Yuk, Intip 7 Perbedaan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus Ini!

Selain sukses dengan jajaran iPhone seri X, Apple juga meraih kesuksesan dengan kedua model iPhone seri 7 yang mencuri perhatian di pasar smartphone dengan hadirnya kamera ganda berlensa telefoto yang mampu menghasilkan foto mirip kamera DSLR.

Teknoindie akan membahas perbedaan antara iPhone 7 dan iPhone 7 Plus, khususnya bagi Anda yang penasaran atau berencana untuk membeli salah satunya namun masih bingung dalam memilih. Untuk menghindari kebingungan, mari langsung simak pembahasannya di bawah ini.

Spesifikasi iPhone 7

iPhone 7

Spesifikasi iPhone 7
  • Rilis September 2016
  • Layar 4.7" Retina IPS LCD
  • Chipset Apple A10 Fusion (16 nm)
  • GPU PowerVR Series7XT Plus (six-core graphics)
  • Internal 2/32GB, 2/128GB, 2/256GB
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Kamera Belakang 12 MP (wide)
  • Kamera Depan 7 MP (standar)
  • Baterai Li-Ion 1960 mAh

Selengkapnya :

Spesifikasi iPhone 7 Plus

iPhone 7 Plus

Spesifikasi iPhone 7 Plus
  • Rilis September 2016
  • Layar 5.5" Retina IPS LCD
  • Chipset Apple A10 Fusion (16 nm)
  • GPU PowerVR Series7XT Plus (six-core graphics)
  • Internal 3/32GB, 3/128GB, 3/256GB
  • Eksternal Tidak tersedia slot microSD
  • Kamera Belakang 12 MP (wide), 12 MP (telephoto)
  • Kamera Depan 7 MP (standar)
  • Baterai Li-Ion 2900 mAh

Selengkapnya :

Perbedaan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus

1. Layar

Salah satu perbedaan antara kedua ponsel ini terletak pada ukuran layarnya. iPhone 7 memiliki layar berukuran 4,7 inci dengan resolusi 1334 x 750 piksel. Rasio layarnya adalah 16:9 dengan screen-to-body ratio sebesar 65,6 persen.

Sementara itu, iPhone 7 Plus memiliki layar yang lebih besar dengan ukuran 5,5 inci. Resolusi layarnya adalah Full HD 1920 x 1080 piksel dengan kerapatan layar 401 ppi yang lebih baik dari iPhone 7. Screen-to-body ratio-nya adalah 67,7 persen.

Kedua ponsel ini menggunakan teknologi Retina HD untuk layarnya. Mereka menggunakan panel IPS LCD yang menawarkan kejernihan dan ketajaman warna yang baik.

Meskipun begitu, bezel pada kedua ponsel ini masih tergolong tebal, memberikan kesan yang terlihat kuno dan kurang luas pada tampilan layarnya. Namun, jika Anda menyukai ponsel dengan bezel tebal, hal ini mungkin tidak menjadi masalah besar bagi Anda.

2. Dimensi

Selain perbedaan ukuran layar, iPhone 7 dan iPhone 7 Plus juga memiliki dimensi yang berbeda. iPhone 7 memiliki tinggi 138,3 mm (5,44 inci), lebar 67,1 mm (2,64 inci), dan berat 138 gram (4,87 ons).

Sementara iPhone 7 Plus memiliki tinggi 158,2 mm (6,23 inci), lebar 77,9 mm (3,07 inci), dan berat 188 gram (6,63 ons). Meskipun demikian, ketebalan keduanya tidak jauh berbeda. iPhone 7 memiliki ketebalan 7,1 mm (0,28 inci) sedangkan iPhone 7 Plus 7,3 mm (0,29 inci).

Kedua ponsel ini juga memiliki sertifikasi IP67, yang membuatnya tahan terhadap air hingga kedalaman satu meter selama 30 menit.

3. Kamera

Perbedaan lain antara kedua ponsel ini terletak pada sektor kameranya. Seperti halnya iPhone 8, iPhone 7 hanya dilengkapi dengan satu lensa kamera utama berkekuatan 12 MP.

Menurut GSMArena, hasil foto dari kamera utama iPhone 7 menampilkan detail dan ketajaman yang bagus, terutama dalam kondisi pencahayaan yang memadai. Kontras, warna, dan dynamic range dari foto juga dinilai baik.

Untuk kamera selfie, iPhone 7 dilengkapi dengan lensa berkekuatan 7 MP, cocok untuk foto selfie.

Sementara itu, iPhone 7 Plus hadir dengan dua lensa kamera utama: satu lensa wide angle dan satu lensa telefoto, memungkinkan pengguna untuk memotret gambar dari jarak yang lebih dekat tanpa mengorbankan kualitas gambar.

Hasil foto dari kamera utama iPhone 7 Plus juga dikatakan memiliki detail, warna, dan ketajaman yang bagus. Kamera selfie-nya juga memiliki lensa 7 MP dengan kualitas foto yang baik.

4. Fitur Kamera

Kedua ponsel ini dilengkapi dengan beragam fitur canggih pada kameranya. iPhone 7 Plus, dengan dua lensa kamera utama, memiliki fitur yang lebih lengkap dibandingkan iPhone 7. Anda dapat mengambil foto dalam mode potret dan menghasilkan efek latar belakang blur (bokeh) yang sedang populer. Hasilnya terasa seperti menggunakan kamera DSLR.

iPhone 7 hanya mendukung zoom digital hingga 5x, sementara iPhone 7 Plus mendukung zoom optik hingga 10x, yang menghasilkan gambar yang diperbesar tetap berkualitas tinggi.

Kedua ponsel ini dilengkapi dengan empat LED flash untuk hasil foto yang optimal. Kedua kamera juga dilengkapi dengan optical image stabilizer (OIS) yang membantu mencegah gambar menjadi buram, sehingga hasil foto tetap bagus.

5. Baterai

Perbedaan lain antara iPhone 7 dan iPhone 7 Plus terletak pada baterainya. iPhone 7 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 1960 mAh, yang memang tidak terlalu besar. Berdasarkan uji ketahanan yang dilakukan oleh GSMArena, baterai iPhone 7 mampu bertahan selama 61 jam, dengan detail 11:25 jam untuk 3G talk time, 11:48 jam untuk browsing internet, dan 9:15 jam untuk pemutaran video.

Sementara itu, iPhone 7 Plus dilengkapi dengan baterai berkapasitas 2900 mAh. Menurut GSMArena, baterai iPhone 7 Plus dapat bertahan selama sekitar 75 jam, dengan detail 18:03 jam untuk 3G talk time, 13:31 jam untuk browsing internet, dan 7:54 jam untuk pemutaran video.

Namun, sayangnya Apple tidak menyertakan teknologi wireless charging pada kedua ponsel ini. GSMArena juga menyebutkan bahwa charger bawaan ponsel ini masih menggunakan charger standar dengan tegangan 5 volt 1 ampere, yang berarti pengisian baterainya membutuhkan waktu yang cukup lama. Namun, jika Anda menggunakan adaptor dengan tegangan 5 volt 2 ampere, waktu pengisian baterai bisa dipercepat.

6. Memori

Perbedaan lain antara iPhone 7 dan iPhone 7 Plus terletak pada kapasitas RAM-nya. iPhone 7 memiliki RAM 2 GB, sementara iPhone 7 Plus memiliki RAM 3 GB. Keduanya menggunakan chip Apple A10 Fusion yang mendukung performa yang lancar.

Meskipun demikian, untuk penggunaan sehari-hari seperti membuka aplikasi media sosial atau menonton Netflix, kedua ponsel ini tidak akan mengalami masalah. Bahkan, berdasarkan pengalaman dari berutzstore, iPhone 7 dan iPhone 7 Plus mampu menjalankan game PUBG dengan pengaturan grafis tinggi tanpa kendala berarti.

7. Harga

Perbedaan terakhir antara iPhone 7 dan iPhone 7 Plus tentu terletak pada harganya. Kedua ponsel ini hadir dalam beberapa varian kapasitas penyimpanan.

iPhone 7 dengan RAM 2 GB dan ROM 32 GB dibanderol sekitar Rp5 jutaan di pasaran. Versi dengan ROM 128 GB dijual sekitar Rp6,5 jutaan, sementara versi dengan ROM 256 GB sekitar Rp8 jutaan.

Sementara itu, iPhone 7 Plus dengan RAM 3 GB dan ROM 32 GB dijual sekitar Rp8 jutaan. Versi dengan ROM 128 GB dijual sekitar Rp10 jutaan, dan versi dengan ROM 256 GB dijual sekitar Rp12 jutaan per unitnya.

Kesimpulan

Jika Anda mencari iPhone canggih yang masih dapat digunakan pada tahun 2019 dengan harga terjangkau, pilihan terbaik Anda adalah iPhone 7. Namun, jika Anda merasa iPhone 7 belum memenuhi kebutuhan Anda, Anda dapat memilih iPhone 7 Plus yang dilengkapi dengan dual kamera dan baterai yang lebih besar. Untuk pembelian iPhone 7, Anda dapat membelinya melalui toko online di link ini.

Jika Anda menginginkan iPhone dengan desain bezel tipis, layar yang lebih jernih, dan luas, Anda dapat memilih dari iPhone seri X, XR, atau bahkan XS Max, tergantung pada anggaran Anda.

About the Author

Menyukai hal-hal yang berhubungan dengan game dan teknologi serta senang merekomendasikan produk gadget terbaik.
Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.