Yuk Ketahui 7 Perbedaan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus Ini!

Jika dilihat sekilas, tidak terlihat perbedaan yang signifikan antara iPhone 8 dan iPhone 8 Plus. Namun, sebenarnya keduanya memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Meskipun secara tampilan mungkin mirip, namun terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara iPhone 8 dan iPhone 8 Plus.

Jadi, jika Anda tertarik untuk membeli salah satu dari kedua model tersebut namun masih bingung, Teknoindie akan memberikan bantuan. Kami akan membahas secara eksklusif mengenai perbedaan antara iPhone 8 dan iPhone 8 Plus. Jadi, jika penasaran, mari simak pembahasannya di bawah ini.

Spesifikasi iPhone 8

iPhone 8

Spesifikasi iPhone 8
  • Layar: Retina IPS LCD 4.7 inci
  • Chipset: Apple A11 Bionic
  • RAM: 2 GB
  • Memori Internal: 64 GB, 256 GB
  • Kamera: 12 MP (wide)
  • Baterai: Li-Ion 1821 mAh

Selengkapnya :

Spesifikasi iPhone 8 Plus

iPhone 8 Plus

Spesifikasi iPhone 8 Plus
  • Layar: Retina IPS LCD 5.5 inci
  • Chipset: Apple A11 Bionic
  • RAM: 3 GB
  • Memori Internal: 64 GB, 256 GB
  • Kamera: 12 MP (wide)12 MP (telephoto)
  • BateraiP: Li-Ion 2691 mAh

Selengkapnya :

Perbedaan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus

Perbedaan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus

Namun, apa perbedaan antara iPhone 8 dan iPhone 8 Plus? Berikut adalah perbedaan yang dapat Anda ketahui agar tidak bingung apakah Anda harus membeli iPhone 8 atau iPhone 8 Plus.

1. Layar

Perbedaan yang mencolok antara iPhone 8 dan iPhone 8 Plus terletak pada ukuran dan resolusi layarnya. iPhone 8 memiliki layar 4,7 inci dengan resolusi 750 x 1334 piksel, dan rasio layar ke bodi sekitar 65,4 persen.

Sementara itu, iPhone 8 Plus menampilkan layar yang lebih besar, yakni 5,5 inci dengan resolusi 1080 x 1920 piksel, dan rasio layar ke bodi sebesar 67,4 persen.

Dari penjelasan di atas, jelas terlihat bahwa iPhone 8 memiliki layar yang lebih kecil dibandingkan iPhone 8 Plus, sehingga Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sayangnya, kedua HP ini masih memiliki bezel yang cukup tebal, yang mungkin dapat mengurangi minat Anda, terutama bagi yang menginginkan HP dengan bezel tipis untuk tampilan yang lebih elegan dan layar yang lebih luas.

Meskipun keduanya menggunakan panel IPS LCD dengan teknologi Retina HD dari Apple, bukan panel OLED, namun layar HP ini tetap nyaman dipandang mata.

2. Kamera

Perbedaan lain antara kedua HP ini terletak pada sektor kamera. Kamera utama iPhone 8 hanya memiliki satu lensa 12 MP. Meskipun begitu, hasil foto yang dihasilkan masih cukup baik untuk diposting di media sosial.

Di sisi lain, iPhone 8 Plus dilengkapi dengan dual kamera 12 MP, satu wide-angle dan satu telephoto. Bagi penggemar efek bokeh, kamera utama iPhone 8 Plus dapat memenuhi kebutuhan Anda. Unbox mencatat bahwa kualitas gambar dari kamera utama iPhone 8 Plus ini memiliki detail yang baik.

Untuk kamera selfie, kedua HP ini sama-sama menggunakan lensa 7 MP yang dapat merekam video hingga resolusi 1080p.

3. Fitur Kamera

Karena jumlah kamera utamanya berbeda, tentu saja fitur kamera dari iPhone 8 dan iPhone 8 Plus juga berbeda. Kamera utama iPhone 8 hanya dapat melakukan zoom digital hingga 5x, sedangkan kamera utama iPhone 8 Plus dilengkapi dengan 2x optical zoom.

Selain itu, iPhone 8 Plus juga mendukung pengambilan potret dengan efek yang lebih beragam. Kedua kamera utama dari kedua HP ini sudah dilengkapi dengan optical image stabilization, sehingga hasil gambar yang diambil tidak blur dan tetap memiliki kualitas yang baik.

4. Dimensi

Kedua HP yang masih terlihat menarik meskipun desainnya agak kuno ini juga memiliki dimensi dan berat yang berbeda.

iPhone 8 memiliki tinggi 138,4 mm, lebar 67,3 mm, dan berat sekitar 148 gram. Sementara iPhone 8 Plus memiliki tinggi 158,4 mm, lebar 78,1 mm, dan berat sekitar 202 gram.

Meskipun memiliki berat yang berbeda, ketebalan keduanya hampir sama. iPhone 8 memiliki ketebalan 7,3 mm, sedangkan iPhone 8 Plus sedikit lebih tebal dengan ketebalan 7,5 mm.

5. Baterai

Perbedaan lain antara iPhone 8 dan iPhone 8 Plus adalah kapasitas dan daya tahan baterainya.

iPhone 8 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 1821 mAh, yang tergolong kecil untuk standar saat ini. Namun, Apple memang terkenal sebagai produsen yang cenderung hemat dalam hal kapasitas baterai. Menurut situs resmi Apple, baterai iPhone 8 dapat bertahan selama 14 jam untuk talk time, 13 jam untuk pemutaran video, 12 jam untuk browsing internet, dan 40 jam untuk pemutaran audio.

Sementara itu, iPhone 8 Plus memiliki baterai berkapasitas 2691 mAh, yang lebih besar dari iPhone 8. Apple mengklaim bahwa baterai iPhone 8 Plus dapat bertahan hingga 21 jam untuk talk time, 13 jam untuk browsing internet, 14 jam untuk pemutaran video, dan 60 jam untuk pemutaran audio.

Kedua HP ini juga dilengkapi dengan teknologi pengisian daya cepat (fast charging), meskipun Anda perlu membeli adaptornya secara terpisah.

6. RAM

Jika Anda ingin tahu tentang performanya, baik iPhone 8 maupun iPhone 8 Plus masih cocok untuk digunakan saat ini karena keduanya menggunakan chipset yang cukup powerful, yaitu Apple A11 Bionic. Performanya cukup baik, terutama untuk membuka akun media sosial dan streaming Netflix atau YouTube.

Namun, perlu diketahui bahwa Apple memberikan kapasitas RAM yang berbeda pada kedua HP ini. iPhone 8 dilengkapi dengan RAM 2 GB, sedangkan iPhone 8 Plus memiliki RAM 3 GB. Keduanya tersedia dalam varian penyimpanan internal 64 hingga 256 GB dan tidak mendukung slot microSD.

7. Harga

Perbedaan lain antara iPhone 8 dan iPhone 8 Plus adalah harganya, yang tentu saja berbeda.

iPhone 8 dengan RAM 2 GB dan penyimpanan internal 64 GB dijual dengan harga Rp.10.299.000,-, sedangkan varian dengan penyimpanan internal 256 GB dijual dengan harga Rp.12.299.000,-.

Sementara itu, iPhone 8 Plus dengan RAM 3 GB dan penyimpanan internal 64 GB dijual dengan harga Rp.11.999.000,-, sedangkan varian dengan penyimpanan internal 256 GB dijual dengan harga Rp.12.299.000,-. Harganya cukup fantastis, bukan?

Kesimpulan

Meskipun Apple telah merilis banyak flagship baru, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus masih layak digunakan pada tahun 2019 ini. Update sistem operasi masih tersedia untuk kedua HP ini.

Dari segi performa, keduanya masih mampu bersaing dengan HP flagship terbaru lainnya. Kamera mereka juga masih dapat diandalkan. Fitur canggih seperti wireless charging dan NFC untuk transaksi tanpa uang tunai juga tersedia.

iPhone 8 dan iPhone 8 Plus juga memiliki bodi yang solid dan tahan air serta debu. Namun, desainnya kurang menarik karena tidak memiliki notch dan bezel yang masih tebal.

Jika kedua HP ini dapat memenuhi kebutuhan Anda, maka memilihnya adalah pilihan yang baik. Namun, Anda harus siap dengan desainnya yang kurang menarik dan harga yang cukup tinggi.

Jika Anda membutuhkan HP iPhone dengan desain klasik dan performa yang baik, Anda bisa memilih iPhone 8 atau iPhone 8 Plus dengan dual kameranya. Namun, siapkan budget yang cukup besar. Jika Anda sudah siap untuk membeli, Anda bisa cek di toko online, dengan link ini untuk beli iPhone 8 dan link ini untuk beli iPhone 8 Plus.

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.