah dengan memperpendek link tersebut dan merubah namanya agar lebih mudah untuk dieja. Cara ini sangat mudah, kalian bisa menggunakan layanan short URL atau pemendek link.

Penyedia layanan ini bisa mempersingkat link sesuai keinginan hanya dengan memasukkan link ke layanan tersebut. Sangat keren, bukan? Nah,  berikut ini teknoindie telah menyiapkan beberapa daftarnya.

Berikut Beberapa Manfaat Memperpendek Link atau URL

Sebelum kita masuk ke tutorialnya, berikut adalah penjelasan tentang manfaat yang didapatkan dengan memperpendek sebuah link atau URL.

1. Terlihat Simpel dan Rapi

Banyak dari kita setuju bahwa link URL yang pendek terlihat lebih rapi dan sederhana dibandingkan dengan yang sangat panjang. Ketika perusahaan membagikan link atau kartu nama yang berisi link, biasanya link tersebut tidak terlalu panjang.

Hal ini dilakukan agar lebih nyaman dilihat. Selain itu, perusahaan atau individu yang memperhatikan pentingnya penggunaan link ini akan terlihat lebih profesional.

2. Link Mudah Diingat

Salah satu kendala ketika link terlalu panjang adalah sulit diingat oleh orang lain. Namun, jika link tersebut dirubah menjadi lebih singkat, selain terlihat sederhana dan rapi, juga memudahkan orang untuk mengingatnya. Link yang pendek dan ringkas membuat orang mudah mengingatnya jika suatu saat mereka membutuhkan atau ingin mengunjungi link tersebut yang pernah mereka lihat.

3. Lebih Mudah untuk Dibagikan

Tahukah kalian, link yang singkat lebih mudah dibagikan ke berbagai media sosial lainnya, seperti WhatsApp, email, Twitter, dan sebagainya. Terutama jika media sosial tersebut membatasi jumlah karakter yang bisa ditulis.

Dengan link yang pendek, kalian bisa menambahkan keterangan yang lebih lengkap tanpa harus khawatir kehabisan jumlah karakter.

4. Mudah untuk di Copas

Bagi para pengguna ponsel atau perangkat mobile, sangat sulit untuk melakukan Copy Paste pada URL yang panjang, terutama jika layar ponsel kalian tidak begitu besar. Namun, jika link kalian lebih pendek, melakukan proses copy, paste, atau bahkan mengetik ulang URL akan menjadi lebih mudah.

Rekomendasi Situs Short URL Terbaik

Setelah penjelasan tentang manfaat memperpendek URL di atas, selanjutnya kita akan membahas cara melakukannya dengan bantuan situs web penyedia layanan tersebut.

Berikut adalah daftar 12 situs web pemendek URL yang telah admin siapkan di bawah ini. Setiap situs web memiliki fitur dan kelebihan yang berbeda-beda. Penasaran? Mari kita langsung ke tutorialnya berikut ini.

1. Bitly

Bitly

Bitly adalah salah satu situs populer untuk memperpendek link. Banyak bisnis, perusahaan, dan mahasiswa yang menggunakan layanan ini untuk mengarahkan orang ke situs web seperti WhatsApp, YouTube, dan lainnya.

Jika kalian mengambil link dari Google Drive, pasti akan sangat panjang. Namun, dengan Bitly, kalian bisa memperpendeknya. Selain itu, kalian juga bisa menyesuaikan atau mengubah nama link sesuai keinginan.

Caranya sangat mudah, cukup dengan menyalin link yang ingin kalian pendekkan, dan Bitly akan secara otomatis memprosesnya dengan cepat. Selain itu, kalian juga akan mendapatkan laporan tentang seberapa banyak link tersebut dikunjungi dan melalui media apa.

Bitly merupakan pilihan yang baik untuk dicoba. Hasilnya akan seperti contoh di bawah ini: Bit.ly/teknoindie.

Berikut adalah tutorial untuk memendekkan link dengan Bitly:

1. Kunjungi situs Bitly melalui browser seperti Chrome. Sebelumnya, pastikan untuk menyalin URL yang ingin kalian pendekkan.

2. Setelah masuk ke situs Bitly, login terlebih dahulu. Klik "Login" di bagian kanan atas. Kalian bisa login menggunakan akun Google atau membuat akun baru.

3. Pilih menu "Create" di bagian atas, dan masukkan link yang ingin kalian pendekkan. Setelah itu, klik "Create" dan tunggu proses selesai.

4. Setelah selesai, kalian akan diarahkan ke menu di mana kalian bisa menyesuaikan link. Pilih "Customize Back-Half" untuk mengubah nama link kalian.

5. Simpan atau bagikan langsung ke media sosial.

6. Selesai.

Fitur Utama:

  • Mudah digunakan
  • Gratis
  • Custom URL dan pelacakan CTR
  • Keamanan terjamin

2. TinyURL

TinyURL

TinyURL dapat dikatakan sebagai pelopor dalam layanan pemendekan URL secara online. Saat mengunjungi situs TinyURL, kalian akan melihat tampilan yang kuno, mirip dengan komputer zaman dulu. TinyURL telah ada sejak tahun 2002.

Meskipun tidak sepopuler seperti dulu, kemampuan situs ini dalam memperpendek URL tidak boleh dianggap remeh. URL yang panjang dapat secara otomatis dipersingkat, dan kalian juga dapat mengubahnya sesuai keinginan karena fitur yang disediakan.

Cara penggunaannya mirip dengan Bitly, kalian hanya perlu menyalin URL yang ingin dipendekkan ke kolom yang disediakan. Namun, perbedaannya dengan TinyURL, kalian tidak perlu mendaftar terlebih dahulu dan dapat langsung menggunakannya.

Berikut adalah tutorial untuk memendekkan link di TinyURL:

1. Kunjungi situs TinyURL melalui browser yang kalian gunakan di ponsel atau PC.

2. Setelah masuk, kalian akan melihat kolom dengan tulisan "Enter a Long URL to Make Tiny". Di sini, kalian paste link yang panjang tersebut.

3. Selanjutnya, pada kolom yang lebih kecil, isi dengan nama yang ingin kalian berikan untuk URL tersebut. Jika sudah, klik "Make TinyURL" dan tunggu prosesnya selesai dengan baik.

4. Jika kolom custom URL tidak diisi, TinyURL akan secara otomatis memberikan nama pada link kalian dengan huruf acak dan angka.

5. Selesai.

Fitur Utama:

  • URL atau link yang dibuat bisa aktif selamanya.
  • Gratis dan mudah digunakan.
  • Dapat memperpendek melalui tool bar langsung.

3. S.id

S.id

Terdapat banyak situs layanan pemendek link di dunia dan rata-rata semuanya berasal dari luar negeri. Namun, ada satu yang merupakan hasil karya anak bangsa, yaitu situs pemendek URL S.id.

Situs ini sudah dirilis sejak tahun 2014 dan menjadi salah satu situs pemendek link terpendek yang pernah ada, dengan hanya satu huruf yaitu "S". Dengan S.id, URL yang panjang bisa menjadi sangat pendek.

Fitur yang ada juga tidak kalah dengan situs-situs lainnya. Kalian bisa memperpendek URL hanya dengan menyalin dan menempelkannya di alamat situs ini. Dalam sekejap, URL kalian akan menjadi pendek. Terdapat juga fitur custom yang memungkinkan kalian mengganti nama link sesuai keinginan.

Berikut adalah cara menggunakannya:

1. Pertama, kunjungi alamat S.id dengan menggunakan web browser yang kalian miliki.

2. Registrasi terlebih dahulu sebelum menggunakan situs ini, agar kalian bisa mengcustom link URL. Tenang, registrasi ini gratis.

3. Setelah registrasi berhasil, kalian akan masuk ke dashboard S.id. Di sana, kalian akan menemukan sebuah kolom di mana kalian dapat memasukkan link yang ingin dipendekkan. Kemudian, klik tombol "Singkatkan" dan tunggu prosesnya hingga selesai.

4. Dalam beberapa detik, URL kalian akan menjadi lebih pendek. Namun, tulisan URL masih acak dan sulit dilafalkan. Untuk mengubahnya, klik "Ganti" yang ada di bawahnya. Ubah sesuai keinginan dan tekan tanda ceklis biru.

5. Lihat hasilnya. Kalian bisa langsung membagikan tautan tersebut ke berbagai media sosial atau menyalinnya.

6. Selesai.

Fitur utama S.id:

  • URL shortener terpendek di dunia
  • Bisa mengcustom link
  • Tidak ribet dan gratis.

4. Cuttly

Cuttly

Situs pemendek URL berikut adalah Cuttly. Situs ini berasal dari Polandia dan merupakan situs pemendek link yang relatif baru, pertama kali dirilis pada tahun 2018. Meskipun demikian, Cuttly memiliki fitur manajemen link yang mudah digunakan.

Tampilan situs ini sederhana dan simpel, sehingga memudahkan pengguna dalam memendekkan URL. Seperti halnya situs lain, kalian hanya perlu menyalin link panjang dan memasukkannya ke Cuttly.

Selain itu, kalian juga akan mendapatkan laporan tentang jumlah orang yang mengklik dan mengunjungi link tersebut. Tidak hanya itu, kalian juga bisa membagikan link dalam bentuk kode QR, yang tentunya sangat keren.

Berikut adalah tutorial penggunaan Cuttly:

1. Kunjungi alamat Cuttly, bisa melalui PC, laptop, atau smartphone.

2. Disarankan untuk registrasi terlebih dahulu agar bisa mengcustom URL dan tidak random.

3. Setelah registrasi, masukkan URL yang sudah disalin dari Google Form, YouTube, WhatsApp, atau lainnya ke kolom yang tersedia di tampilan utama.

4. Tekan tombol "Shorten" di samping. Dalam waktu singkat, link akan menjadi lebih pendek.

5. Jika URL masih berisi angka dan huruf random, kalian bisa mengubahnya sesuai keinginan.

6. Salin URL yang sudah dipendekkan dan bagikan ke media sosial.

Fitur utama Cuttly:

  • Link akan aktif selamanya tanpa kadaluwarsa.
  • Tidak menampilkan iklan saat proses pemendekan link.
  • Analisis terperinci.
  • Optimasi setiap URL.

5. Is.gd

Is.gd

Jika kalian mencari situs pemendek link yang simpel tanpa tambahan embel-embel lain, Is.gd menjadi pilihan terbaik. Ketika mengunjungi situs ini, kalian akan melihat tampilan yang sangat sederhana dan simpel.

Is.gd hanya memiliki satu fungsi, yaitu memendekkan link yang kalian masukkan. Meskipun terlihat sederhana, Is.gd juga menyediakan fitur yang sangat berguna. Misalnya, Is.gd akan menampilkan statistik dari link kalian, seperti berapa banyak orang yang mengunjungi dan dari platform mana.

Berikut adalah tutorial penggunaan Is.gd:

1. Kunjungi situs Is.gd menggunakan Chrome atau browser lainnya.

2. Setelah masuk, kalian tidak perlu registrasi. Langsung saja tempelkan URL yang sudah kalian salin ke kolom yang tersedia.

3. Sebelum menekan tombol "Shorten", klik tanda panah kecil yang ada di pojok kanan bawah kolom. Di sini, kalian bisa mengcustom link agar lebih rapi. Minimal menggunakan 5 huruf dan maksimal 30 huruf. Setelah itu, tekan "Shorten".

4. Tunggu beberapa detik saja, proses pemendekan link sudah selesai. Selanjutnya, kalian bisa menyalin link tersebut.

5. Atau kalian juga bisa mengambilnya dalam bentuk QR code.

6. Selesai.

Fitur utama Is.gd:

  • Simpel dan sederhana
  • Tanpa registrasi
  • Custom URL
  • Memberikan QR Code

6. T2M

T2M

Dengan tampilan yang modern, T2M menjadi salah satu situs short URL terbaik yang bisa kalian coba. Kelebihan situs ini adalah menyediakan fitur yang sangat lengkap. Kalian akan diberikan berbagai data statistik dari URL yang pernah kalian pendekkan di sini.

Data tersebut mencakup seberapa sering orang mengklik URL kalian, jenis browser yang digunakan, dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, terdapat pula fitur custom URL. Kalian bisa memperpendek URL yang panjang hanya dengan satu klik saja.

Selain itu, kalian juga bisa membuat kode QR dari link yang kalian masukkan. Ini menjadi fitur yang tidak dimiliki oleh semua situs. T2M dapat digunakan secara gratis, namun terdapat juga fitur-fitur lainnya yang hanya dapat diakses jika kita berlangganan.

Berikut adalah tutorial penggunaan T2M:

1. Pastikan kalian sudah masuk ke dashboard T2M, jika belum, silakan masuk terlebih dahulu.

2. Langkah berikutnya adalah login dan registrasi terlebih dahulu karena jika tidak, T2M tidak akan merespons URL yang akan dipendekkan.

3. Jika semuanya sudah, seperti biasa, masukkan link ke kolom yang disediakan dan klik "Shorten".

4. Setelah beberapa detik, URL kalian akan menjadi lebih ringkas. Namun, jika URL masih terlihat acak atau kombinasi angka dan huruf, silakan ubah sesuai keinginan.

Fitur Utama:

  • Memberikan statistik data URL dengan lengkap
  • Bisa mengatur tanggal kadaluarsa URL

7. Bit.do

Bit.do

Sama seperti Bitly, situs Bit.do juga dapat kalian coba jika hanya ingin memperpendek link. Tampilannya sangat sederhana dan simpel seperti Is.gd, di mana kalian bisa menyingkat URL secara langsung tanpa harus mendaftar akun terlebih dahulu.

Karena tampilannya yang sederhana, proses penyingkatan URL menjadi lebih mudah dan tidak ribet. Kalian bisa langsung mengcustom sebelum memulai proses penyingkatan. Di fitur barunya, kalian bisa mengcustom sesuai keinginan dengan menambahkan embel-embel Bit.do.

Namun, untuk menikmati fitur ini, kalian harus membayar sekitar $85/bulan untuk paket basic dan sekitar $250/bulan untuk paket bisnis. Namun, saran admin bagi kalian yang hanya ingin meringkas link, cukup gunakan paket gratis saja.

Berikut adalah cara menggunakan Bit.do.

1. Kunjungi alamat web Bit.do melalui browser kalian atau klik di sini.

2. Di tampilan utama, kalian akan melihat dua kolom. Kolom panjang digunakan untuk memasukkan URL yang ingin disingkat. Kolom kecil di bawahnya dapat kalian gunakan untuk mengcustom URL.

3. Sebelum memulai proses, kalian harus mengklik Captcha sebagai tanda bahwa kalian bukan robot.

4. Langkah selanjutnya, tekan tombol "Shorten" yang ada di bawah. Dalam hitungan detik, URL yang sudah dicustom bisa langsung digunakan.

Fitur Utama:

  • Sangat sederhana dan simpel
  • Tidak perlu registrasi
  • Gratis
  • Memberikan statistik trafik URL

8. Rebrandly

Rebrandly

Jika kalian seorang pengusaha atau memiliki perusahaan dan ingin memperpendek link sebelum dishare, maka kalian bisa memanfaatkan situs Rebrandly. Meskipun didesain untuk pengusaha, Rebrandly dapat digunakan oleh perorangan juga.

Artinya, jika kalian ingin meringkas link di situs ini, tentu saja itu bisa dilakukan. Sesuai dengan namanya, kalian bisa membuat link dengan nama brand kalian sendiri. Ditambah lagi, fitur-fitur keren yang bisa membuat kalian terlihat profesional.

Cara kerjanya kurang lebih sama seperti Bitly, di mana kalian harus registrasi terlebih dahulu. Kalian bisa mendaftar dengan akun Facebook atau akun Google.

Namun sebenarnya tanpa registrasi pun kalian bisa langsung menggunakan situs ini, tetapi nantinya URL yang diberikan tidak bisa dicustom sesuai keinginan melainkan langsung random atau acak dari situs Rebrandly. Untuk cara menggunakannya, bisa simak tutorialnya di bawah.

1. Buka alamat Rebrandly menggunakan web browser yang kalian punya.

2. Pada tampilan dashboard Rebrandly, kalian bisa langsung memperpendek link dengan cara memasukkan link di kolom yang ada di bawah.

3. Namun, disarankan untuk memilih "Sign Up Free" untuk melakukan registrasi terlebih dahulu, agar nantinya URL kalian bisa diubah sesuai keinginan. Ikuti saja langkah-langkahnya.

4. Setelah mendaftar dan login, pada tampilan layar hp kalian akan terdapat pilihan "New link". Klik tombol tersebut.

5. Selanjutnya, akan muncul jendela perintah yang berisi kolom untuk memasukkan URL yang akan diringkas. Paste link kalian di sana.

6. Kemudian, akan muncul 2 kolom lagi yang berisi domain brand dan tag. Untuk mengganti nama URL kalian, pilih kolom yang paling bawah.

7. Jika semua sudah sesuai, tekan "Create Link" dan tunggu hingga proses selesai. Setelah itu, link tersebut bisa langsung dishare atau dicopy dan akan tersimpan di dashboard kalian.

Fitur Utama:

  • Bisa mengcustom URL
  • Bisa mengatur waktu kadaluwarsa link
  • Memiliki fitur membuat kode QR
  • Analisis kinerja URL

9. BL.INK

BL.INK

BL.INK adalah salah satu situs pemendek URL dengan desain modern. Saat mengunjungi situs ini, tampilan awalnya sudah berbeda dari kebanyakan situs lainnya, sangat cocok untuk anak muda saat ini.

Dengan menggunakan situs ini untuk memperpendek URL, kalian akan mendapatkan statistik seperti jumlah orang yang mengklik link kalian, perangkat yang mereka gunakan, dan lokasi orang yang mengunjungi link tersebut. Sangat menarik, bukan?

BL.INK memiliki versi gratis dan berbayar. Meskipun versi gratisnya memiliki batasan 1000 klik, fitur yang ditawarkan sudah sangat lengkap. Untuk versi berbayarnya, harga sekitar $12 per bulan, namun kalian dapat menggunakan semua fitur situs BL.INK. Jika tidak ingin berlangganan, versi gratisnya juga dapat digunakan.

Berikut adalah tutorial penggunaannya:

1. Kunjungi situs BL.INK melalui web browser.

2. Jika ini pertama kalinya kalian mengunjungi situs ini, kalian akan melihat pesan sambutan. Pilih tombol Hijau yang bertuliskan "Learn More".

3. Kemudian pilih "Get Started" dan gulir ke bawah cari tulisan "Start a Trial". Kalian akan diminta untuk registrasi. Kalian bisa menggunakan akun Google tau Facebook untuk registrasi.

4. Setelah registrasi, kalian akan melihat kolom panjang. Paste link kalian di kolom tersebut dan pilih "Shorten". Tunggu beberapa detik dan lihat hasilnya.

5. Selesai.

Fitur Utama:

  • Smart Link
  • Fitur lengkap
  • Custom link
  • Statistik data

10. Polr

Polr

Polr adalah sebuah situs yang mungkin masih baru bagi sebagian orang. Meskipun demikian, situs ini tidak bisa dianggap remeh karena memiliki fitur-fitur yang menarik selain hanya untuk memendekkan URL.

Meskipun tidak sepopuler situs pemendek URL lainnya, Polr memiliki kinerja yang cukup baik. Kalian dapat memendekkan link dan mengubah namanya sesuai keinginan. Selain itu, terdapat fitur analisis performa link yang memungkinkan kalian melihat bagaimana kinerja link yang telah kalian buat.

Untuk menggunakan Polr, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Masuk ke halaman utama situs Polr.

2. Tampilan awal mungkin sedikit membingungkan, tetapi pilih menu di bagian atas dan pilih "Demo".

3. Kalian akan diarahkan ke halaman baru dimana proses memendekkan URL akan dilakukan.

4. Di halaman tersebut, terdapat kolom untuk meletakkan link yang ingin dipendekkan. Paste link tersebut ke kolom tersebut.

5. Sebelum menekan tombol "Shorten", pilih "Link Options" terlebih dahulu. Di bagian ini, kalian dapat mengcustom URL yang ingin dipendekkan.

6. Setelah selesai, tekan tombol "Shorten" dan lihat hasilnya.

Fitur Utama:

  • Dapat mengecek ketersediaan nama URL yang digunakan, apakah sudah pernah digunakan atau belum.
  • Gratis
  • Mudah dan praktis

Demikianlah 10 cara memperpendek link sesuai keinginan. Silakan mencoba dan menentukan situs mana yang cocok untuk kebutuhan Anda. Semoga daftar situs di atas dapat menjadi solusi bagi Anda yang bingung tentang cara memperpendek link.

Terima kasih telah mengunjungi teknoindie.com. Jika Anda memiliki daftar situs lain, silakan tulis di komentar, dan jangan lupa untuk membagikannya kepada teman-teman Anda serta untuk melihat artikel lainnya di blog ini. Sampai jumpa lagi!

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.